Persidangan Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat yang menangani perkara dugaan korupsi PT. Asabri.
Sumber :
  • Tim tvOne/Saiful

Tidak Konsisten, Majelis Hakim Ragukan Kesaksian Setyo Dalam Perkara dugaan korupsi PT Asabri

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:15 WIB

JAKARTA - Ketua majelis hakim di persidangan Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat yang menangani perkara dugaan korupsi PT Asabri sempat kecewa. Pasalnya, saksi Setyo Joko Santosa dalam memberikan kesaksiannya selalu berubah-ubah dan tidak konsisten dengan kesaksian di persidangan sebelumnya.

Pada persidangan sebelumnya, Setyo sempat mengatakan, dirinya mendapat perintah secara lisan dari Sekretaris Menkopolhukam, yang saat itu dijabat Brigjen Rudianto untuk mencari keberadaan Lukman Purnomosidi dan Beny Tjokrosaputro. Setyo mengungkapkannya dalam sidang Selasa 19 Oktober 2021 lalu.

Namun dalam keterangannya di persidangan kemaren, Setyo mengaku mendapat perintah dari mantan Dirut PT Asabri Sonny Wijaya untuk menghadirkan Danny Boestami , Benny Tjokro, Liem Anggie, Bety Halim dan Prem.

Kontan saja, Ketua majelis hakim, IG Eko Purwanto mempertanyakan kepada Setyo.

“Baru kemarin saya mendengar keterangan saudara , hari Senin (18/10/21) untuk perkara Sonny Widjaya dan hari Selasa ( 19/10/21) untuk perkara Adam Damiri . Ada perbedaan yang sangat saya  ingat betul, bahwa saudara mendapat perintah mencari orang-orang yang saudara sebutkan tadi bukan dari Sonny Widjaya. Ketika keterangan saudara kemarin ada yang berbeda  dengan sekarang.  Disitu pula ada yang  ditutup-tutupi dan kebohongan, " katanya saat memimpin persidangan  tersebut, Jum'at (22/10/2021), di Jakarta.

"Kenapa saudara tidak jujur saja menerangkan seperti  kemarin , bahwa saudara mendapat perintah dari Sekretaris Menkopolhukam yang bernama Brigjen Rudianto. Kenapa berbeda hari ini, keterangan saudara.?” Hakim Purwanto kembali melanjutkan ucapannya.

Dan Setyo pun menjawab sambil berusaha meluruskan kesaksiannya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral