LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi Sholat Tahajud
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Ini Doa yang Dipanjatkan Setelah Sholat Tahajud, Berikut Keutamaan dan Niatnya

Dianjurkan bagi umat Islam untuk semangat mendirikan sholat tahajud. Karena, sholat tahajud memiliki banyak keutamaannya. Hal senada juga disampaikan Syek Ali

Selasa, 20 Desember 2022 - 23:05 WIB

tvOnenews.com - Dianjurkan bagi umat Islam untuk semangat mendirikan sholat tahajud. Karena, sholat tahajud memiliki banyak keutamaannya. 

Hal senada juga disampaikan Syek Ali Jaber, yang selalu mengingatkan dalam ceramahanya, agar umat Islam khusunya kaum muda mudi untuk jangan pernah kendor untuk menegakkan sholat tahajud. 

"Bahkan, jangan pula semangat menegakkan sholat tahajud di sepertiga malam, malah meninggalkan sholat subuh. Makanya, ini harus diimbangi," ujar Syek Ali Jaber seperti yang dilansir dari Media Dakwah Hikmah TV, Selasa (20/12/2022).  

Dia juga menjelaskan, bahwa sholat tahajud pun tidak harus tidur. Namun jika ingin menunaikannya pada sepertiga malam, maka harus tidur dahulu lalu mengerjakan sholat tahajud.

"Itu lebih baik," katanya.

Baca Juga :

Dia juga katakan, bila takut ketiduran, bisa segera melaksanakan sholat tahajud dan tidak perlu tidur terlebih dahulu untuk menunaikan sholat tahajud. Hal ini dia katakan, bahwa ajaran itu langsung dari Rasulullah SAW. 

Sambungnya menuturkan, Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunnah witir dan subuh, baik dalam perang maupun dalam perjalanan atau musapi. 

Di samping itu, dia juga menjelasakan tentang  keutamaan mendirikan sholat sunnah tahajud di tengah malam. Bahkan, dia katakan, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mendirikan sholat tahajud. 

"Sholat yang terbaik sesudah sholat fardhu adalah mendirikan atau menunaikan sholat sunnah pada malam hari. Lebih baik dari sholat duha. Makanya, sayang sekali seorang muslim melewati sholat malam, padahal hanya dua rekaat," ujar Syek Ali Jaber. 


Ilustrasi Seseorang sedang Sholat Tahajud

Lanjutnya menuturkan, agar namamu akan tertulis sebagai ahli sholat maka jangan tinggalkan sholat tahajud. 

"Berarti orang mukmin memikirkan kebaikan ke depannya dan hari ini agar dosanya diampuni Allah SWT. Dan ini menjadi pelajara, makanya manfaat kan hari ini mendirikan sholat tahajud dan mengahfal ayat ayat Allah SWT. Sebab bagi mukmin belum tentu ada besok," katanya. 

Lalu, dia ingatkan jangan pernah berpikir bahwa besok percaya akan tidak mati, karena itu adalah syetan. Sebab, mukmin yang baik tidak mengetahui esok masih hidup atau meninggal dunia. 

"Maka dari itu, mumpung masih muda dan sehat tegakkan sholat, baik sholat tahajud atau sholat malam. Jadi, orang soleh itu jangan menunda-munda kesempatan untuk beribadah, baik menunaikan sholat tahajud," katanya.

Namun, setelah menunaikan sholat tahajud, jangan pula tidak berdoa. Berikut doa setelah sholat tahajud. 

Di mana doa setelah sholat tahajud ini berisi pujian, pengakuan, dan sekaligus permohonan ampunan. 

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Selanjutnya, apabila Anda mendirikan dan rajin menunaikan sholat tahajud, maka Anda bukan orang yang digolongkan orang yang merugi melainkan orang yang beruntung. 

Sebab, sholat tahajud memiliki banyak keutaaman, hal ini diberitahu dari berbagai kanal religi. 

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat

"Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi).

2. Mendapatkan Ridha Allah SWT

“Tiga orang yang diridhai Allah Swt. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR. Abu Ya'la).

3.Dikabulkan Doa dan Diampuni Dosa

"Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, "Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia." (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Masuk Surga dengan Damai

"Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian." (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim)

Kemudian, untuk niat sholat tahajud sebagai berikut.

Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.

Artinya : “Aku niat salat sunat tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Selain niat sholat tahajud, berikut tata cara sholat tahajud 

1. Membaca niat sholat tahajud

2. Melakukan Takbiratul Ihram

3. Membaca doa Iftitah

4. Membaca Al-Fatihah

5. Membaca surat dalam Al-quran, Rasullullah SAW biasanya membaca surat-surat yang panjang

6. Rukuk dengan tuma'ninah sembari membaca doa rukuk

7. I'tidal dengan tuma'ninah sembari membaca doa i'tidal

8. Sujud dengan tuma'ninah sembari membaca doa sujud

9. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama

10. Pada tahiyat akhir, membaca doa tahiyat akhir

11. Melakukan gerakan salam

12. Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat dan istigfar

13. Membaca doa setelah sholat tahajud

Kemudian, untuk syarat melaksanakan sholat tahajud sebagai berikut.

Syarat yang paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud adalah dilaksanakan di malam hari usai melaksanakan sholat isya hingga sebelum waktu shubuh. Sholat tahajud ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat dengan jumlah yang tidak terbatas.

Bila ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, laksanakan sholat dua rakat sebanyak empat kali dan tutup dengan sholat witir sebanyak tiga rakaat. 

Setelah membaca niat, lakukan sholat dua rakaat dengan dua kali sujud dan satu kali salam. Jangan lupa untuk berdzikir dan berdoa serta jangan lupa untuk berserah diri kepada Allah SWT.

Sementara, untuk waktu melaksanaan sholat tahajud sebagai berikut.

Sholat sunnah tahajud dalam bahasa Arab dikatakan sebagai Sholatun Lail yang mempunyai arti sholat malam. Maka dari itu, sholat tahajud dilaksanakan pada waktu malam hari. 

Rentang waktunya dimulai dari setelah isya hingga masuknya waktu shubuh. Walaupun demikian, ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir. 

Sepertiga malam terakhir adalah lepas tengah malam sampai masuknya waktu shubuh atau sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 sebelum shubuh. 

Bila Anda mengerjakan sholat tahajud di waktu tersebut, insya Allah doamu akan terkabul oleh Allah. Kemudian ada yang mengatakan bahwa waktu pelaksanaan sholat tahajud dilakukan usai bangun tidur malam hari, tapi sebagian ulama mengatakan bahwa sholat tahajud boleh dilaksanakan tanpa tidur dulu. (aag) 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Polrestabes Semarang Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Fredy Pratama, Sabu 1Kg Disita

Polrestabes Semarang Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Fredy Pratama, Sabu 1Kg Disita

Satres Narkoba Polrestabes Semarang berhasil menggagalkan peredaran narkoba jaringan Freddy Pratama. Barang bukti sabu-sabu seberat 1 kilogram kini disita.
Ketegasan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Pedulikan Korsel, Shin Tae-yong Fokus Libas Negara Asalnya Sendiri

Ketegasan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Pedulikan Korsel, Shin Tae-yong Fokus Libas Negara Asalnya Sendiri

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. STY tidak peduli negaranya karena melatih Garuda Muda.
Gibran Rakabuming Raka Memilih Langsung Blusukan Usai Ditetapkan Jadi Wakil Presiden RI

Gibran Rakabuming Raka Memilih Langsung Blusukan Usai Ditetapkan Jadi Wakil Presiden RI

Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 oleh KPU.
Jadi Presiden dan Wapres 2024, Prabowo-Gibran akan Langsung Makan Malam Bareng Jokowi di Istana

Jadi Presiden dan Wapres 2024, Prabowo-Gibran akan Langsung Makan Malam Bareng Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada malam ini di Istana Negara
Gibran Langsung Sowan ke Ma’ruf Amin usai Ditetapkan Wakil Presiden 2024, Ini Isi Pertemuannya

Gibran Langsung Sowan ke Ma’ruf Amin usai Ditetapkan Wakil Presiden 2024, Ini Isi Pertemuannya

Gibran Rakabuming Raka langsung menemui Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin setelah ditetapkan sebagai Wakil Presiden 2024 oleh KPU di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Indonesia Unjuk Rasa di Depan MA

Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Indonesia Unjuk Rasa di Depan MA

Memasuki hari ketiga protes, sekitar seratus orang berkumpul di depan Mahkamah Agung untuk mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) massal yang dihadapi oleh karyawan PT Polo Ralph Lauren.
Trending
Media Korea Heran Shin Tae-yong Bisa Sukses dengan Timnas Indonesia, Padahal di Negaranya Dia Gagal, Katanya...

Media Korea Heran Shin Tae-yong Bisa Sukses dengan Timnas Indonesia, Padahal di Negaranya Dia Gagal, Katanya...

Kesuksesan Shin Tae-yong bawa Timnas Indonesia berprestasi di Asia membuat media Korea keheranan dengan pelatih Korsel tersebut yang justru gagal di negaranya.
Jadwal Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Keluar, Stadion Gelora Bung Karno Tetap Jadi Kandang Timnas Indonesia

Jadwal Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Keluar, Stadion Gelora Bung Karno Tetap Jadi Kandang Timnas Indonesia

Dalam jadwal yang dibagikan FIFA tersebut, Timnas Indonesia menggunakan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta sebagai kandang Garuda menjamu Irak dan Filipina. 
Bukan Pemain Naturalisasi, Jay Idzes Ungkap Kekuatan Utama Timnas Indonesia yang Bikin Semakin Dekat ke Piala Dunia 2026

Bukan Pemain Naturalisasi, Jay Idzes Ungkap Kekuatan Utama Timnas Indonesia yang Bikin Semakin Dekat ke Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia menyisakan dua pertandingan di sisa putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak dan Filipina. 
Bukan karena Regulasi FIFA, 3 Bintang Eropa Ini Harus Kubur Impian Bela Timnas Indonesia Usai Terhalang Restu dari Keluarga

Bukan karena Regulasi FIFA, 3 Bintang Eropa Ini Harus Kubur Impian Bela Timnas Indonesia Usai Terhalang Restu dari Keluarga

Sempat dihubungi PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia, para bintang Eropa ini justru abaikan panggilan bela skuad Garuda karena terganjal izin dari keluarga.
Singkirkan Thailand, Suporter Irak Ingin Jumpa Timnas Indonesia U-23 di Final Piala Asia U-23 2024

Singkirkan Thailand, Suporter Irak Ingin Jumpa Timnas Indonesia U-23 di Final Piala Asia U-23 2024

Seorang suporter Irak berharap untuk bisa berjumpa dengan timnas Indonesia U-23 di final Piala Asia U-23 2024 usai sukses menyingkirkan Thailand di fase grup.
Profil Shaun Evans: Wasit di Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan yang Pernah Bikin Satu Negara Marah

Profil Shaun Evans: Wasit di Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan yang Pernah Bikin Satu Negara Marah

Shaun Evans resmi akan menjadi wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024.
Sebenarnya Bersentuhan Suami-Istri Membatalkan Wudhu atau Tidak? Ternyata Kata Buya Yahya Begini Penjelasannya

Sebenarnya Bersentuhan Suami-Istri Membatalkan Wudhu atau Tidak? Ternyata Kata Buya Yahya Begini Penjelasannya

Buya Yahya menjelaskan soal apakah bersentuhan kulit antara suami dan istri membatalkan wudhu atau tidak di dalam Islam. Ternyata, begini penjelasan lengkapnya.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Indonesia Business Forum
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya