Luapan arus Sungai Way Napal, tiga desa di Kecamatan Kelumbayan, banjir dan longsor.
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Curah Hujan Tinggi Tiga Desa di Kecamatan Kelumbayan Terendam Banjir dan Tanah Longsor

Rabu, 15 Desember 2021 - 19:38 WIB

Tanggamus, Lampung – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tanggamus, Lampung, sejak tengah malam hingga Rabu (15/12/2021) membuat Sungai Way Napal  meluap dan menyebabkan tiga desa di Kecamatan Kelumbayan terendam banjir.

Luapan arus Sungai Way Napal menggenangi perumahan, persawahan, balai pekon, jalan, sekolahan, dan fasilitas umum lainnya di Kecamatan Kelumbayan. Tak hanya genangan air, luapan sungai akibat tingginya curah hujan juga membawa material lumpur, pasir, dan pepohonan. 

Kapolsubsektor Kelumbayan Ipda Joko Wahyudi menyebutkan, setidaknya ada lima pekon terdampak banjir Sungai Way Napal, dengan ketinggian bervariasi hingga 2 meter.

“Beberapa titik yang terdampak yaitu Pekon Napal, Penyandingan, Susuk, Tunggak, dan Negeri Kelumbayan. Banjir mencapai ketinggi dua meter di Pekon Napal dan Pekon Penyamdingan hingga setengah meter.” Jelas Ipda Joko Wahyudi.

Tingginya curah juga menyebabkan longsor di Pekon Batu Patah, Paku, dan Merbau. Setidaknya delapan rumah tertimbun longsor, masing-masing rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Longsor juga menyebabkan Akses Pekon Umbar dan Paku terancam putus. 

"Untuk total rumah terdampak longsor sebanyak 8 rumah warga dengan kerugian sementara sebanyak Rp49 juta," kata AKP Oktafia Siagian, mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Atas kejadian tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Uspika dan Basarnas serta membantu gotong royong di rumah warga yang terdampak longsor. (Pujiansyah/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral