Diterjang Banjir Bandang, Tujuh Rumah Warga Hilang Disapu Banjir.
Sumber :
  • (Tim tvone/Chaidir)

Tujuh Rumah Warga di Bener Meriah Aceh Hilang Disapu Banjir Bandang

Senin, 3 Januari 2022 - 09:51 WIB

Bener Meriah, Aceh - Puluhan warga Desa Tumbolon Kecamatan Syah Utama Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh, dini hari tadi sekitar Pukul 02:00 Wib, panik untuk menyelamatkan diri, setelah Desa mereka diterjang banjir bandang.

Air bah yang secara tiba tiba datang dengan membawa kayu kayu besar serta batuan, langsung menghantam Desa Tembolon. Akibatnya, selain puluhan hektare lahan pertanian, sebanyak tujuh rumah juga hilang disapu banjir.

Kepala Bidang Darurat Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh, Anwar Sahdi mengatakan, peristiwa banjir bandang ini terjadi dini hari tadi malam sekitar pukul 02:00 Wib. Beruntung warga sigap sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. "Peristiwa banjir bandang ini terjadi dini hari tadi malam, akibat peristiwa ini sebanyak tujuh rumah warga hilang disapu banjir," jelas Anwar Sahdi kepada awak media, Senin (3/1/2022).

Anwar juga menambahkan, selain membuat tujuh rumah warga hilang, banjir yang membawa kayu kayu besar dan berbatuan juga telah merusak puluhan hektare lahan pertanian jagung dan kopi warga. "Selain ada tujuh rumah warga yang hilang, banjir bandang ini juga telah menimbun area pertanian warga," ujar Anwar.

Untuk sementara waktu, puluhan jiwa korban bencana banjir bandang terpaksa diungsikan ke puskesmas setempat. Ia mengatakan, untuk kebutuhan makanan dan logistik lainya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat selama masa panik. "Sementara mereka yang kehilangan tempat tinggal kita ungsikan ke Puskesmas Tembolon. Sedangkan untuk kebutuhan sandang dan pangan para korban selama jangka panik disiapkan oleh pemerintah," ungkap Anwar.

Untuk memastikan kerugian atas bencana banjir bandang ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah sedang melakukan pendataan. "Guna menghitung kerugian akibat bencana ini kita sedang mendata secara rinci, nanti akan kita laporkan kepada pimpinan," tutup Anwar. (ari/tvone/Chaidir Azhar)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral