LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi
Sumber :
  • unsplash.com

Kisah Nabi Luth yang Diutus ke Kaum Sodom, Pemuja Kepuasan yang Akhirnya Diazab oleh Allah SWT dengan Hujan Batu dan Api

Kisah Nabi Luth terkenal dengan kaumnya yang bernama Kaum Sodom atau yang kini terkenal dengan istilah LGBT. Allah SWT akhirnya memberikan azab ke Kaum Sodom.

Kamis, 4 Agustus 2022 - 10:06 WIB

tvOnenews - Kisah Nabi Luth terkenal dengan kaumnya yang bernama sodom atau yang kini terkenal dengan istilah Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT).

Kawasan Sodom dan Gomorrah pada saat itu memang dijangkiti perbuatan melanggar syariat dan melanggar kodrat seperti homoseksualitas serta kejahatan-kejahatan serius lainnya seperti pemerkosaan, perampokan, dan pembunuhan. Semua perbuatan keji tersebut dilakukan secara terang-terangan dan tanpa rasa malu.

Penduduk Sodom juga melarang keras Nabi Luth untuk memberikan perlindungan kepada orang-orang yang akan mereka rampok atau perkosa.

Allah Yang Maha Penyayang lalu mengutus Nabi Luth di puncak kemunkaran penduduk Sodom dan Gomorrah agar mereka memiliki kesempatan bertaubat. Namun mereka terlanjur tenggelam dalam lautan dosa sehingga mereka tak mampu menangkap kebenaran yang dibawakan oleh Nabi Luth AS.

Perbuatan mereka itu tentu membuat Nabi Luth sedih dan kecewa. Reputasi penduduk Sodom serta Gomorrah yang buruk kian tersebar di seantero penjuru wilayah.

Baca Juga :

Bertahun-tahun beliau mencoba menyadarkan umatnya namun hanya anggota keluarganya saja yang mau menerima ajarannya. Namun ternyata itupun tak semua. Istri Nabi Luth, sama seperti istri Nabi Nuh AS, termasuk ke dalam kaum yang tak mau mendengarkan dan mengagungkan ketauhidan.

ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوا امْرَاَتَ نُوْحٍ وَّامْرَاَتَ لُوْطٍۗ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتٰهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا وَّقِيْلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِيْنَ.

Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang kafir, istri Nuh dan istri Lut. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada kedua suaminya, tetapi kedua suaminya itu tidak dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksaan) Allah; dan dikatakan (kepada kedua istri itu), “Masuklah kamu berdua ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka).” (Q.S. At-Tahrim ayat 10)

Jika biasanya rumah adalah tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat, tak begitu kejadiannya dalam kisah Nabi Luth. Beliau tersiksa oleh sikap penduduk serta istrinya yang tak mau kembali menyembah Allah dan menaati setiap perintah dan larangan-Nya.

Bertahun-tahun Nabi Luth berdakwah dan tak satupun orang yang mempercayainya. Bahkan akhirnya penduduk Sodom dan Gomorrah mengejeknya dan menantang kenabian Nabi Luth dengan meminta diturunkan azab apabila memang Nabi Luth utusan Allah yang sejati.

Cerita ini tercantum dalam Al-Quran surah Al-'Ankabut ayat 29:

اَىِٕنَّكُمْ لَتَأْتُوْنَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُوْنَ السَّبِيْلَ ەۙ وَتَأْتُوْنَ فِيْ نَادِيْكُمُ الْمُنْكَرَ ۗفَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهٖٓ اِلَّآ اَنْ قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتَ مِنَ الصّٰدِقِيْنَ.

“Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika engkau termasuk orang-orang yang benar.” (Q.S. Al-'Ankabut ayat 29)

Akibat hal tersebut, Nabi Luth lalu berdoa kepada Allah agar memberikan dirinya kemenangan dan menurunkan azab kepada orang-orang ingkar. Allah pun mengabulkan permintaan kekasih-Nya dan mengutus tiga malaikat agar menemui Nabi Luth di Sodom.

Kisah Nabi Luth dan Azab Bagi Kaum Sodom

Ilustrasi

Pada masa itu masih lazim malaikat dan iblis datang di tengah-tengah peradaban dan menyerupai bentuk manusia. Tiga orang pria yang sangat rupawan itupun mendatangi Sodom dan bertemu pertama kali dengan anak perempuan Nabi Luth.

Begitu mendengar penuturan anaknya, Nabi Luth pun khawatir akan nasib ketiga tamunya tersebut. Beliau takut jika ketiga musafir itu akan diperkosa dan dibunuh oleh penduduk Sodom dan Gomorrah. Ia pun akhirnya mempersilakan tamu tersebut untuk tinggal di rumahnya diam-diam.

Namun saat mereka sudah sampai di kediaman Nabi Luth, tamu-tamu tersebut terlihat oleh istri Nabi Luth. Ia kemudian keluar rumah dan dengan segera mengabarkan ketampanan ketiga tamu itu. Berita itu pun menyebar dengan cepat seperti api yang memakan dedaunan kering.

Para penduduk lalu mendatangi rumah Nabi Luth dengan semangat dan rasa penasaran yang membuncah. Mereka ingin memastikan sendiri perkataan istri Nabi Luth.

Marah karena Sang Nabi menutup pintunya, penduduk Sodom lalu merobohkan pintu tersebut. Nabi Luth pun marah namun ia tak berbuat apa-apa di depan kerumunan beringas tersebut.

Pada saat-saat nadir tersebut, Nabi Luth berdoa agar ia diberikan kekuatan untuk mengusir kerumunan tersebut. Melihat Nabi Luth yang kian terpojok salah satu tamu tersebut berkata agar tak perlu takut sebab mereka adalah malaikat-malaikat utusan Allah. Atas kehendak Allah pula kerumunan itu tak akan menyakitinya.

Para malaikat itu lantas menunjukkan azab dari Allah SWT. Kaum tersesat yang memasuki rumah pun tiba-tiba menjadi buta. Kerumunan itupun tersadar dan langsung melarikan diri karena ketakutan sambil merutuk Nabi Luth.

Para malaikat lalu mengabarkan perintah Allah agar Nabi Luth pergi dari rumahnya dan meninggalkan Sodom bersama seluruh anggota keluarganya.

Para malaikat berpesan kepada Nabi untuk tidak menoleh ke belakang sementara azab diturunkan. Hal ini dikarenakan Allah telah memerintahkan bahwa Kota Sodom akan dihancurkan.

Menurut keterangan Ibnu Katsir, menjelang subuh, teriakan dan tangisan sarat ketakutan terdengar di berbagai penjuru wilayah. Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk mengangkat wilayah Sodom tinggi-tinggi, membalikkannya, lalu menghempaskannya kembali ke bumi. Allah SWT juga membuat langit tiba-tiba dihujani batu-batu keras yang berapi.

فَلَمَّا جَاۤءَ اَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَاَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّنْ سِجِّيْلٍ مَّنْضُوْدٍ

Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkannya negeri kaum Lut, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar, (Q.S. Hud ayat 82)

Al-Quran tidak menjelaskan bagaimana proses istri Nabi Luth binasa. Sebagian ulama berpendapat bahwa memang ia tak diajak keluar Sodom. Namun sebagian lainnya mengatakan bahwa ia sempat keluar bersama Nabi Luth dan anak-anaknya namun ia tak menaati perintah untuk tak menoleh ke belakang karena khawatir dengan nasib kaumnya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Al-Quran menjadikan istri Nabi Nuh dan Nabi Luth sebagai contoh orang-orang kafir yang diganjar azab. Walaupun keduanya hidup satu atap dengan para orang saleh namun karena mereka berkhianat terhadap perintah Allah, bahkan nabi dan rasul pun tak akan mampu menolong keduanya.

Nabi Luth yang berhasil keluar dari Sodom bersama kedua putrinya akhirnya kembali menemui Nabi Ibrahim. Bersama mereka menyebarkan agama Allah hingga akhir hayat.

Demikian kisah Nabi Luth. Semoga pengetahuan ini dapat menjadi pelajaran dan pedoman hidup agar terus menaati perintah Allah dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya. (afr/put)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
PSSI Korea Selatan Minta Maaf Usai Tersingkir dari Piala Asia U-23 Karena Timnas Indonesia U-23

PSSI Korea Selatan Minta Maaf Usai Tersingkir dari Piala Asia U-23 Karena Timnas Indonesia U-23

Melalui laman resminya, PSSI Korea menyampaikan permintaan maaf karena kegagalan Timnas Korea Selatan untuk menembus Olimpiade pertama kalinya dalam 40 tahun.
Megawati Tidak Diturunkan, Tim Putri Jakarta BIN Libas Livin Mandiri

Megawati Tidak Diturunkan, Tim Putri Jakarta BIN Libas Livin Mandiri

Tim putri Jakarta BIN memenangkan laga perdananya melawan tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri pada hari pertama PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Amongroga Yogyakarta, Kamis (25/4/2024).
Di Hadapan Media Korea, Shin Tae Yong Minta Maaf Telah Merusak Rekor 10 Kali Lolos Olimpiade Paris 2024

Di Hadapan Media Korea, Shin Tae Yong Minta Maaf Telah Merusak Rekor 10 Kali Lolos Olimpiade Paris 2024

Dilematis yang dirasakan Shin Tae Yong saat memimpin timnas Indonesia U23 mengalahkan Korea Selatan U23 di Piala Asia U23 membuatnya minta maaf di hadapan media
Disumbang Freeport 60 Persen, Indonesia Terima Bea Keluar hingga Rp4,2 Triliun di Kuartal I-2024, Sri Mulyani: Berkat Relaksasi Ekspor Tembaga

Disumbang Freeport 60 Persen, Indonesia Terima Bea Keluar hingga Rp4,2 Triliun di Kuartal I-2024, Sri Mulyani: Berkat Relaksasi Ekspor Tembaga

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa APBN Indonesia menerima pemasukan sebesar Rp4,2 triliun dari bea keluar kuartal I yang ditopang ekspor tembaga.
Pantas Saja Shin Tae-yong Sukses Bawa Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal, Rupanya Inspirasi Taktiknya Datang Dari Sini ...

Pantas Saja Shin Tae-yong Sukses Bawa Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal, Rupanya Inspirasi Taktiknya Datang Dari Sini ...

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong jadi sorotan berhasil bawa skuad Garuda Muda lolos ke semifinal Piala Asia u-23 2024 usai tundukkan Korea Selatan.
Demi Fans Indonesia, Legenda Real Madrid dan Manchester United Bawa Trofi Liga Champions ke Jakarta

Demi Fans Indonesia, Legenda Real Madrid dan Manchester United Bawa Trofi Liga Champions ke Jakarta

Trofi Liga Champions resmi mendarat di Indonesia bersama legenda sepak bola Fernando Morientes di Jakarta dalam acara Heineken Meet The UEFA Champions League.
Trending
Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Nathan Tjoe-A-On tidak ikut menendang dalam sesi adu penalti ketika timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.
Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar pedas mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho kini terbukti. Pasalnya dibawah asuhan Shin Tae-yong Timnas Indonesia kini menjelma menjadi tim kuat bahkan
Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Netizen Korea Selatan sangat kecewa usai timnya disingkirkan Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024.
Netizen Korea Ngamuk Usai Negaranya Disingkirkan Timnas Indonesia di Piala Asia U23, Katanya Garuda Muda Itu seperti...

Netizen Korea Ngamuk Usai Negaranya Disingkirkan Timnas Indonesia di Piala Asia U23, Katanya Garuda Muda Itu seperti...

Usai disingkirkan Timnas Indonesia di babak perempat final Piala Asia U23, netizen Korea Selatan lampiaskan amarahnya karena anggap ini kekalahan memalukan.
Reaksi Pengamat Bola Malaysia usai Timnas Indonesia U-23 Bekuk Korea Selatan U-23, Tak Disangka Sampai Menyebut...

Reaksi Pengamat Bola Malaysia usai Timnas Indonesia U-23 Bekuk Korea Selatan U-23, Tak Disangka Sampai Menyebut...

Pengamat sepak bola Malaysia turut senang dengan kesuksesan Timnas Indonesia U-23 melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 usai mengalahkan Korea Selatan U-23.
Bukan Shin Tae-yong, Sosok Ini Justru yang jadi Bulan-bulanan di Korea Selatan Setelah Timnas Indonesia U-23 Menang

Bukan Shin Tae-yong, Sosok Ini Justru yang jadi Bulan-bulanan di Korea Selatan Setelah Timnas Indonesia U-23 Menang

Shin Tae-yong tak melakukan selebrasi berlebihan saat tendangan penalti Pratama Arhan memastikan kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23. 
Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Ini berita paling top. Legenda Korea Selatan Park Ji Sung ikhlas akui skuad Shin Tae-yong hingga jujurnya pengakuan pengamat sepak bola Australia soal permainan Timnas Indonesia.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya