Nadiem Makarim.
Sumber :
  • Instagram @kemendikbud.ri

Mendikbudristek Nadiem Makarim Luncurkan Skema Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

Rabu, 7 September 2022 - 17:22 WIB

Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meluncurkan transformasi baru seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Merdeka Belajar episode 22 pada hari ini, Rabu (7/9/2022).

Program ini menerapkan menjadi langkah awal dalam penerapan skema seleksi masuk PTN terbaru.

“Transformasi seleksi masuk PTN ini dibutuhkan untuk menyambungkan transformasi kebijakan yang telah dilakukan di pendidikan dasar dan menengah, dan pendidikan tinggi,” ucap Nadiem Makarim dalam siaran pers di akun YouTube KEMENDIKBUD RI, Rabu (7/9/22).

Ia menyebut seleksi tersebut untuk memastikan terjadinya transformasi pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi. 

“Saat ini kita punya tiga jalur seleksi yakni seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi secara mandiri oleh PTN,” ucap Nadiem Makarim.

Pada seleksi nasional berdasarkan prestasi, sebelumnya memisahkan calon mahasiswa berdasarkan jurusan pada pendidikan menengah. Akibatnya peserta didik tidak punya kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan aspirasi kelasnya.

Kemudian hanya mata pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi tersebut. Hal itu berdampak pada mata pelajaran lain menjadi dianggap tidak terlalu penting dan fokus belajar tidak menyeluruh.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:35
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
Viral