Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono Atmoharsono, S.H., M.Hum menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (17/8/2023)..
Sumber :
  • Humas BPIP

Perayaan Meriah HUT Kemerdekaan ke-78 RI di PLBN Sei Nyamuk, Sebatik, Wakil Kepala BPIP: Simbol Harmoni dan Kebersamaan di Perbatasan

Jumat, 18 Agustus 2023 - 19:45 WIB

tvOnenews.com - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Drs. Karjono Atmoharsono, S.H., M.Hum menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, atas permintaan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), dan penugasan Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A. Ph.D., upacara dilaksanakan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Wakil Kepala BPIP mengenakan pakaian adat Bugis dengan nuansa merah keemasan.

Perayaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut dilaksanakan dengan rangkaian acara yang meriah dan sarat makna, dihadiri oleh para undangan yang terdiri berbagai unsur Kemendagri/BNPP, Imigrasi, Bea Cukai, Kementerian Perhubungan Laut, perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten Nunukan, TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), IWAPI dan ormas serta Aparatur Desa, Pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA.

Selain itu, upacara turut disaksikan oleh masyarakat setempat yang memadati sekitar lokasi upacara.

Dalam sambutannya, Karjono, juga menyuarakan visi penting mengenai perkembangan ekonomi di kawasan PLBN. "PLBN harus menjadi episentrum perkembangan ekonomi. Kita harus menjadikan PLBN sebagai pintu ekspor nasional untuk membanjiri negara tetangga dengan komoditas ekspor kita," ujarnya

Wakil Kepala BPIP mengingatkan peserta upacara bahwa tema peringatan kemerdekaan tahun ini adalah "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Menurutnya, tema ini terinspirasi dari perjalanan Indonesia dalam menghadapi tantangan tiga tahun terakhir, dari pandemi COVID-19 hingga perlambatan ekonomi global.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan dan aparat negara yang menjaga dan membangun perbatasan. "Atas dedikasinya menjaga dan membangun perbatasan negara secara gotong royong," ujarnya, sambil mengucapkan terima kasih yang tulus atas upaya mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral