Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Artikel
Kucing
Sumber :
  • Freepik.com

Cat Lovers Wajib Tahu, Inilah 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Kucing yang Suka Buang Air Kecil Sembarangan

Jumat, 20 Januari 2023 - 20:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Buat orang-orang yang memilih seekor kucing untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, pasti anda pernah menemukan saat kucing peliharaan anda buang air kecil atau kencing sembarangan di area rumah atau diluar kotak pasir mereka.

Bagi anda yang memelihara kucing, hal itu akan terasa sangat menjengkelkan, tapi apa yang mereka lakukan tidaklah memiliki niat jahat atau sengaja membuat anda jengkel dengan buang air kencing sembarangan di sekitar rumah. 

Karena sebenarnya ada banyak alasan mengapa seekor kucing peliharaan buang air kecil sembarangan di sekitar rumah meskipun anda sudah menyediakan dan mempersiapkan kotak pasir mereka di dalam rumah. 

Beberapa alasan mengapa kucing buang air kecil di luar kotak pasir diantaranya adalah karena masalah kesehatan, kecemasan, atau intimidasi dari hewan peliharaan lain di rumah yang perlu segera tangani.

Melansir dari situs PetMD berikut 6 cara untuk menghentikan kucing anda untuk berhenti buang air kecil sembarangan di sekitar rumah.

1. Konsultasikan Kondisi Kucing dengan Dokter Hewan

Jika kucing anda sudah mulai buang air kecil sembarangan di luar kotak pasir yang sudah anda sediakan, hal pertama dan terpenting yang dapat anda lakukan adalah membuat janji bertemu dengan dokter hewan.

Beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, hipertiroidisme, cistitis idiopatik kucing (FIC), kristal atau batu kandung kemih, radang sendi, diabetes, hingga penyakit ginjal bisa jadi beberapa masalah kesehatan umum yang dapat membuat kucing buang air kecil di luar kotak kotorannya.

Dokter hewan anda akan mengajukan pertanyaan terkait dengan perilaku kucing peliharaan anda dan ketika itu dimulai, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik, urinalysis, dan mungkin beberapa tes diagnostik lainnya untuk menentukan apakah masalahnya bersifat medis daripada perilaku.

2. Bersihkan Kotoran Kucing Secara Menyeluruh

Apakah dokter hewan anda menentukan bahwa masalahnya adalah medis atau perilaku, pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh semua area tempat kucing anda ketika mereka buang air kecil sembarangan. 

Anda harus memastikan bahwa anda telah menghilangkan bau kencing kucing anda, tidak hanya untuk kepentingan anda sendiri, tetapi juga agar baunya tidak menarik kucing anda kembali mengotori tempat yang sama.

Untuk melakukan itu anda bisa menggunakan menggunakan lampu UV dan juga indera penciuman anda untuk mengidentifikasi semua area yang menjadi tempat kucing anda buang air kecil di sekitar rumah.

Jika anda berurusan dengan hal tersebut untuk pertama kali, yang bisa anda lakukan adalah dengan menyeka sebanyak mungkin dengan handuk kertas atau kain. Selanjutnya pilih metode pembersihan terbaik berdasarkan apa yang telah kotor seperti seprai, pakaian, handuk, dll.

Untuk membersihkan lantai dan permukaan keras lainnya, anda bisa bersihkan secara menyeluruh dengan larutan pembersih rumah tangga biasa atau penghilang noda dan bau hewan peliharaan.

Sementara untuk karpet, kasur, dan pelapis hal paling baik adalah dengan membersihkan dengan pembersih enzimatik atau bakteri dan pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen untuk memaksimalkan keefektifannya.

3. Atasi Masalah Kucing yang Menandai Wilayahnya

Kucing terkadang menandai wilayahnya dengan mengencingi suatu area di rumah dan saat kucing menyemprot (istilah saat mereka buang air kecil untuk menandai wilayah), mereka biasanya berdiri di depan permukaan vertikal dan menyemprotkan urin dalam jumlah yang relatif kecil. 

Jadi jika anda menemukan cipratan air seni di dinding, kucing anda mungkin menyemprot untuk menandai wilayahnya, bukan buang air kecil sembarangan.

Jika kucing anda yang sudah di steril sedang menyemprot, cobalah membuatnya merasa lebih aman di wilayahnya. Dalam rumah dengan banyak kucing peliharaan, menyediakan tempat tinggal terpisah untuk setiap kucing mungkin dapat membantu.

Jika ini tidak memungkinkan, cobalah menempatkan beberapa pohon atau tempat bertengger kucing yang tinggi dan buat tempat persembunyian dan rute pelarian yang tertutup sehingga kucing dapat dengan mudah menghindari satu sama lain.

Terkadang, masalah teritorial terjadi karena kucing liar atau kucing tetangga berada di luar rumah anda. Jika kucing anda hanya di dalam ruangan, melihatnya melalui jendela saja sudah cukup untuk menimbulkan masalah.

4. Kurangi Konflik Antara Kucing Anda

Konflik antara banyak kucing atau memperkenalkan kucing baru dapat menyebabkan mereka buang air kecil sembarangan. 

Karena saat kucing anda terlibat pertengkaran di dalam atau di dekat kotak kotorannya, mereka mungkin memilih untuk menghindari kotak tersebut daripada mengambil risiko perkelahian lain akan terjadi jika mereka menggunakannya. 

Pisahkan kucing anda sebentar agar ketegangannya memudar, lalu coba perkenalkan kembali secara bertahap. Seekor kucing mungkin juga menjaga kotak kotorannya, jadi pastikan anda memiliki beberapa kotak kotoran yang tersebar di seluruh rumah anda sehingga satu kucing tidak dapat mencegah akses ke semua kotak pada saat yang bersamaan. 

Anda juga dapat mempertimbangkan kotak kotoran yang terbuka agar kucing anda selalu sadar akan lingkungannya, hal itu akan membantu membuat mereka merasa lebih aman dan tidak terlalu cemas.

5. Sediakan Lebih Banyak Kotak Pasir

Jika anda telah mengetahui bahwa kucing anda buang air kecil sembarangan dan bukan menyemprot untuk menandai wilayah, inilah saatnya untuk melihat lebih dekat kotak pasir anda.

Pertama, berapa banyak kotak pasir yang yang anda miliki? Satu kotak kotoran seringkali tidak cukup. Aturan umum adalah satu kotak per kucing, ditambah satu ekstra.

Kucing bisa sangat pilih-pilih menggunakan kotak yang sudah berisi urine atau feses, terutama jika urine atau feses itu bukan miliknya. 

Maka dari itu, semakin banyak kotak pasir yang anda miliki, semakin besar kemungkinan kucing anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhannya.

6. Kurangi Stress Kucing Anda

Kucing adalah makhluk terbiasa dengan rutinita dan apa pun yang tidak sesuai akan dengan mudah membuat mereka stres, dan stres akan mempengaruhi saluran kemih mereka.

Banyak hal yang tidak kita anggap stres karena manusia dapat menyebabkan kecemasan pada kucing seperti pengunjung baru, pesta di rumah, berkemas dan pindah, dan/atau furnitur baru atau perubahan tata letak rumah dapat menyebabkan respons stres yang sama.

Maka dari itu, menyimpan beberapa kotak yang mudah diakses di sekitar rumah dengan sampah bersih di tempat yang tenang dan aman adalah cara terbaik untuk mengurangi stres. 

Jika anda harus berkemas untuk perjalanan, mungkin pindahkan kucing anda ke tempat di mana mereka tidak dapat melihat barang bawaannya, atau kemasi di ruangan yang tertutup.

Atau anda bisa gunakan alat bantu penenang kucing seperti makanan penenang kucing yang diformulasikan khusus atau penyebar feromon kucing untuk membantu menjaga lingkungan serendah mungkin. 

Anda juga bisa membawa kucing anda untuk pemeriksaan dan berbincang dengan dokter hewan untuk dapat membantu mengidentifikasi penyebab stres, dan dalam beberapa kasus, obat-obatan dapat digunakan untuk membantu meredakan kecemasan pada kucing anda. (akg)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
MU Tolak Keinginan Inter Milan untuk Meminjam Victor Lindelof

MU Tolak Keinginan Inter Milan untuk Meminjam Victor Lindelof

Manchester United (MU) dilaporkan telah menolak tawaran pinjaman dari Inter Milan untuk Victor Lindelof.
Berukuran Besar Namun Gesit, Berikut Sifat, Sejarah, dan Karakter Fisik Seekor Kucing Siberia

Berukuran Besar Namun Gesit, Berikut Sifat, Sejarah, dan Karakter Fisik Seekor Kucing Siberia

Bulu dari seekor kucing Siberia biasanya panjang dan berat, dengan lapisan bawah yang rapat yang menjadi lebih tebal untuk beradaptasi dengan cuaca dingin.
Kejutan! Joao Cancelo akan Dipinjamkan Man City ke Bayern Munchen

Kejutan! Joao Cancelo akan Dipinjamkan Man City ke Bayern Munchen

Pemain Manchester City, Joao Cancelo dilaporkan akan hijrah ke Bayern Munchen dengan status pinjaman sampai akhir musim.
Jelang Piala Dunia U20 FIFA 2023, Menko Polhukam Ingatkan Waspada Kerusuhan Terorisme

Jelang Piala Dunia U20 FIFA 2023, Menko Polhukam Ingatkan Waspada Kerusuhan Terorisme

Indonesia akan jadi tuan rumah event resmi FIFA Piala Dunia U-20 kedua yang diselenggarakan di Asia Tenggara, yakni pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023. 
Dua Oknum Polisi Penembak Pencuri Sawit di Way Kanan Diperiksa Propam Polda Lampung

Dua Oknum Polisi Penembak Pencuri Sawit di Way Kanan Diperiksa Propam Polda Lampung

Dua oknum personel Direktorat Samapta Polda Lampung yang terlibat dalam aksi penembakan terhadap Ansori (32), diamankan dan diperiksa Propam Polda Lampung.
Ini 2 Pesan Ketua Majelis Syura PKS soal Anies Baswedan

Ini 2 Pesan Ketua Majelis Syura PKS soal Anies Baswedan

Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri, menyampaikan dua pesan terkait bakal capres NasDem Anies Baswedan.
Trending
Erick Thohir Diproyeksi Jadi Penerus Kepemimpinan Jokowi

Erick Thohir Diproyeksi Jadi Penerus Kepemimpinan Jokowi

Pengamat menilai Menteri BUMN Erick Thohir diproyeksikan sebagai penerus kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Presiden Indonesia selanjutnya
Selamat, 4 Shio ini Diprediksi Akan Berlimpah Cuan dan Mendapat Karir Cemerlang di Tahun Kelinci Air 2023

Selamat, 4 Shio ini Diprediksi Akan Berlimpah Cuan dan Mendapat Karir Cemerlang di Tahun Kelinci Air 2023

Berikut ini adalah beberapa shio yang diprediksi akan mendapatkan keberuntungan besar di tahun kelinci air 2023. Diprediksi shio-shio ini akan memiliki karir...
Gawat, 3 Shio ini Diramalkan 'Apes' atau Ciong Sepanjang Tahun Kelinci Air 2023, Hati-hati Saat Membuat Keputusan

Gawat, 3 Shio ini Diramalkan 'Apes' atau Ciong Sepanjang Tahun Kelinci Air 2023, Hati-hati Saat Membuat Keputusan

Berikut ini merupakan shio-shio yang diprediksi bakalan ciong sepanjang tahun kelinci air 2023. Jika memiliki shio-shio tersebut sebaiknya lebih hati-hati...
Simeone Pastikan Napoli Makin Kokoh di Puncak Serie A Liga Italia

Simeone Pastikan Napoli Makin Kokoh di Puncak Serie A Liga Italia

Penyerang Argentina memastikan kemenangan SSC Napoli di Stadion Diego Maradona. Gol Giovanni Simeone menundukkan AS Roma 2-1 pada pekan 20 Serie A Liga Italia.
Hasil Liga Spanyol: Atletico Madrid Petik Poin Penuh di Markas Osasuna

Hasil Liga Spanyol: Atletico Madrid Petik Poin Penuh di Markas Osasuna

Atletico Madrid sukses mengemas kemenangan usai mengalahkan Osasuna 1-0 dalam pertandingan Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Senin (30/1/2023) malam WIB.
Curah Hujan Tinggi, Harga Sayuran di Tanjungpinang Naik Drastis

Curah Hujan Tinggi, Harga Sayuran di Tanjungpinang Naik Drastis

Curah hujan tinggi yang terjadi dalam 2 pekan terakhir berdampak pada kenaikan harga komoditi sayuran di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Harga komoditas sayuran naik drastis hingga 3 kali lipat.
Hari Ini Sidang Replik Putri Candrawathi dan Richard Eliezer Digelar, Menanti Tanggapan JPU

Hari Ini Sidang Replik Putri Candrawathi dan Richard Eliezer Digelar, Menanti Tanggapan JPU

Hari ini, Senin (30/1/2023), sidang replik Putri Candrawathi dan Richard Eliezer digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Trust
Selengkapnya