LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Tempat Wisata di Bali
Sumber :
  • Instagram @uluwatu.bali.id

Tempat Wisata di Bali

Tempat wisata di Bali berada di urutan ke-4 dari destinasi wisata di dunia. Hal tersebut karena Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata dan pantas dikunjungi.

Jumat, 21 Januari 2022 - 22:09 WIB

Tempat wisata di Bali sangat populer di Indonesia maupun dunia internasional. Bahkan dalam rilis Travellers' Choice Awards untuk 2022: Destinasi Terbaik dari Destinasi Terbaik yang dikeluarkan oleh Tripadvisor, Bali menduduki peringkat ke-4 di dunia.

Indonesia patut berbangga karena tempat wisata di Bali membuatnya menduduki posisi dalam lima besar di dunia.

Adapun 10 tempat wisata yang masuk daftar best of the best destinasi wisata versi Tripadvisor, dikutip oleh tvOnenews.com, Jumat (21/1/2022) antara lain:

1. Dubai, Uni Emirat Arab
2. London, Inggris Raya
3. Cancun, Meksiko
4. Bali, Indonesia
5. Kreta, Yunani
6. Roma, Italia
7. Cabo San Lucas, Meksiko
8. Istanbul, Turki
9. Paris, Prancis
10. Hurghada, Mesir

Baca Juga :

Bagi Anda yang ingin ke Bali, berikut rangkuman beberapa tempat wisata di Bali yang layak Anda kunjungi.

Tanah Lot

(Sumber: Instagram @tanahlotid - @igedesutamayasa_)

Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Bangunan yang paling terkenal dari Tanah Lot adalah Puranya.

Pura Tanah Lot terkenal hingga ke mancanegara. Pasalnya, lokasi Pura Tanah Lot berada di area lepas pantai. Wisatawan dapat melihat keindahan arsitektur pura sambil menikmati sunset.

Di area batu karang yang ada di sekitar pura, terdapat beberapa goa kecil yang di dalamnya dihuni beberapa ular berwarna belang putih hitam. Ular belang putih hitam ini dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai ular suci Tanah Lot Bali.

Pantai Kuta

(Sumber: ANTARA)

Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang hampir selalu dipenuhi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pantai Kuta yang terletak di Kabupaten Badung ini sudah terkenal sejak tahun 70-an.

Pantai pasir putih Kuta sangat terkenal dan menjadi andalan dari pulau Bali. Di sepanjang Pantai Kuta ada sederet fasilitas yang mendukung kenyamanan para wisatawan. Oleh karenanya, wisatawan sangat senang beraktivitas di Pantai Kuta meski hanya untuk berjemur.

Sebelum terkenal menjadi tempat wisata, Pantai Kuta adalah perkampungan nelayan tradisional dan habibat dari penyu hijau.

Pura Ulu Watu

(Sumber Instagram @uluwatu.bali.id)

Pura Ulu Watu adalah tempat wisata di Bali yang populer lainnya. Pura ini juga termasuk wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Pulau Dewata.

Pura Ulu Watu berada di atas tebing yang memiliki ketinggian sekitar 70 mdpl. Karena itulah diberi nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta artinya puncak batu karang.

Berbeda dengan pemandangan yang ada di Tanah Lot, di Pura Ulu Watu wisatawan akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India sambil menikmati suasana yang sakral dan religius.

Taman Tirta Gangga

(Sumber: Instagram @tirtaganggaa)

Taman Tirta Gangga dulunya adalah sebuah taman air kerajaan Karangasem yang berada di Bali timur. Tempat wisata di Bali yang masih milik kerajaan Karangasem ini berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Dari wisata Kuta, Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam 30 menit dengan menggunakan mobil.

Taman Tirta Gangga berada di tengah areal persawahan. Luas area dari taman Tirta Gangga adalah sekitar 1,2 hektare, memanjang dan membentang dari arah timur ke barat. 

Di kawasan Tirta Gangga terdapat tiga tingkatan bangunan. Di bangunan tertinggi terdapat mata air yang berada di bawah pohon beringin, di tingkat kedua terdapat kolam renang dan di bagian yang paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur.

Saat memasuki kawasan Taman Tirta Gangga yang pertama dilihat adalah hamparan kolam air dan sebuah candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Selain dihuni oleh banyak ikan yang berwarna warni, air di taman ini sangat jernih dan sejuk, karena air kolam Taman Tirta Gangga bukanlah dari air olahan melainkan berasal dari mata air Rejasa. Mata air Rejasa oleh masyarakat lokal dianggap sebagai air suci serta digunakan dalam upacara keagamaaan.

Hidden Canyon Beji Guwang

(Sumber: Instagram @hiddencanyonbejiguwang)

Hidden Canyon Beji Guwang adalah harta karun tersembunyi yang berada di dekat Pasar Seni Sukawati tepatnya di Jalan Sahadewa, Kabupaten Gianyar, Bali. 

Tempat wisata di Bali yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam super indah berupa sebuah ngarai. Ngarai indah itu terbentuk dari kikisan air sungai, berupa lembah yang dalam dan sempit. 

Sebelum menjadi obyek wisata, ngarai Beji Guwang ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai tempat memancing. Di sekitar aliran sungai di ngarai Beji Guwang terdapat Pura Beji.

Bali Safari & Marine Park

(Sumber: Instagram @balisafari_id)

Bali Safari & Marine Park adalah tempat wisata di Bali yang sangat cocok untuk keluarga. Pasalnya di tempat wisata yang ada di Jalan Cucukanlama, Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali ini wisatawan dapat melihat satwa yang tinggal di darat maupun dalam air.

Tempat wisata ini buka buka setiap hari setiap pukul 09.00 – 17.00 WITA dan memiliki banyak fasilitas pendukung seperti kereta wisata, gazebo, panggung kesenian, spot foto Instagramable, hingga kafetaria atau food court.

Adapun tiket dari Bali Safari & Marine Park antara lain:
Safari Explorer Rp150.000/orang
Night Safari Rp450.000/orang
Breakfast with Lion Rp315.000/orang
Elephant Back Safari Rp375.000
Jungle Hooper Rp450.000
Bali Marine Park
(Harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Cukup banyak yang bisa dilakukan di dalam Bali Safari & Marine Park. Misalnya menyaksikan pertunjukan seru dari beragam macam koleksi hewan yang telah terlatih di Education Show, mengeksplor kebun binatang dengan menaiki tram, menonton budaya dan kesenian khas pulau Dewata, mengunjungi Elephant Back Safari, Breakfast with Lion, dan Funzone & Waterpark.

Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

(Sumber: Instagram @btn_balibarat)

Surga tersembunyi lainnya yang ada di Bali terletak dalam Taman Nasional Bali Barat. Area seluas 77 ribu hektare ini merupakan habitat dari hutan dan sabana, sisa gunung berapi, ratusan spesies flora dan fauna, hingga laut dan perairan air tawar.

Kawasan yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia ini diapit oleh beberapa gunung yang berada di Bali. Di TNBB juga terdapat empat pulau kecil seperti Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung dan Pulau Kalong.

TNBB juga merupakan habitat dari satwa langka. Salah satunya burung Jalak Bali. Kawasan taman nasional ini dijadikan sebagai tempat pelestarian dengan ekosistem habitat alami burung tersebut.

Dalam kawasan TNBB jug ada pura yang dibangun sekitar abad ke-16 untuk menghormati Bahtiri Melanting, yaitu putra sulug Sang Hyang Nirartha. Pura ini terletak di jalan raya yang menghubungkan Singaraja dengan Gilimanuk.

Selain itu TNBB juga memiliki ekosistem terumbu karang yang cantik dan mengagumkan.

Tanjung Benoa

(Sumber: Instagram @tanjungbenoawatersport)

Salah satu objek wisata pantai pasir putih di Bali yang banyak di kunjungi wisatawan Indonesia saat liburan ke Bali adalah pantai Tanjung Benoa Bali.

Desa Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, provinsi Bali, Indonesia. 

Daya tarik utama tempat wisata Tanjung Benoa Bali terdapat pada keindahan pantai Tanjung Benoa dan letak geografis pantai. Keindahan pantai Tanjung Benoa Bali, terdapat pada pasir pantai yang berwarna putih dengan bentangan pantai yang sangat panjang. Selain itu, kebersihan pantai Tanjung Benoa Nusa Dua sangat terjaga sehingga nyaman untuk lokasi liburan.

Karena gelombang laut di pantai Tanjung Benoa Bali sangat tenang, dan kedalaman rata-rata 6 meter, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk aktivitas olahraga air untuk pemula.

Selain untuk wisata water sport pemula, pantai Tanjung Benoa Bali, juga memiliki fasilitas pariwisata lainnya. Fasilitas pariwisata yang ada di Tanjung Benoa Bali seperti akomodasi, restoran, warung makan, tempat penukaran mata uang, dan banyak pilihan transportasi.

Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang berada sebelah tenggara pulau Bali, dan terpisah oleh selat Badung. Di dekat pulau ini, terdapat 2 pulau kecil lain, yaitu pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Ketiga pulau kecil yang ada di bagian tenggara pulau Bali, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dan ada perbedaan satu sama lain. Ketiga pulau masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, provinsi Bali.

Arti kata Nusa Penida berasal dari bahasa Bali, Nusa artinya pulau dan Penida berasal dari dua kata, Ped dan Ida. Ped berarti kematian serta Ida berarti kekuasaan. Maka Nusa Penida dapat berarti pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan.

Pulau Nusa Penida adalah pulau terbesar dari ketiga pulau dan masyarakat lokal sering menyebut dengan nama Nusa Gede. Gede artinya besar. Sedangkan Nusa Ceningan adalah pulau terkecil dari ketiga pulau. Khusus untuk Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal bagi wisatawan, terutama wisatawan Australia.

Kondisi alam pulau Nusa Gede terdiri dari daratan landai dan daratan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan. Pulau ini memiliki daerah yang sangat kering, dan tanah di daerah ini memiliki kandungan kapur yang tinggi. Karena hal ini, sebagian besar masyarakat lokal, memilih mata pencaharian sebagai petani rumput laut, sebagai nelayan dan ada juga yang memilih sebagai pedagang.

Semenjak awal tahun 2014, pariwisata Nusa Penida berkembang sangat pesat sehingga menarik minat banyak wisatawan untuk berlibur. Perkembangan pariwisata yang sangat pesat ini, membuat banyak masyarakat lokal Nusa Penida berubah mata pencaharian. Ada yang berusaha di bidang akomodasi, transportasi, serta restoran.

Secret Garden Village


Secret Garden Village (SGV) dikenal sebagai tempat wisata edukasi yang menarik, mulai dari pameran kain tradisional, penjabaran pembuatan sabun batangan (herborist) hingga filosofi kopi. 

SGV berada di Bali Selatan, tepatnya di jalan lintas Denpasar – Bedugul – Singaraja.

Di SGV tersedia dua resto dimana yang satu menyajikan menu western dan satunya menyajikan menu makanan chinese dan Indonesia.

Arsitektur di SGV sangat instagramable. Oleh karenanya, cocok sekali untuk dibagikan di sosial media.

Pasar Tradisional Ubud

Pulau Bali memiliki banyak pasar seni tradisional dengan nilai keunikan tersendiri sebagai salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya pasar tradisional Ubud.

Kalau kamu kebetulan lagi mampir ke Ubud, Bali, mampirlah ke Pasar Seni Ubud yang ada di Jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali.

Pasar Tradisional Ubud semakin terkenal setelah salah satu film Holywood yang di bintangi Julia Roberts berjudul Eat Pray Love syuting di pasar ini.

Itulah tempat wisata di Bali yang layak dimasukkan dalam destinasi wisata Anda.(put)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Pendatang Baru Dicatat Dukcapil Hingga Mei, DPRD Jakarta Harap Sudah Ada Pekerjaan dan Tempat Tinggal 

Pendatang Baru Dicatat Dukcapil Hingga Mei, DPRD Jakarta Harap Sudah Ada Pekerjaan dan Tempat Tinggal 

Seusai lebaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mulai mendata para pendatang baru sejak Rabu.
PA 212 hingga FPI Berikan Pernyataan Sikap Dukung MK Beri Putusan Adil

PA 212 hingga FPI Berikan Pernyataan Sikap Dukung MK Beri Putusan Adil

Tiga ormas Islam, FPA, GNPF U hingga PA 212 berikan pernyataan sikap untuk mendukung Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan putusan adil soal sengketa Pilpres 2024
Demokrat Tak Masalah Partai Lain Gabung Koalisi Prabowo-Gibran: Kita Nyaman

Demokrat Tak Masalah Partai Lain Gabung Koalisi Prabowo-Gibran: Kita Nyaman

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya tidak masalah jika partai di luar koalisi Pilpres 2024 bergabung ke koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran
Anggaran Rp22 Miliar untuk Rumah Dinas Gubernur Jakarta Ternyata untuk Hal Ini

Anggaran Rp22 Miliar untuk Rumah Dinas Gubernur Jakarta Ternyata untuk Hal Ini

Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan, dan Tata Ruang Heru Hermanto beri penjelaskan anggaran Rp22,2 miliar untuk restorasi rumah dinas gubernur DKI Jakarta.
Proyek Tol Kapalbetung Senilai Rp22,16 Triliun di JTTS Masih Terkendala Pembebasan Lahan, Menteri PUPR: Kami akan Tambah Tim

Proyek Tol Kapalbetung Senilai Rp22,16 Triliun di JTTS Masih Terkendala Pembebasan Lahan, Menteri PUPR: Kami akan Tambah Tim

Ruas Palembang - Betung adalah bagian dari Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) yang progresnya masih tahap konstruksi dan pembebasan lahan
Keji! Siswi di Lampung Disetubuhi Kakek dan Ayah Kandungnya hingga Tertular Penyakit Kelamin

Keji! Siswi di Lampung Disetubuhi Kakek dan Ayah Kandungnya hingga Tertular Penyakit Kelamin

Siswi berinisial AA (15) di Lampung jadi korban asusila yang dilakukan kakek dan ayah kandungnya. Kasus ini terbongkar lantaran korban tertular penyakit kelamin
Trending
Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Shin Tae-yong kesal dengan kartu kuning tak perlu dari Jeam Kelly Sroyer di akhir babak pertama laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23, Kamis (18/4/2024).
Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Negara-negara ASEAN bereaksi usai Timnas Indonesia kalah kontra Qatar di laga pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. Pasalnya keputusan wasit Nasrullah Kabirov
Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Aksi heroik dari pemain Timnas Indonesia yang kalahkan Australia di Piala Asia U23, suporter negara Asia Tenggara ramai-ramai berikan pujian kepada skuad Garuda
Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia U-23 pada laga kedua Piala Asia U-23 2024 membuat media di Korea Selatan ikutan heboh.
Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara hati Ivar Jenner terdengar sampai Belanda dan membuat para pemain keturunan ikut gondok. Pasalnya kekalahan Timnas Indonesia dari Qatar tak hanya kontroversi
Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Meski dikenal sebagai rival di kawasan ASEAN, namun media Vietnam ini tak segan memuji penampilan Timnas Indonesia saat kalahkan Australia di Piala Asia U23.
Media Australia Beri Komentar Pedas Usai Dikalahkan Timnas Indonesia, Megawati Hangestri Kembali Bertemu Red Sparks di Jakarta

Media Australia Beri Komentar Pedas Usai Dikalahkan Timnas Indonesia, Megawati Hangestri Kembali Bertemu Red Sparks di Jakarta

Komentar pedas media Australia usai negaranya kalah dari Timnas Indonesia di Piala Asia U23 serta Megawati Hangestri kembali bertemu Red Sparks dan Ko Hee-jin.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya