Aktivitas Gunung Merapi, pantauan kamera CCTV BPPTKG Yogyakarta, Selasa (7/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Gunung Merapi Luncurkan 14 Kali Guguran Lava Pijar, Maksimal Sejauh 1,3 Kilometer

Selasa, 7 Desember 2021 - 08:56 WIB

Yogyakarta, DIY - Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali meluncurkan guguran lava pijar. Dalam enam jam teramati sebanyak 14 guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1,3 kilometer ke arah barat daya. 

Dari pengamatan Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyalarta sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, secara visual Gunung Merapi tampak jelas hingga kabut 0-I.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50 m di atas puncak kawah. 

BPPTKG Yogyakarta mengamati guguran lava pijar sebanyak 14 kali jarak luncur 1300 meter kearah barat daya. Sementara data kegempaan menunjukkan gempa guguran 42 kali. Hingga kini, tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan pada Level III (Siaga).

BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan bahwa potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. 

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. 

Sementara penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral