LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Sendratari Gatotkaca karya Anter Asmorotedjo
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Sendratari Gatotkaca, Sajian Wisata Malam di Malioboro Yogyakarta

Cerita dari epos Mahabarata yang mengisahkan lakon Gatotkaca dikemas apik menjadi sendratari yang kali pertamanya disuguhkan bagi wisatawan di kawasan Jalan Malioboro, Rabu (1/3) malam.

Jumat, 3 Maret 2023 - 00:46 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Cerita dari epos Mahabarata yang mengisahkan lakon Gatotkaca dikemas apik menjadi sendratari yang kali pertamanya disuguhkan bagi wisatawan di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta Rabu (1/3) malam.

Bertempat di lantai tiga Hamzah Batik Malioboro, Sendratari Gatotkaca karya Anter Asmorotedjo ini, bersumber dari Epos Mahabharata yang mengangkat tokoh Gatotkaca.

"Kisah ini menceritakan sosok pandawa yang bernama Tetuka atau kemudian dikenal namanya Gatotkaca yang menjadi pembela kebenaran dan negaranya. Ia adalah Ksatria sakti mandraguna yg sejak kecil terpilih menjadi senopati para Dewa. Ia ksatria sejati pembela kebenaran, yang selalu menjadi yang terdepan dalam membela negara," ungkap Anter.

Diantara suasana remang, sorot lampu tak henti-hentinya bergantian menyinari aksi para seniman yang tampil begitu heroik di atas panggung. Penonton pun tak dapat menyembunyikan kekagumannya pada Gatotkaca, sosok kesatria pemberani yang perkasa memporak-porandakan lawan-lawannya.

Suguhan demi suguhan tidak henti-hentinya hadir menghibur para pelancong di Malioboro, termasuk di dalamnya sajian sendratari Gatotkaca. Agenda ini dapat dinikmati setiap Rabu malam pukul 19.00-20.30 WIB, dengan banderol tiket Rp40-60 ribu saja.

Secara garis besar, sendratari yang disutradarai oleh Anter Asmorotedjo itu mengisahkan sebuah legenda bersumber dari Epos Mahabharata yang mengangkat tokoh Gatotkaca.

Adapun Gatotkaca sendiri adalah kesatria sakti mandraguna yang sejak kecil didapuk menjadi senopati para dewa dan selalu terdepan dalam membela kebenaran, serta negara.

Terang saja, rangkaian pertempuran Gatotkaca melawan bala Kurawa, berhasil mengundang decak kagum dari ratusan penonton yang menghadiri event gala premier tersebut. Selain itu, aksi kocak empat sekawan Semar, Bagong, Gareng dan Petruk pun sukses memberikan satu warna tesendiri.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, mengatakan, bahwa sajian sendratari Gatotkaca ini makin memperkaya suguhan wisata budaya di Kota Yogya, terutama Malioboro. Karena itu, pemerintah memastikan akan turut ambil bagian dalam upaya promosi untuk menarik tingkat kunjungan.

"Ke depan kami berharap, para pelaku usaha di Malioboro juga bisa menghadirkan suguhan-suguhan bernuansa budaya untuk menarik wisatawan. Karena, bagaimanapun juga, wisata budaya itu sudah menjadi DNA bagi Kota Yogya," tandasnya.

Gatotkaca Sosok Ksatria Sejati Pembela Keadilan dan Negara

Sendratari Gatotkaca dibuka dengan adegan dimana Prabu Naga Pracona hendak membawa Dewi Supraba, dari kahyangan untuk dijadikan istri. Upaya itu dihalangi para Dewa. Namun karena kesaktiannya Prabu Naga Pracona mengobrakabrik Kahyangan.

"Akulah Prabu Kala Pracona, kan kubawa Dewi Supraba menjadi istriku. Wahai para dewa di kahyangan, janganlah kalian menghalangiku. Atau kalian semua para dewa akan aku hancurkan," sambil tertawa panjang Prabu Naga Pracona menantang para Dewa.

Dalam perang menghadapi Prabu Naga Pracona, dewa-dewa di Kayangan itu dibuat kalangkabut. Akhirnya Batara Guru, para Dewa dan para Batari Kahyangan bertanya pada Betara Narada untuk mencari sosok jagoan para dewa yang mampu membawa kembali Dewi Supraba.

Kemudian Batara Narada membawa seorang bayi, yang tak lain adalah Tetuka atau Gatotkaca. Bayi itu merupakan anak Werkudara dan Arimbi.

Gatokaca bayi dimasukkan ke dalam Kawah Candradimuka. Setelah bayi Tetuka dimasukkan ke dalam kawah, para Dewa kemudian memasukkan senjatanya dalam kawah diantaranya Betara Bayu, Betara Indra, Betara Brahma.

Kemudian Tetuka muncul dari kawah Candradimuka dalam kondisi sudah tumbuh besar. Dan karena diciptakan dari kesaktian para dewa maka ia tidak dapat dilukai oleh senjata apapun.

Suasana panggung berganti, muncul Naga Pracona membuat gaduh kahyangan. Gatotkaca pun melawan Prabu Naga Pracona yg tubuhnya jauh lebih besar. Pertarungan tersebut berakhir dengan tewasnya Prabu Naga Pracona.

Sang ibu, Dewi Arimbi kemudian muncul untuk menasihati Gatotkaca agar menjadi Ksatria yang patuh dan setia kepada Negeri, menjadi Ksatria yang selalu menjunjung Dharma. Gatotkaca pun dinobatkan menjadi raja di Pringgondani.

Tiba tiba muncullah Brajadhenta yang tidak menyetujui Gatotkaca diangkat sebagai Raja Muda Pringgondani. Belum selesai Brajadhenta berbicara, tiba-tiba ia diterjang Brajamusti. Terjadi perang segitiga antara Brajadhenta, Brajamusti dan Gatotkaca.

Brajadhenta dan Brajamusti akhirnya tewas namun keduanya menjelma menjadi senjata ampuh yakni di taring Gatotkaca sebagai kesaktian bernama Aji Brajadhenta dan ditelapak tangan Gatotkaca menjadi Aji Brajamusti.

Adegan kemudian dimunculkan para Punokawan atau pemomong para kstaria Pandawa, yakni Semar, Petruk, Gareng dan Bagong. Keempat punokawan inilah yang menemani Gatotkaca dalam tugas-tugasnya sebagai kstaria.

Dari angkasa Gatotkaca melihat para Kurawa menculik Dewi Pregiwa untuk dinikahkan dengan Lesmana atas perintah Raja Astina. Pregiwa ditarik dan dibawa keluar taman, untuk dibawa ke Astina.

Baca Juga :

Gatotkaca di Angkasa melihat peristiwa penculikan kemudian menerjang Kurawa. Peperangan pun dibantu oleh para Punakawan yant melawan Kurawa dengan adegan jenaka. Seluruh Kurawa mengeroyok Gatotkaca namun Gatotkaca berhasil menghempaskannya.

Dengan lantang Gatotkaca berkata," Aku telah banyak mendengar kelakuan busuk
Kurawa. Tapi, jangan sekali- kali kalian menculik wanita dihadapan Gatotkaca!," kemudian para Kurawa lari tunggang langgang. Dewi Pergiwa pun bisa diselamatkan dan keduanya jatuh hati yang diakhiri adegan Gatotkaca - Pregiwa diantara mega-mega.

Adegan berikutnya, saat Gatotkaca mendatangi Resi Seta yang sedang duduk di tepi lautan. Resi Seta kemudian menyampaikan bahwa Gatotkaca telah belajar laku keutamaan. Ia kini menjadi pemimpin bagi negeri dan seorang kesatria tangguh, patriot, yang begitu dibutuhkan keberadaannya.

"Suatu saat nanti engkau akan menjadi panglima dan akan menjadi benteng bagi negaramu Ngger !," kata Resi Seta kepada Gatotkaca.

Sementara itu di negeri Astina, terompet berkumandamg dan para prajurit telah siaga dengan senjata perang. Patih Sengkuni, Duryudana, Durna, Dursasana bersama para Kurawa tengah mengatur strateti perang. Sengkuni menyampaikan kepada Durna agar tentara menyerang di malam hari karena beberapa hari berperang namun selalu kalah, dan korban berjatuhan dari pihak Kurawa.

"Aku mulai putus asa, saatnya aku menjalankan keinginanku, Kakang Durna, prajurit Kurawa harus menyerang pada malam hari," kata Sengkuni kepada Durna.

Namun strategi Patih Sengkuni dinilai menyalahi aturan perang, karena perang ini adalah perang agung.

"Didalam penyerangan, kita dan musuh harus mengetahui dan saling siaga. Itulah yang dinamakan perang secara kesatria. Bukan licik semacam ini," ungkap Durna

Namun tiba-tiba, Karna muncul untuk memimpin pasukan Astina melawan pasukan Amarta.

Sedangkan di kubu Pandawa, Werkudara atau ayaj Gatotkaca marah mendengar informasi dari Kresna jika mereka menggunakan strategi yang melanggar aturan perang.

Para Kurawa yang mereka menyerang tempat peristirahatan pasukan Amarta di malam hari membuat banyak prajurit Amarta yang berguguran. Saat itulau Gatotkaca terketuk hatinya untuk maju di medan laga.

Di padang Kurusetra, tempat peperangan itu, para Kurawa membawa obor sebagai penerangan, muncul Gatotkaca, lalu terjadi peperangan antara Gatotkaca melawan Kurawa.

Gatotkaca marah atas perilaku licik Kurawa. Hingga Gatotkaca ber-triwikrama, seluruh tubuh berubah menjadi seperti Robot, otot kawat balung wesi. Kurawa mengeroyok Gatotkaca Robot, begitu juga Adipati Karna berperang melawan Gatotkaca. Kurawa kewalahan. Kresna muncul, lalu Gatotkaca Robot kembali ke wujud Aslinya

Kresna lalu muncul dan menyampaikan kepada Gatotkaca bahwa jiwa ksatria yang begitu kuat akan menjunjung dharma, dan kesetiaan terhadap negara.

"Engkau pantas menyandang gelar, Senopatining perang Raden Haryo Kacanagara!," ucap Kresna.

Di akhir kisah, Semar muncul memberika wejangan bahwa Perang Bharatayudha memang sudah digariskan dan harus terjadi. Walau banyak ksatria yang gugur dimedan laga namun semua itu demi tegaknya keadilan dan ketentraman dibumi.

"Segala sifat keras hati, picik dan angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sifat bijak, lembut hati dan sabar. Sura dira jayaningrat, Lebur dening Pangastuti!" dan muncul simbol 6 kekuatan Gatotkaca, dan Putriputri pembawa kain putih yang mengakhiri pertunjukkan sendratari Gatotkaca itu diiringi tepuk riuh para penonton. (Nur/Buz) 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Hotman Paris Mengakui Pada Aa Gym, Meski Dikelilingi Wanita dan Hidup Bergelimang Harta, Pengacara Kondang Ini Curhat…

Hotman Paris Mengakui Pada Aa Gym, Meski Dikelilingi Wanita dan Hidup Bergelimang Harta, Pengacara Kondang Ini Curhat…

Seiring dengan popularitasnya, Hotman Paris dikelilingi oleh wanita serta bergelimang harta.  Meski sudah memiliki kenikmatan dunia justru curhat dengan Aa Gym
Mayat Terbungkus Sarung Gegerkan Warga Perumahan di Pamulang Tangerang

Mayat Terbungkus Sarung Gegerkan Warga Perumahan di Pamulang Tangerang

Mayat terbungkus sarung gegerkan warga Perumahan Makadam di Jalan Saleh 1, Kecamatam Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berjenis kelamin laki-laki.
Mayat Pria Misterius Ditemukan Terbungkus Sarung di Tangerang Selatan, Begini Kondisi Terakhir Jenazah

Mayat Pria Misterius Ditemukan Terbungkus Sarung di Tangerang Selatan, Begini Kondisi Terakhir Jenazah

Ditemukan mayat pria misterius di daerah Tangerang Selatan pada Sabtu (11/5/2024). Begini kondisi terakhir korban saat ditemukan oleh Polsek Tangerang Selatan.
Seakan Tak Ada Lelahnya, Tugas Berat Sudah Menunggu Shin Tae-yong Usai Gagal Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Seakan Tak Ada Lelahnya, Tugas Berat Sudah Menunggu Shin Tae-yong Usai Gagal Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Walaupun baru saja hampir membawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024, namun setelah ini Shin Tae-yong masih dihadapkan dengan tugas berat bersama Garuda.
Aktivitas Galangan Kapal Panji Gumilang Dinilai Sama dengan Program Makan Siang Gratis Prabowo

Aktivitas Galangan Kapal Panji Gumilang Dinilai Sama dengan Program Makan Siang Gratis Prabowo

Penyegelan galangan kapal milik Panji Gumilang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu sejak 20 Juli 2023 lalu. Penyebabnya, galangan kapal dinilai belum memiliki izin. 
Kasus Danramil Aradide Tewas di Papua, Kasatgas Humas Damai Cartenz Ungkap Sosok Pembunuhnya, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Kasus Danramil Aradide Tewas di Papua, Kasatgas Humas Damai Cartenz Ungkap Sosok Pembunuhnya, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Kasus Danramil 1703-4/Aradide Lettu (anumerta) Oktavianus Sogalrey tewas di Papua akhirnya terungkap, seusai pelaku pembunuhan ditangkap.
Trending
Justin Hubner Sampaikan Sindiran Menohok untuk Netizen Indonesia

Justin Hubner Sampaikan Sindiran Menohok untuk Netizen Indonesia

Bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner meminta kepada netizen untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang bersifat simpang siur.
Shin Tae-yong Tak Perlu Khawatir Jika Rafael Struick Absen, Wonderkid Eropa Keturunan Jawa Timur Ini Siap Bela Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tak Perlu Khawatir Jika Rafael Struick Absen, Wonderkid Eropa Keturunan Jawa Timur Ini Siap Bela Timnas Indonesia

Gelandang serang Eropa keturunan Jawa Timur ini bisa menjadi opsi di lini depan Timnas Indonesia apabila Shin Tae-yong harus mencari pengganti Rafael Struick.
Akun Instagram Elkan Baggott Dibanjiri Komentar Netizen usai Absen di Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea

Akun Instagram Elkan Baggott Dibanjiri Komentar Netizen usai Absen di Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea

Akun Instagram bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott banjir komentar netizen setelah pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 lawan Guinea.
Bukan Timnas Indonesia, Ternyata Ini Negara yang Paling Banyak Andalkan Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

Bukan Timnas Indonesia, Ternyata Ini Negara yang Paling Banyak Andalkan Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia berhasil mencatat sejarah di Piala Asia 2023 Qatar setelah anak asuh Shin Tae-yong lolos dari fase grup dan sukses melaju ke babak 16 besar.
Klub Milik Orang Indonesia Como 1907 Resmi Promosi ke Serie A, Bagaimana Nasib Jay Idzes Bersama Venezia?

Klub Milik Orang Indonesia Como 1907 Resmi Promosi ke Serie A, Bagaimana Nasib Jay Idzes Bersama Venezia?

Como 1907 resmi promosi ke Serie A usai bermain imbang 1-1 lawan Cosenza di Stadio Giuseppe Sinigaglia, Sabtu (11/5/2024) dini hari.
Sosok Jiah, YouTuber Korea yang Diajak ke Hotel oleh Om-om Botak Pejabat Kemenhub

Sosok Jiah, YouTuber Korea yang Diajak ke Hotel oleh Om-om Botak Pejabat Kemenhub

Baru -baru ini viral di media sosial aksi om-om botak yang melakukan tindakan tak mengenakkan kepada YouTuber Korea Selatan bernama Jiah.
Timnas Indonesia Dapat 3 Naturalisasi Baru, Shin Tae-yong Akhiri Perburuan Pemain Keturunan Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Dapat 3 Naturalisasi Baru, Shin Tae-yong Akhiri Perburuan Pemain Keturunan Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjelaskan dirinya tak akan melakukan tur Eropa demi mencari pemain naturalisasi jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Football Vaganza
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
Selengkapnya