LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Gentala Arasy
Sumber :
  • ramahtraveler.com

7 Tempat Wisata di Jambi yang Menarik untuk Dijelajahi

Namun tak hanya wisata sejarah, tempat wisata di Jambi juga ada yang bertemakan eduwisata. Selain itu potensi ekowisata atau wisata alam di Jambi juga banyak

Minggu, 17 April 2022 - 11:18 WIB

Jambi merupakan kota sekaligus nama provinsi yang berada di sebelah timur Pulau Sumatra. Kota Jambi dibelah oleh sungai terpanjang di pulau ini yakni Sungai Batang Hari.

Tak sedikit situs - situs sejarah yang terletak di wilayah ini karena Jambi memang merupakan daerah dengan peradaban berusia ratusan tahun karena Kota Jambi berdiri pada tanggal 28 Mei 1401.

Hal ini juga tak terlepas dari fakta bahwa Jambi pernah menjadi wilayah yang masuk dalam bagian Kerajaan Sriwijaya. Tak heran di kota ini terdapat beberapa candi peninggalan peradaban kuno tersebut yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Namun tak hanya wisata sejarah, tempat wisata di Jambi juga ada yang bertemakan eduwisata. Selain itu potensi ekowisata atau wisata alam di Jambi juga sangat banyak mengingat disini terdapat Gunung Kerinci, gunung tertinggi di tanah Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Berikut daftar beberapa rekomendasi tempat wisata di Jambi yang bisa kamu nikmati dan jelajahi.

Baca Juga :

 

Geopark Merangin

Salah satu keunggulan Indonesia di mata dunia adalah melimpahnya kekayaan alam dan potensi yang dapat dikembangkan dari kekayaan alam tersebut.

Salah satunya sebut saja Geopark Merangin yang berada di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, Jambi. Disini terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang ratusan juta tahun sempat menjadi bagian dari ekosistem wilayah ini dan kini menjadi fosil.

Buat kamu yang belum paham, mungkin fosil - fosil ini hanya terlihat seperti artefak usang yang tak ada gunanya lagi. Namun di tangan para ilmuwan, artefak ini dapat menjadi petunjuk penting untuk mendalami jejak sejarah bahkan sebagai inspirasi untuk ilmu pengetahuan baru.

Karena masih masuk di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, pemandangan tempat wisata di Jambi ini pasti akan membuat kamu terpesona.

Selain menyejukkan mata, tempat wisata ini juga kerap dijadikan area trekking, arung jeram, dan kegiatan - kegiatan lainnya.

Karena potensi bagi peradaban dan lingkungan inilah Pemerintah Provinsi Jambi akhirnya berinisiatif mengusulkan kepada Pemerintah Indonesia untuk mendaftarkan Geopark Merangin Jambi ini menjadi warisan dunia dalam UNESCO Global Geopark (UGG). Semoga Geopark Merangin segera mendapat pengakuan UNESCO ya.

 

Gentala Arasy

Gentala Arasy adalah tempat wisata di Jambi yang bernuansa budaya. Museum yang populer sebagai simbol agama Islam di Kota Jambi ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi. Koleksi-koleksi tersebut diperoleh dari ulama-ulama yang menghibahkannya, dibeli, ataupun dipinjam dari beberapa lembaga.

Kamu bisa mengunjungi museum Gentala Arasy ini setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00 atau pada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-13.00.

Tak jauh dari lokasi ini kamu juga bisa berjalan-jalan sambil melihat pemandangan matahari yang jatuh di sore hari di dekat sebuah jembatan yang dibangun dekat tempat wisata di Jambi ini.

Jembatan Gentala Arasy yang dibangun dengan anggaran 88 miliar rupiah ini memiliki pemandangan yang terkenal luar biasa cantik karena dihiasi lampu-lampu pada malam hari.

 

Jambi Paradise

Ini, nih, salah satu tempat wisata di Jambi yang populer karena cukup banyak wahana permainan yang bisa dicoba oleh pengunjung. Jambi Paradise tidak hanya menyediakan tempat bermain air tapi juga ada wahana outbond. Disini kamu juga bisa berjalan-jalan santai dengan view yang asri.

Beberapa pengunjung mengatakan bahwa tempat wisata ini mirip dengan Gardens by The Bay Singapura karena disini memang terdapat instalasi yang hampir serupa.

Jika kamu memilih bersantai dengan keluarga, Jambi Paradise bisa jadi salah satu opsi tempat wisata di Jambi untuk menghabiskan akhir pekan kamu. Jambi Paradise terletak di Desa Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi.

 

Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang selalu punya daya tarik unik karena disini adalah surga bagi para pemburu pajangan dari keramik. Berdiri sejak puluhan tahun lalu, hingga kini Pasar Keramik Sitimang masih menjadi lokasi favorit bago masyarakat dan wisatawan yang ingin mencari vas, kendi, ataupun hiasan lainnya.

Kamu bisa melihat-lihat keramik dengan pola dan ukiran yang indah di tempat wisata belanja di Jambi ini. Kalau mencari oleh - oleh untuk dibawa pulang dari Jambi, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai barang - barang nan unik dan cantik berbahan keramik mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Gunung Kerinci

Kurang afdol rasanya jika berbicara tempat wisata di Jambi namun tanpa menyebut Gunung Kerinci. Gunung Kerinci adalah gunung berapi dengan puncak tertinggi di Indonesia. Gunung ini sekaligus menjadi gunung terbesar yang ada di tanah Sumatra.

Objek wisata alam di Jambi ini menawarkan suasana segar khas pegunungan dan pemandangan pagi hari yang memukau. Gunung ini juga merupakan habitat alami bagi macan Sumatra dan badak Sumatra. Oleh karena itu diharapkan membawa pemandu yang yang sudah berpengalaman di wilayah ini biar perjalananmu lebih aman dan nyaman.

Untuk menikmati puncak keindahan Gunung Kerinci, kamu bisa mendaki selama kurang lebih 12 jam sebelum nanti beristirahat di pos terakhir sebelum puncak. Kalau sudah berada disini jangan lupa untuk melakukan summit attack, ya. Karena pemandangan matahari terbit di Puncak Kerinci akan jadi momen tak terlupakan.

 

Candi Muaro Jambi

Seperti yang telah disampaikan di awal artikel, Jambi adalah salah satu wilayah di Sumatra yang telah dihuni sejak beberapa ratus tahun silam. Salah satu bukti peradaban itu adalah bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya yakni Candi Muaro Jambi.

Candi ini dapat ditemukan di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi atau sekitar 26 kilometer sebelah timur Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, komplek Candi Muaro Jambi ini dulunya dipergunakan sebagai situs peribadatan dan pendidikan agama Buddha.

Kompleks candi ini memanjang dari barat ke timur di tepi Sungai Batanghari sepanjang kurang lebih 7,5 kilometer. Beberapa candi yang ada di kompleks ini yakni Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Kembar Batu, Candi Koto Koto Mahligai, Candi Astano, Candi Gedong I, Candi Gedong II, dan Telago Rajo.

Karena vitalnya situs ini bagi sejarah, budaya, dan perkembangan ilmu pengetahuan lokasi ini sudah ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh pemerintah.

Tempat wisata di Jambi ini harus kamu datangi jika ingin berwisata sambil belajar dan mengenal salah satu peradaban kuno yang ada di tanah Sumatra.

 

Danau Belibis

Satu lagi objek wisata Jambi populer dengan ciri khas yang ditampilkan pada nama tempatnya, Danau Belibis.

Nama belibis disematkan pada danau ini bukan karena danau yang berbentuk menyerupai burung belibis namun karena wilayah danau ini dihuni oleh banyak burung belibis.

Danau yang masih masuk di dalam bagian kawasan Kabupaten Kerinci ini mampu menyihir pandangan para pelancong dengan berjuta pesonanya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisaata di Jambi. Semoga informasi ini dapat membantumu. (afr)

Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
PSSI Umumkan Hasil Lisensi Klub AFC 2023/2024, Persib Bandung dan Persija Jakarta Lolos?

PSSI Umumkan Hasil Lisensi Klub AFC 2023/2024, Persib Bandung dan Persija Jakarta Lolos?

Komite Lisensi Klub PSSI mengumumkan klub Liga Indonesia yang mendapatkan AFC Club License musim 2023/2024.
Periksa Sandra Dewi dan Para Istri Tersangka Kasus Korupsi PT Timah, Kejagung RI Telusuri Jejak Pencucian Uang

Periksa Sandra Dewi dan Para Istri Tersangka Kasus Korupsi PT Timah, Kejagung RI Telusuri Jejak Pencucian Uang

Artis Sandra Dewi sekaligus istri dari tersangka kasus korupsi IUP PT Timah, Harvey Moeis jalani pemeriksaan keduanya oleh Kejaksaan Agung RI.
Bukan Hanya Sandra Dewi, Ternyata Kejagung RI Turut Bidik Para Istri Tersangka Korupsi PT Timah

Bukan Hanya Sandra Dewi, Ternyata Kejagung RI Turut Bidik Para Istri Tersangka Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kembali memeriksa artis Sandra Dewi yang juga istri dari tersangka kasus korupsi PT Timah, Harvey Moeis.
Timnas Italia Terancam Tanpa Zaniolo di Euro 2024

Timnas Italia Terancam Tanpa Zaniolo di Euro 2024

Penyerang sayap Aston Villa Nicolo Zaniolo diperkirakan tak akan bisa tampil bersama Timnas Italia pada ajang Euro 2024 pada musim panas mendatang.
Jalani Pemeriksaan Kedua Kasus Korupsi Harvey Moeis di Kejagung RI, Tak Ada Lagi 'Saranghaeyo' dari Sandra Dewi

Jalani Pemeriksaan Kedua Kasus Korupsi Harvey Moeis di Kejagung RI, Tak Ada Lagi 'Saranghaeyo' dari Sandra Dewi

Artis Sandra Dewi yang juga istri dari tersangka kasus korupsi PT Timah, Harvey Moeis kembali jalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung RI pada Rabu (15/5/2024).
Kejagung RI Ungkap Alasan Sandra Dewi Kembali Diperiksa Kasus Korupsi Harvey Moeis

Kejagung RI Ungkap Alasan Sandra Dewi Kembali Diperiksa Kasus Korupsi Harvey Moeis

Artis Sandra Dewi kembali diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) RI terkait kasus korupsi PT Timah 2015-2022 pada Rabu (15/5/2024).
Trending
Bukan Tengah Malam, Waktu yang Tepat saat Shalat Tahajud Ternyata di Momen ini, Kata Ustaz Adi Hidayat Keutamaannya ketika...

Bukan Tengah Malam, Waktu yang Tepat saat Shalat Tahajud Ternyata di Momen ini, Kata Ustaz Adi Hidayat Keutamaannya ketika...

Ustaz Adi Hidayat mengungkap waktu yang tepat untuk pelaksanaan ibadah shalat tahajud. Hal ini mengingat berdasarkan kemampuan dari masing-masing individu.
Jalani Pemeriksaan Kedua Kasus Korupsi Harvey Moeis di Kejagung RI, Tak Ada Lagi 'Saranghaeyo' dari Sandra Dewi

Jalani Pemeriksaan Kedua Kasus Korupsi Harvey Moeis di Kejagung RI, Tak Ada Lagi 'Saranghaeyo' dari Sandra Dewi

Artis Sandra Dewi yang juga istri dari tersangka kasus korupsi PT Timah, Harvey Moeis kembali jalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung RI pada Rabu (15/5/2024).
Kejagung RI Ungkap Alasan Sandra Dewi Kembali Diperiksa Kasus Korupsi Harvey Moeis

Kejagung RI Ungkap Alasan Sandra Dewi Kembali Diperiksa Kasus Korupsi Harvey Moeis

Artis Sandra Dewi kembali diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) RI terkait kasus korupsi PT Timah 2015-2022 pada Rabu (15/5/2024).
Bukan Hanya Sandra Dewi, Ternyata Kejagung RI Turut Bidik Para Istri Tersangka Korupsi PT Timah

Bukan Hanya Sandra Dewi, Ternyata Kejagung RI Turut Bidik Para Istri Tersangka Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kembali memeriksa artis Sandra Dewi yang juga istri dari tersangka kasus korupsi PT Timah, Harvey Moeis.
Kejagung RI Ungkap Perjanjian Pranikah Tak Halangi Penyidikan Kepemilikan Harta Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Kejagung RI Ungkap Perjanjian Pranikah Tak Halangi Penyidikan Kepemilikan Harta Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kembali melakukan pemeriksaan terhadap artis Sandra Dewi terkait kasus korupsi PT Timah 2015-2022 pada Rabu (15/5/2024).
Timnas Italia Terancam Tanpa Zaniolo di Euro 2024

Timnas Italia Terancam Tanpa Zaniolo di Euro 2024

Penyerang sayap Aston Villa Nicolo Zaniolo diperkirakan tak akan bisa tampil bersama Timnas Italia pada ajang Euro 2024 pada musim panas mendatang.
Periksa Sandra Dewi dan Para Istri Tersangka Kasus Korupsi PT Timah, Kejagung RI Telusuri Jejak Pencucian Uang

Periksa Sandra Dewi dan Para Istri Tersangka Kasus Korupsi PT Timah, Kejagung RI Telusuri Jejak Pencucian Uang

Artis Sandra Dewi sekaligus istri dari tersangka kasus korupsi IUP PT Timah, Harvey Moeis jalani pemeriksaan keduanya oleh Kejaksaan Agung RI.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
02:30 - 03:00
Kabar Utama Pagi
03:00 - 03:30
Kabar Utama 2
03:30 - 04:00
Kabar Hari ini
04:00 - 04:30
Kabar Arena Pagi 2
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya