LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Band Sheila On 7 menghibur penonton pada konser "Tunggu Aku di Jakarta" di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/01/2023).
Sumber :
  • (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Konser Sheila on 7 di Jakarta Jadi Lautan Memori

Band asal Yogyakarta Sheila on 7 yang menyapa telinga para penggemar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dalam konser tungga mereka, menjadi magnet bagi penggemarnya

Senin, 30 Januari 2023 - 10:41 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Band asal Yogyakarta Sheila on 7 yang menyapa telinga para penggemar pada Sabtu (28/1/2023) malam lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dalam konser tungga mereka, menjadi magnet sekaligus memori bagi para penggemarnya.

Perasaan rindu penggemar pun tumpah ketika suara vokal dari Akhdiyat Duta Modjo, petikan gitar dari Eross Candra, hingga deru bas dari Adam Muhammad Subarkah berpadu membawakan lagu pertama “Pejantan Tangguh”. Bahkan sesaat sebelum itu, penonton sudah antusias kala cuplikan instrumen dan lirik “Tunjuk Satu Bintang” ditampilkan.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas ketulusan hati kalian untuk menunggu kami di Jakarta," kata Duta setelah menyanyikan lagu “J.A.P” yang langsung disambut riuh dari penonton.

“Perjalanan panjang” malam itu pun berlanjut dengan deretan hits yang dipersembahkan Sheila on 7, sementara penonton menyambutnya dengan tak hentinya ikut bersenandung bersama.

Perjalanan berlanjut hingga 20-an lagu yang ditembangkan. Ada "Film Favorit", "Bila Kau Tak di Sampingku", "Seberapa Pantas", "Sephia", "Kita", “Yang Terlewatkan”, “Pria Kesepian”, “Saat Aku Lanjut Usia”, “Terlalu Singkat”, “Sahabat Sejati”, “Pemuja Rahasia”, “Betapa”, “Hari Bersamanya”, “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki”, “Lapang Dada”, “Itu Aku”, hingga “Dan”.

Duta, Eross, dan Adam mampu menjaga gelombang mood ribuan penonton yang setia berdiri selama sekitar dua jam, sejak awal hingga akhir. Di titik tertentu, lagu mereka memicu penonton ikut bergoyang atau sekadar menggerakkan tubuh hingga melambaikan tangan. Di saat lain, lagu-lagu sendu mereka menghangatkan dan menghanyutkan perasaan penonton.

“Sheila on 7 sama sekali nggak muda lagi. Sekali lagi, kalian sudah dengan senang hati mau nunggu Sheila on 7 di Jakarta,” tutur Duta sesaat sebelum menembangkan “Melompat Lebih Tinggi”.

Tak hanya bagi penonton, momen konser itu juga membahagiakan bagi Sheila on 7 sendiri. Di atas panggung, Duta pun mengungkapkan rasa bahagianya karena bisa jumpa kembali dengan para pendengar musik mereka sejak era 90-an dan 2000-an.

Barangkali Duta benar, “bapak-bapak” Sheila on 7 kini sudah tak lagi muda. Namun, walaupun lebih dari dua dekade berlalu, lagu-lagu mereka senantiasa relevan dan segar untuk tetap dinikmati di era sekarang.

Aksi panggung yang berlangsung dua jam itu pun diakhiri dengan penutup yang manis; “Sebuah Kisah Klasik” yang seolah membawa pesan untuk tak ingin berpisah dari momen tersebut serta “Tunggu Aku di Jakarta” yang seolah menjadi jawaban atas penantian panjang untuk mewujudkan konser ini di Jakarta, sama seperti tajuk konsernya.

Selalu temani generasi 90-an

Bagi Maul Ibrahim, salah satu personel band Perunggu, Sheila on 7 seperti “kompas” atau bahkan seperti “rumah” di mana anggota band bisa langsung terhubung ketika lagu Sheila on 7 tiba-tiba muncul. Sementara bagi personel lainnya, Adam Adenan, Sheila on 7 seperti “kakak”.

“(Merasa) related karena pernah di awal-awal pas ngeband-ngeband atau baru mulai bermusik itu pakai lagu Sheila on 7 yang ‘Dan’ sama ‘Kita’,” cerita personel Perunggu lainnya, Ildo Hasman.

Maul, Adam, dan Ildo hanyalah beberapa contoh orang muda yang tumbuh dengan lagu-lagu Sheila on 7 di masa-masa bangku sekolah. Sementara itu salah satu penggemar, Avi (29 tahun), juga sepakat tentang hal itu mengingat Sheila on 7 sempat wara-wiri di panggung pentas seni (pensi) sekolah pada masanya. Atau kalaupun tidak, band-band amatir yang digawangi anak-anak sekolah kerap langganan membawakan lagu-lagu Sheila on 7 di acara pensi.

“Lagu yang paling berkesan (buat saya) sebenarnya 'Kita' karena itu selalu ada di perpisahan SD, SMP, SMA,” ujar Andri Verraning Ayu di kesempatan berbeda. Ayu sendiri merupakan CEO Antara Suara, promotor yang mendukung konser Sheila on 7 tersebut.

Penggemar biasa, musisi, hingga artis tanah air kenamaan, entah generasi tua ataupun muda, antusias dengan gelaran konser “Tunggu Aku di Jakarta”. Walaupun masing-masing menyimpan lagu Sheila on 7 favorit yang berbeda-beda secara pribadi, mereka tetap memiliki kesamaan dalam hal pengalaman kolektif; yaitu kenangan.

“Berharapnya (konser ini) bisa benar-benar re-create new memories yang lebih indah lagi, sih, bahkan,” kata Avi, penggemar Sheila on 7.

Sheila on 7, “Tunggu Aku di …”

“Sheila on 7 adalah band teman seperjuangan kami yang sudah sama-sama dua puluhan tahun umurnya. Kami berada dalam label yang sama saat itu, masing-masing tahu perjuangannya dan kami juga sangat menggemari lagu-lagu Sheila on 7,” kata Edwin Marshal Syarif, salah satu personel Cokelat.

Band Cokelat yang mewakili generasi “seangkatan” dengan Sheila on 7, juga Perunggu yang mewakili generasi baru era sekarang, menjadi bintang tamu istimewa di konser “Tunggu Aku di Jakarta”.

Ayu, dari pihak promotor, mengatakan bahwa kedua bintang tamu itu dipilih selain mewakili generasi yang berbeda, Cokelat sendiri merupakan “sahabat sejati” bagi Sheila on 7, sementara Perunggu merupakan band anyar yang ingin didorong oleh Sheila on 7.

“Cokelat (tampil) sore. Kemudian sebelum Sheila on 7 itu adalah Perunggu. Teman-teman Sheila on 7 memang ingin memberikan tempat agar semua orang tahu bahwa ini, lho, band ini mempunyai kualitas yang bagus,” kata Ayu.

Dibutuhkan waktu yang panjang untuk mewujudkan konser “Tunggu Aku di Jakarta”, diskusi penentuan bintang tamu sebagai penampil pembuka hanya salah satunya. Ayu bercerita bagaimana dinamika yang dilalui antara promotor dan Sheila on 7, mulai dari pemilihan set list yang akan dibawakan, tata panggung dan pencahayaan, hingga tema atau tajuk konser.

Penjualan tiket konser Sheila on 7 “Tunggu Aku di Jakarta” berhasil menembus sekitar 22.000 dan ludes hanya dalam waktu 30 menit ketika periode penjualan tiket dibuka pada awal November 2022. Pihak promotor pun berharap konser tak hanya berhenti di Jakarta, melainkan juga dapat bersambung ke kota-kota lainnya walau tetap harus menyesuaikan kondisi dan kesediaan para personel Sheila on 7.

“Semoga apabila memang ini konser pertama itu lancar dan berhasil, hopefully, sih, kita akan berada di ‘Tunggu Aku di …’ kota-kota lainnya,” pungkas Ayu. (ant/mii)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Komisi B DPRD Jakarta Evaluasi LKPJ Penggunaan APBD di BUMD Selama 2023

Komisi B DPRD Jakarta Evaluasi LKPJ Penggunaan APBD di BUMD Selama 2023

Komisi B DPRD Jakarta gelar rapat kerja bersama BUMD untuk membahas dan mengevaluasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD tahun 2023.
50 Musisi Siap Gebrak Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi Hingga Sandhy Sondoro

50 Musisi Siap Gebrak Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi Hingga Sandhy Sondoro

Jakarta Street Jazz Festival (JSJF) digelar di Jalan Falatehan Blok M Jakarta Selatan, pada Minggu (5/5/2024), dengan menghadirkan Tompi hingga Sandhy Sandoro.
Nikita Mirzani Hanya Mau Bercinta dengan Cowok Seperti Ini, Ritual Gatot Brajamusti ‘Membodohi’ Wanita, Reza Artamevia Akui…

Nikita Mirzani Hanya Mau Bercinta dengan Cowok Seperti Ini, Ritual Gatot Brajamusti ‘Membodohi’ Wanita, Reza Artamevia Akui…

Kehidupan asmara Nikita Mirzani yang hanya mau bercinta dengan sosok ini. Ritual Gatot Brajamusti yang ‘Bodohi’ banyak wanita jadi artikel Trend terpopuler
Terungkap! Tempat Hiburan Malam di Mataram Pekerjakan Anak Dibawah Umur

Terungkap! Tempat Hiburan Malam di Mataram Pekerjakan Anak Dibawah Umur

Lima pemandu lagu berstatus anak mengaku sebagai pekerja lepas. Mereka tidak ada kontrak kerja dengan pemilik tempat hiburan malam.
Termasuk Piala Dunia, Ini 3 Prestasi yang Bisa Ditorehkan Timnas Indonesia Bersama Shin Tae-yong hingga 2027 Mendatang

Termasuk Piala Dunia, Ini 3 Prestasi yang Bisa Ditorehkan Timnas Indonesia Bersama Shin Tae-yong hingga 2027 Mendatang

Sejumlah prestasi mentereng berpotensi ditorehkan pelatih Shin Tae-yong usai perpanjangan kontraknya bersama Timnas Indonesia hingga 2027 nanti resmi terjadi.
Alat Pembelajaran Untuk Siswa Tunanetra Tertahan Hingga 16 Bulan di Bea Cukai, Menteri Keuangan  Sri Mulyani Ternyata Baru Tahu Itu Barang Hibah dari Medsos

Alat Pembelajaran Untuk Siswa Tunanetra Tertahan Hingga 16 Bulan di Bea Cukai, Menteri Keuangan Sri Mulyani Ternyata Baru Tahu Itu Barang Hibah dari Medsos

Setelah mengetahui barang tersebut adalah hibah untuk siswa tunanetra, Sri Mulyani meminta Bea Cukai membantu, dengan memberikan fasilitas pembebasan fiskal. 
Trending
Pelatih Arab Saudi U23 Mulai Kirim Bantuan ke Timnas Indonesia U23, Nasib Uzbekistan Bakal Seperti Korea Selatan?

Pelatih Arab Saudi U23 Mulai Kirim Bantuan ke Timnas Indonesia U23, Nasib Uzbekistan Bakal Seperti Korea Selatan?

Bantuan dari pelatih Arab Saudi U23 mulai terlihat, pelatih Arab Saudi bocorkan kekuatan Uzbekistan yang berguna untuk Timnas Indonesia U23 asuhan Shin Tae-yong
Timnas Indonesia U-23 Terima Dua Kabar Buruk Jelang Laga Kontra Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 Terima Dua Kabar Buruk Jelang Laga Kontra Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 menerima dua kabar buruk menjelang laga kontra Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar Senin (29/4) malam WIB.
Alasan Wasit Shaun Evans Ambil Keputusan yang Untungkan Timnas Indonesia U-23 dalam Sesi Adu Penalti Kontra Korea Selatan

Alasan Wasit Shaun Evans Ambil Keputusan yang Untungkan Timnas Indonesia U-23 dalam Sesi Adu Penalti Kontra Korea Selatan

Wasit Shaun Evans mengambil keputusan yang untungkan timnas Indonesia U-23 dalam sesi adu penalti kontra Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024.
Lakoni Laga Terakhir di Liga Inggris, Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23

Lakoni Laga Terakhir di Liga Inggris, Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23

Elkan Baggott telah melakoni laga terakhirnya bersama Bristol Rovers di Liga Inggris selagi timnas Indonesia U-23 akan tampil di semifinal Piala Asia U-23 2024.
Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Curhat ke Media Korea

Elkan Baggott Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Curhat ke Media Korea

Ini dua berita terpopuler. Elkan Baggott berpotensi perkuat Timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong curhat ke media Korea.
Demi Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tolak Latih Skuad Negara Ini Padahal Bayarannya Sangat Mahal...

Demi Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tolak Latih Skuad Negara Ini Padahal Bayarannya Sangat Mahal...

Namun di balik itu semua, terungkap sebuah fakta mengejutkan soal Shin Tae-yong yang ternyata sempat dapat tawaran dari China sebelum memilih Timnas Indonesia.
Pandit Malaysia Heran Ada Pengamat Sepak Bola Indonesia yang Mencibir Shin Tae-yong karena Didukung Erick Thohir

Pandit Malaysia Heran Ada Pengamat Sepak Bola Indonesia yang Mencibir Shin Tae-yong karena Didukung Erick Thohir

Pandit asal Malaysia mengutarakan keheranannya terhadap cibiran pengamat sepak bola Indonesia terhadap Shin Tae-yong menyusul kesuksesannya di timnas Indonesia.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
Selengkapnya