Ilustrasi Pagelaran Wayang Kulit.
Sumber :
  • Istimewa

Peringati Hari Bhayangkara ke 76, Mabes Polri Gelar Wayang Kulit Tiga Dalang

Minggu, 3 Juli 2022 - 08:20 WIB

Jakarta- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan menampilkan tiga dalang di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Sabtu, (2/7/2022) malam.

Pagelaran wayang kulit yang membawakan lakon "Semar Membangun Kahyangan" itu dibawakan oleh tiga dalang yakni Ki Yanto, Ki Anom Dwijokangko dan Ki Anom Sutrisno.

"Malam ini diselenggarakan pertunjukan wayang kulit sebagai rangkaian HUT ke-76 Bhayangkara. Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya institusi Polri mendorong pelestarian  kebudayaan khususnya wayang kulit," papar Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di sela-sela pertunjukan, Sabtu (2/7/2022) malam.

Menurut Sigit, Wayang memiliki filosofi yang mengandung banyak nasehat dan masukan bagi kehidupan masyarakat. Lakon Semar Membangun Kahyangan juga perwujudan Bangsa Indonesia dalam membangun pertumbuhan ekonomi secara global.

"Lakon ini dipilih karena Bangsa Indonesia menghadapi situasi ketidakpastian  hampir dua tahun pandemi, dan situasi global perang Ukraina dengan Rusia yang berdampak pada masalah energi pangan,"imbuhnya.

Pesta rakyat berlangsung dari pukul 19.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB juga disemarakkan dengan sajian kuliner gratis bagi warga yang menonton pertunjukan wayang. 

Ada 50 lebih pedagang kuliner yang menjajakan aneka makanan mulai dari bakso, sate ayam, kerak telor, angkringan, gule tikungan (gutik), wedang jahe, tahu genjrot, nasi goreng, siomay, bakmi Gunung kidul, dinsum, dan masih banyak lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral