Laksamana Sukardi Luncurkan Buku 'Pancasalah'.
Sumber :
  • IST

Laksamana Sukardi Luncurkan Buku 'Pancasalah', 5 Kesalahan dalam Pengelolaan Negara

Kamis, 1 September 2022 - 18:34 WIB

Jakarta - Mantan Menteri BUMN era Megawati Soekarno Putri, Laksamana Sukardi meluncurkan karya buku berjudul "Pancasalah" di Jakarta.

"Buku ini merupakan hasil pemikiran saya yang dirangkum dari studi literatur dan berbagai diskusi formal serta diskusi tidak formal," katanya, Selasa (31/8/2022).

Menueutnya, sampai saat ini Indonesia belum mampu meningkatkan status ekonomi (kesejahteraan  rakyat) menjadi negara berpenghasilan tinggi (sejahtera)? Perekonomiannya terjebak dalam pendapatan  kelas menengah (Middle Income Trap). 

"Kalau negara ini belum bisa maju harus dilihat tata kelolanya. Misalnya dalam hal demokrasi. Bagaimana bisa peraturan yang menyangkut partai, diputuskan sendiri oleh DPR yang dikendalikan oleh partai," katanya. 

Laksana mencontohkan, salah satu kesalahan dalam negara ini, yakni tata kelola. Tata kelola sebuah negara harus baik. Sehingga kalau ada penyelewengan dalam pengelolaannya bisa dikembalikan ke tata kelola yang baik.

Kalau negara ini belum bisa maju, kata dia, harus dilihat tata kelola-nya. "Misalnya dalam hal demokrasi. Bagaimana bisa peraturan yang menyangkut partai, diputuskan sendiri oleh DPR yang dikendalikan oleh partai," katanya.

Saat peluncuran buku, juga dilaksanakan bedah buku oleh sejumlah tokoh nasional, diantaranya Eros Djarot, Yudi Latif hingga Dahlan Iskan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral