LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Kucing
Sumber :
  • Freepik.com

Cat Lovers Wajib Tahu, Inilah 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Kucing yang Suka Buang Air Kecil Sembarangan

Beberapa alasan mengapa kucing buang air kecil di luar kotak pasir diantaranya adalah karena masalah kesehatan, kecemasan, atau intimidasi dari peliharaan lain.

Jumat, 20 Januari 2023 - 20:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Buat orang-orang yang memilih seekor kucing untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, pasti anda pernah menemukan saat kucing peliharaan anda buang air kecil atau kencing sembarangan di area rumah atau diluar kotak pasir mereka.

Bagi anda yang memelihara kucing, hal itu akan terasa sangat menjengkelkan, tapi apa yang mereka lakukan tidaklah memiliki niat jahat atau sengaja membuat anda jengkel dengan buang air kencing sembarangan di sekitar rumah. 

Karena sebenarnya ada banyak alasan mengapa seekor kucing peliharaan buang air kecil sembarangan di sekitar rumah meskipun anda sudah menyediakan dan mempersiapkan kotak pasir mereka di dalam rumah. 

Beberapa alasan mengapa kucing buang air kecil di luar kotak pasir diantaranya adalah karena masalah kesehatan, kecemasan, atau intimidasi dari hewan peliharaan lain di rumah yang perlu segera tangani.

Baca Juga :

Melansir dari situs PetMD berikut 6 cara untuk menghentikan kucing anda untuk berhenti buang air kecil sembarangan di sekitar rumah.

1. Konsultasikan Kondisi Kucing dengan Dokter Hewan

Jika kucing anda sudah mulai buang air kecil sembarangan di luar kotak pasir yang sudah anda sediakan, hal pertama dan terpenting yang dapat anda lakukan adalah membuat janji bertemu dengan dokter hewan.

Beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, hipertiroidisme, cistitis idiopatik kucing (FIC), kristal atau batu kandung kemih, radang sendi, diabetes, hingga penyakit ginjal bisa jadi beberapa masalah kesehatan umum yang dapat membuat kucing buang air kecil di luar kotak kotorannya.

Dokter hewan anda akan mengajukan pertanyaan terkait dengan perilaku kucing peliharaan anda dan ketika itu dimulai, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik, urinalysis, dan mungkin beberapa tes diagnostik lainnya untuk menentukan apakah masalahnya bersifat medis daripada perilaku.

2. Bersihkan Kotoran Kucing Secara Menyeluruh

Apakah dokter hewan anda menentukan bahwa masalahnya adalah medis atau perilaku, pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh semua area tempat kucing anda ketika mereka buang air kecil sembarangan. 

Anda harus memastikan bahwa anda telah menghilangkan bau kencing kucing anda, tidak hanya untuk kepentingan anda sendiri, tetapi juga agar baunya tidak menarik kucing anda kembali mengotori tempat yang sama.

Untuk melakukan itu anda bisa menggunakan menggunakan lampu UV dan juga indera penciuman anda untuk mengidentifikasi semua area yang menjadi tempat kucing anda buang air kecil di sekitar rumah.

Jika anda berurusan dengan hal tersebut untuk pertama kali, yang bisa anda lakukan adalah dengan menyeka sebanyak mungkin dengan handuk kertas atau kain. Selanjutnya pilih metode pembersihan terbaik berdasarkan apa yang telah kotor seperti seprai, pakaian, handuk, dll.

Untuk membersihkan lantai dan permukaan keras lainnya, anda bisa bersihkan secara menyeluruh dengan larutan pembersih rumah tangga biasa atau penghilang noda dan bau hewan peliharaan.

Sementara untuk karpet, kasur, dan pelapis hal paling baik adalah dengan membersihkan dengan pembersih enzimatik atau bakteri dan pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen untuk memaksimalkan keefektifannya.

3. Atasi Masalah Kucing yang Menandai Wilayahnya

Kucing terkadang menandai wilayahnya dengan mengencingi suatu area di rumah dan saat kucing menyemprot (istilah saat mereka buang air kecil untuk menandai wilayah), mereka biasanya berdiri di depan permukaan vertikal dan menyemprotkan urin dalam jumlah yang relatif kecil. 

Jadi jika anda menemukan cipratan air seni di dinding, kucing anda mungkin menyemprot untuk menandai wilayahnya, bukan buang air kecil sembarangan.

Jika kucing anda yang sudah di steril sedang menyemprot, cobalah membuatnya merasa lebih aman di wilayahnya. Dalam rumah dengan banyak kucing peliharaan, menyediakan tempat tinggal terpisah untuk setiap kucing mungkin dapat membantu.

Jika ini tidak memungkinkan, cobalah menempatkan beberapa pohon atau tempat bertengger kucing yang tinggi dan buat tempat persembunyian dan rute pelarian yang tertutup sehingga kucing dapat dengan mudah menghindari satu sama lain.

Terkadang, masalah teritorial terjadi karena kucing liar atau kucing tetangga berada di luar rumah anda. Jika kucing anda hanya di dalam ruangan, melihatnya melalui jendela saja sudah cukup untuk menimbulkan masalah.

4. Kurangi Konflik Antara Kucing Anda

Konflik antara banyak kucing atau memperkenalkan kucing baru dapat menyebabkan mereka buang air kecil sembarangan. 

Karena saat kucing anda terlibat pertengkaran di dalam atau di dekat kotak kotorannya, mereka mungkin memilih untuk menghindari kotak tersebut daripada mengambil risiko perkelahian lain akan terjadi jika mereka menggunakannya. 

Pisahkan kucing anda sebentar agar ketegangannya memudar, lalu coba perkenalkan kembali secara bertahap. Seekor kucing mungkin juga menjaga kotak kotorannya, jadi pastikan anda memiliki beberapa kotak kotoran yang tersebar di seluruh rumah anda sehingga satu kucing tidak dapat mencegah akses ke semua kotak pada saat yang bersamaan. 

Anda juga dapat mempertimbangkan kotak kotoran yang terbuka agar kucing anda selalu sadar akan lingkungannya, hal itu akan membantu membuat mereka merasa lebih aman dan tidak terlalu cemas.

5. Sediakan Lebih Banyak Kotak Pasir

Jika anda telah mengetahui bahwa kucing anda buang air kecil sembarangan dan bukan menyemprot untuk menandai wilayah, inilah saatnya untuk melihat lebih dekat kotak pasir anda.

Pertama, berapa banyak kotak pasir yang yang anda miliki? Satu kotak kotoran seringkali tidak cukup. Aturan umum adalah satu kotak per kucing, ditambah satu ekstra.

Kucing bisa sangat pilih-pilih menggunakan kotak yang sudah berisi urine atau feses, terutama jika urine atau feses itu bukan miliknya. 

Maka dari itu, semakin banyak kotak pasir yang anda miliki, semakin besar kemungkinan kucing anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhannya.

6. Kurangi Stress Kucing Anda

Kucing adalah makhluk terbiasa dengan rutinita dan apa pun yang tidak sesuai akan dengan mudah membuat mereka stres, dan stres akan mempengaruhi saluran kemih mereka.

Banyak hal yang tidak kita anggap stres karena manusia dapat menyebabkan kecemasan pada kucing seperti pengunjung baru, pesta di rumah, berkemas dan pindah, dan/atau furnitur baru atau perubahan tata letak rumah dapat menyebabkan respons stres yang sama.

Maka dari itu, menyimpan beberapa kotak yang mudah diakses di sekitar rumah dengan sampah bersih di tempat yang tenang dan aman adalah cara terbaik untuk mengurangi stres. 

Jika anda harus berkemas untuk perjalanan, mungkin pindahkan kucing anda ke tempat di mana mereka tidak dapat melihat barang bawaannya, atau kemasi di ruangan yang tertutup.

Atau anda bisa gunakan alat bantu penenang kucing seperti makanan penenang kucing yang diformulasikan khusus atau penyebar feromon kucing untuk membantu menjaga lingkungan serendah mungkin. 

Anda juga bisa membawa kucing anda untuk pemeriksaan dan berbincang dengan dokter hewan untuk dapat membantu mengidentifikasi penyebab stres, dan dalam beberapa kasus, obat-obatan dapat digunakan untuk membantu meredakan kecemasan pada kucing anda. (akg)

 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Thomas Cup 2024: Usai Menang Telak 5-0 atas Inggris, Fajar Alfian Bertekad Bawa Indonesia Kembali Raih Juara

Thomas Cup 2024: Usai Menang Telak 5-0 atas Inggris, Fajar Alfian Bertekad Bawa Indonesia Kembali Raih Juara

Pemain ganda putra sekaligus kapten tim putra bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian bertekad bisa membawa skuad Garuda bawa puang gelar juara Thomas Cup 2024.
Senam dan Seragam Batik Diberikan kepada Jemaah Calon Haji di Riau

Senam dan Seragam Batik Diberikan kepada Jemaah Calon Haji di Riau

Sosialisasi Kemenag kepada jemaah calon haji di Riau seperti senam dan batik haji nasional di halaman Masjid Agung Annur Pekanbaru, Riau, Minggu (28/4/2024)
Dinilai Tidak Terlalu Penting, PGRI Minta Pemerintahan Baru Prabowo - Gibran Hentikan Kebiasaan Ganti Kurikulum

Dinilai Tidak Terlalu Penting, PGRI Minta Pemerintahan Baru Prabowo - Gibran Hentikan Kebiasaan Ganti Kurikulum

PGRI  meminta agar pemerintahan baru Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, jangan dengan mudah mengubah kurikulum yang sudah ada di sekolah-sekolah.
Ibunda Rafael Struick Ternyata Bukan Sosok Sembarangan, di Belanda Ibu Pemain Timnas Indonesia Itu Orang Penting, Ini Faktanya

Ibunda Rafael Struick Ternyata Bukan Sosok Sembarangan, di Belanda Ibu Pemain Timnas Indonesia Itu Orang Penting, Ini Faktanya

Ibunda Rafael Struick jadi sorotan, ternyata ia bukan sosok sembarang. Di Belanda, ibu pemain Timnas Indonesia tersebut ternyata orang penting, bekerja di...
Pinjam Duit di Bank untuk Modal Usaha, Rezekinya Tetap Halal atau Tidak? Ternyata Buya Yahya Jawab Tegas Hukumnya…

Pinjam Duit di Bank untuk Modal Usaha, Rezekinya Tetap Halal atau Tidak? Ternyata Buya Yahya Jawab Tegas Hukumnya…

Ingin membuka usaha membutuhkan modal berupa uang, bila tak cukup lalu pinjam di Bank, apakah rezekinya bakal tetap halal atau tidak? Menurut Buya Yahya...
Raup Untung Hingga Rp25 Juta Setiap Panen, Petani Lebak Antusias Menanam Jagung dan Menjadi Andalan Perekonomian

Raup Untung Hingga Rp25 Juta Setiap Panen, Petani Lebak Antusias Menanam Jagung dan Menjadi Andalan Perekonomian

Dengan harga jual jagung Rp6.000 per kilogram, para petani di Lebak, Banten mengaku bisa meraup keuntungan bersih hingga Rp25 juta setiap kali panen jagung.
Trending
Pelatih Arab Saudi U23 Mulai Kirim Bantuan ke Timnas Indonesia U23, Nasib Uzbekistan Bakal Seperti Korea Selatan?

Pelatih Arab Saudi U23 Mulai Kirim Bantuan ke Timnas Indonesia U23, Nasib Uzbekistan Bakal Seperti Korea Selatan?

Bantuan dari pelatih Arab Saudi U23 mulai terlihat, pelatih Arab Saudi bocorkan kekuatan Uzbekistan yang berguna untuk Timnas Indonesia U23 asuhan Shin Tae-yong
Pelatih Jepang Heran Bisa-bisanya Timnas Indonesia Menang dari Korea Selatan, Padahal Negaranya Saja Kesulitan Lawan Korsel, Katanya...

Pelatih Jepang Heran Bisa-bisanya Timnas Indonesia Menang dari Korea Selatan, Padahal Negaranya Saja Kesulitan Lawan Korsel, Katanya...

Juru strategi tim nasional Jepang ini mengaku kaget melihat Timnas Indonesia U23 bisa menumbangkan Korea Selatan yang sebelumnya sulit mereka kalahkan di grup B
Timnas Indonesia U-23 Terima Dua Kabar Buruk Jelang Laga Kontra Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 Terima Dua Kabar Buruk Jelang Laga Kontra Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 menerima dua kabar buruk menjelang laga kontra Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar Senin (29/4) malam WIB.
Viral Pelarangan Nobar Timnas Indonesia, Warganet Usul Hak Siar dari MNC Dialihkan ke TVRI: Sepak Bola Hiburan Rakyat

Viral Pelarangan Nobar Timnas Indonesia, Warganet Usul Hak Siar dari MNC Dialihkan ke TVRI: Sepak Bola Hiburan Rakyat

Viral pelaranga nobar Timnas Indonesia. Warganet mengusulkan hak siar dari MNC dialihkan ke TVRI. Hal ini disuarakan netizen melalui unggahan Instagram Ketua PSSI.
Alasan Wasit Shaun Evans Ambil Keputusan yang Untungkan Timnas Indonesia U-23 dalam Sesi Adu Penalti Kontra Korea Selatan

Alasan Wasit Shaun Evans Ambil Keputusan yang Untungkan Timnas Indonesia U-23 dalam Sesi Adu Penalti Kontra Korea Selatan

Wasit Shaun Evans mengambil keputusan yang untungkan timnas Indonesia U-23 dalam sesi adu penalti kontra Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024.
Lakoni Laga Terakhir di Liga Inggris, Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23

Lakoni Laga Terakhir di Liga Inggris, Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23

Elkan Baggott telah melakoni laga terakhirnya bersama Bristol Rovers di Liga Inggris selagi timnas Indonesia U-23 akan tampil di semifinal Piala Asia U-23 2024.
Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Curhat ke Media Korea

Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Curhat ke Media Korea

Ini dua berita terpopuler. Elkan Baggott berpotensi perkuat Timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong curhat ke media Korea.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
21:00 - 22:00
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
23:00 - 01:30
Bundesliga Seru
Selengkapnya