Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi..
Sumber :
  • Istimewa

Kabasarnas: Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 di Lapangan Kantor Pusat Basarnas, Jl Angkasa Blok B Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2023) pagi. Dalam sambutan, Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi menegaskan bahwa tema HUT tahun ini adalah Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa

“Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa merepresentasikan semangat kita, tekat kita, untuk memberikan pelayanan SAR yang terbaik kepada masyarakat,” katanya. 

Kabasarnas berharap, ke depan Basarnas terus berupaya meningkatkan kapabilitasnya. Diantaranya, melalui  peningkatkan kemampuan sumber daya manusia dengan pelatihan dan pengembangan yang lebih intensif. Memperkuat kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti kementerian/lembaga, TNI, Polri, organisasi masyarakat, dan organisasi internasional. 

Mengembangkan dan memperkuat infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi. Dan, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemberian layanan SAR agar proses penyelamatan insan manusia berhasil sesuai yang diharapkan.

Kabasarnas juga berbagai penghargaan yang diperoleh Basarnas terkait tata kelola pemerintahan dari aspek pengelolaan pegawai, aspek keuangan, aspek pelayanan publik, dan lainnya dari kementerian PAN-RB, Kementerian Keuangan, BKN, KASN, dan instansi pemerintah yang berwenang memberikan penilaian. 

Tidak hanya itu, Basarnas juga mendapat penghargaan dari ACT Consulting International yang masuk 3 besar sebagai lembaga dengan indeks implementasi harmonis dan masuk 10 besar lembaga dengan indeks implementasi BerAKHLAK.

Sementara di level dunia internasional, Basarnas juga berperan aktif pada forum International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) yang berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Basarnas juga yang menginisiasi terbentuknya tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang telah bersertifikat medium class Urban SAR (USAR). Tim INASAR telah melaksanakan perbantuan ke Turkiye yang dilanda gempa bumi dengan korban mencapai puluhan ribu orang.
 
“Kepada seluruh tim INASAR, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi saudara-saudara sekalian dalam menjalankan tugas kemanusiaan di negara asing. Selanjutnya, saya berpesan agar tim INASAR terus meningkatkan kompetensinya dan kelak dapat di tingkatkan kemampuannya ke tingkat heavy class, sehingga INASAR dapat disejajarkan dengan negara-negara besar di dunia lainnya,” ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:16
02:20
09:45
06:41
02:45
00:46
Viral