LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Anak-anak bermain di Visual Art Space The Art Ground Singapura
Sumber :
  • Antara

8 Aktivitas untuk Berwisata Bersama Anak di Singapura

Tak hanya orang dewasa, Singapura juga memiliki tempat wisata yang ramah bagi anak. Anak-anak juga dapat bersenang-senang sekaligus menambah ilmu baru

Minggu, 21 November 2021 - 10:03 WIB

Jakarta - Tak hanya orang dewasa, Singapura juga memiliki tempat wisata yang ramah bagi anak. Anak-anak juga dapat bersenang-senang sekaligus menambah ilmu baru di sini. Singapura dapat menjadi tujuan untuk wisatawan keluarga melakukan berbagai aktivitas bersama anak.

Ada banyak tempat di Singapura dengan kegiatan khusus untuk anak belajar mengenai seni, budaya, sains, dan alam. Dikutip dari siaran resmi Singapore Tourism Board, berikut ini adalah delapan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Singapura bersama buah hati tercinta.

Belajar sains dan seni di ArtScience Museum

ArtScience Museum di Marina Bay Sands yang memiliki bentuk bak lotus ini memiliki 21 galeri dengan luas 6.000 meter persegi. Future World adalah pameran tetap di museum ini, hasil kerja sama dengan teamLab asal Tokyo, sebuah perkumpulan seni antar disiplin yang terkenal.

Pameran ini akan mengajak pengunjung bertualang dalam dunia baru terbagi menjadi tema City in A Garden (Kota dalam Taman), Sanctuary (Tetirah), Park (Taman) , dan Space (Angkasa Luar). ArtScience Museum sengaja membuat pameran interaktif bagi pengunjung.

Anak-anak dapat menyentuh bahan pameran, bermain seluncuran yang juga bagian dari pameran. Museum ini juga mendedikasikan setiap Jumat sebagai Jumat Keluarga. Setiap pembelian tiket dewasa gratis tiket anak-anak maksimal empat anak di bawah usia 12 tahun.

Mengenal hewan di Singapore Zoo

Singapore Zoo terkenal sebagai kebun binatang ramah keluarga dengan banyak pilihan aktivitas yang dirancang khusus untuk anak-anak. Anak-anak bisa ikut Wildlife Tour, sebuah tur yang menjelajah kebun binatang dengan kendaraan khusus yang terbuka dan pemandu, memberi makan binatang, dan bertanya pada zoo keepers atau pawang binatang.

Anak-anak bisa bertemu dan berinteraksi dengan binatang lucu seperti Asian Small-Clawed Otters (berang-berang kecil), Capybara (kapibara), dan Great White Pelican (pelican putih besar). Di sini juga ada area kemah khusus anak serta kegiatan team bonding yang membuat anak belajar kebersamaan dan semakin akrab dengan alam.

Belajar membuat keramik dan melukis di National Gallery Singapore

National Gallery Singapore punya satu arena khusus untuk aktivitas anak-anak bernama Keppel Centre for Art Education. Tempat ini menjadi wadah untuk mengembangkan imajinasi, kreaktivitas, dan eksplorasi anak melalui seni.

Ada enam area khusus aktivitas anak, dibagi berdasarkan kegiatan. Art Playscape, area anak bisa membuat karya seni dari cat. Ink Studio, tempat anak-anak melihat cara kerja robot melukis.

Studio Workshop, tempat keluarga beraktivitas seni bersama seperti membuat aneka kriya. Project Gallery, tempat anak berimajinasi dengan pahatan Dayung Sampan raksaksa. Sculpture Studio, tempat anak berlajar membuat pahatan dengan material dan alat yang sudah disediakan.

Terakhir ada Story Corner, tempat anak-anak mendengarkan, menari, dan benyangi dengan cerita serta karya seni yang sudah dibuat di galeri.

Keppel Centre for Art Education mendapatkan penghargaan Children in Museums Award pada 2018 dari European Museum Academy and Hands On! International Association of Children in Museums.

Belajar metamorfosis kupu-kupu sampai main salju di Science Centre Singapore

Belajar sains jadi lebih seru di Science Centre Singapore! Ada 24 pameran berbeda yang sesuai untuk anak usia dini dan lanjut belajar di sini. Bahkan, orang tua juga bisa ikut belajar bersama anak di sini.

Topik setiap pameran sangat beragam, dari belajar tentang kinetik atau gerak dan energi di Kinetic Garden, metamorfosis kupu-kupu di Butterflies Up-Close, refleksi di Mirror Maze, sampai belajar tentang kotoran atau sekresi tubuh di Know Your Poo.

Science Centre Singapore merupakan lokasi yang kerap digunakan oleh sekolah di Singapura untuk karyawisata. Perjalanan belajar bisa ditutup dengan hal menyenangkan seperti bermain di Kidsstop atau lapangan bermain interaktif, bermain salju di area Snow City Singapore, dan bermain jadi ninja dalam Laser Maze Challenge.

Memanjat dan terbang di Forest Adventure

Anak Anda tipe yang aktif dan pemberani? Cobalah atraksi seru di Forest Adventure. Aktivitas di sini dapat melatih mental, koordinasi gerak tubuh, dan manajemen waktu.

Jangan khawatir, sebab kegiatan di sini sangat aman karena dibagi berdasarkan kategori, diberi peralatan keamanan yang maksimal, dan didampingi pemandu berpengalaman.

Anak usia lima sampai sembilan tahun bisa mengikuti kegiatan Kids Course, yang terbagi menjadi 22 lintasan tantangan dan dua zip line.
Sementara anak usia di atas sembilan tahun dapat menggunakan jalur Junior Course degan 26 lintasan tantangan dan dua zip line, termasuk yang melintasi air.

Meneliti dinosauraus di Lee Kong Chian Natural History Museum dan Jurassic Mile
​​​​​​​
Makhluk raksasa dinosaurus begitu memukau bagi anak-anak. Tak ada salahnya untuk membawa anak Anda ke tempat yang terkenal akan fosil dinosaurus yakni di Lee Kong Chian Natural History Museum.

Lee Kong Chian Natural History Museum merupakan museum biodiversitas tekemuka di Asia Tenggara. Ada 10.000 koleksi spesimen yang terbagi dalam 15 zona menarik.

Tiga fosil dinosurus sauropod menjadi daya tarik di sini. Kondisi fosil ini 80 persen utuh dan membuat pengunjung yang melihatnya langsung terkesima.

Selain melihat fosil, anak-anak pencinta dinosaurus juga bisa melihat pahatan dinosaurus yang menyerupai aslinya di Jurassic Mile. Lokasinya berada di kawasan Bandara Changi.

Lebih dari 20 dinosaurus dengan sembilan spesies berbeda dipamerkan di sini. Area ini sangat cocok dijelajahi sambil joging atau bersepeda. Bintangnya? Siapa lagi kalau bukan Tyrannosaurus Rex, si karnivora yang terkenal. Kabar gembiranya, atraksi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Memanjat, menari, dan berkebun di The Art Ground
​​​​​​​
The Artground in Goodman Arts Centre memfasilitasi kegiatan seni yang bervariasi untuk mengembangkan kreativitas dan motorik anak. Di sini pameran seni bahkan menjadi tempat bermain anak, seperti dijadikan seluncuran atau area panjat.

Setiap akhir pekan The Artground juga menghadirkan program aktivitas untuk anak-anak, misalnya seni pertunjukan drama, sesi mendongeng, berkebun, dan membuat kerajinan tangan.

The Artground juga memiliki program Artist Incubation, tempat para seniman lokal terhubung dengan anak-anak, guru, dan orang tua untuk membuat pengalaman seni yang bermakna.

Belajar tentang tanaman dan lingkungan hidup di Jacob Ballas Children’s Garden
​​​​​​​
Jacob Ballas Children's Garden adalah taman pertama di Asia yang didedikasikan untuk anak-anak dan dapat dikunjungi gratis, tanpa biaya tiket masuk. Taman ini berlokasi di Singapore Botanic Garden yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Anak-anak dapat bertualang dan belajar mengenai tanaman dan hubungan timbal balik antara mahluk hidup dan alam (ekologi) di taman.

Ada beberapa area menyenangkan untuk anak, seperti jembatan gantung dan area bermain alam, jalur trekking di sepanjang sungai, rumah pohon, dan area kebun untuk belajar bercocok tanam.

Saat anak lapar dan haus, jangan khawatir. Ada beberapa restoran dan kafe cantik bertema alam untuk tempat anak istirahat setelah beraktivitas di bawah sinar matahari. (ant/afr)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Simkada, Aplikasi Pilkada Teknologi AI Management Timses dan Pendukung Terbaik

Simkada, Aplikasi Pilkada Teknologi AI Management Timses dan Pendukung Terbaik

Aplikasi bernama Simkada tersebut dapat membantu para politisi, khususnya calon kepala daerah, dalam mengatur strategi pemenangan pada kontestasi Pilkada 2024 mendatang. 
PPP Tidak Lolos ke Parlemen, Layakkah Mardiono Jadi Kambing Hitam?

PPP Tidak Lolos ke Parlemen, Layakkah Mardiono Jadi Kambing Hitam?

Parpol berlambang Ka’bah tidak lolos syarat ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen, karena PPP hanya memperoleh 5.878.777 suara atau 3,87 persen.
Kronologi Pria di Bandung Barat Tewas Dibunuh dan Dicor di Dalam Rumah, Pelaku Terungkap Ternyata Tukang Kebun

Kronologi Pria di Bandung Barat Tewas Dibunuh dan Dicor di Dalam Rumah, Pelaku Terungkap Ternyata Tukang Kebun

Didi Hartanto (45) ditemukan tak bernyawa dicor di dalam rumahnya di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pria itu ternyata dibunuh oleh tukang kebun.
Sempat Diantar Ke Masjid Sheikh Zayed Solo, Penyedia Catering Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar

Sempat Diantar Ke Masjid Sheikh Zayed Solo, Penyedia Catering Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar

asus penipuan pada penyedia layanan catering, dengan total kerugian hampir Rp 1 Miliar terjadi di Kota Solo, Jawa Tengah. 
Soal Informasi RPH PHPU Pilpres 2024, MK Pastikan Tidak Bocor

Soal Informasi RPH PHPU Pilpres 2024, MK Pastikan Tidak Bocor

Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kepaniteraan MK Fajar Laksono memastikan informasi dari RPH terkait perkara PHPU Pilpres 2024 tidak bocor.
Pemain Eropa Lengkap, Ini Formasi Mematikan Timnas Indonesia vs Yordania di Laga Penentu Piala Asia U-23

Pemain Eropa Lengkap, Ini Formasi Mematikan Timnas Indonesia vs Yordania di Laga Penentu Piala Asia U-23

Timnas Indonesia diprediksi bisa tampil komplit dengan semua pemain Eropa mereka saat hadapi Yordania di partai terakhir penyisihan grup Piala Asia U-23 2024.
Trending
Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Aksi heroik dari pemain Timnas Indonesia yang kalahkan Australia di Piala Asia U23, suporter negara Asia Tenggara ramai-ramai berikan pujian kepada skuad Garuda
Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Shin Tae-yong kesal dengan kartu kuning tak perlu dari Jeam Kelly Sroyer di akhir babak pertama laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23, Kamis (18/4/2024).
Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Negara-negara ASEAN bereaksi usai Timnas Indonesia kalah kontra Qatar di laga pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. Pasalnya keputusan wasit Nasrullah Kabirov
Baru Kalahkan Australia, Shin Tae-yong Langsung Dibuat Pusing Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Yordania

Baru Kalahkan Australia, Shin Tae-yong Langsung Dibuat Pusing Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Yordania

Shin Tae-yong langsung dibuat pusing setelah timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (18/4) kemarin.
Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara hati Ivar Jenner terdengar sampai Belanda dan membuat para pemain keturunan ikut gondok. Pasalnya kekalahan Timnas Indonesia dari Qatar tak hanya kontroversi
Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia U-23 pada laga kedua Piala Asia U-23 2024 membuat media di Korea Selatan ikutan heboh.
Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Meski dikenal sebagai rival di kawasan ASEAN, namun media Vietnam ini tak segan memuji penampilan Timnas Indonesia saat kalahkan Australia di Piala Asia U23.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
Selengkapnya