Tips Konsumsi Labu Siam untuk Menurunkan Kolesterol

Kamis, 9 November 2023 - 11:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam adalah salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang enak dan manis.

Sayuran ini mudah diolah. Selain dimakan langsung sebagai lalap ataupun direbus, masyarakat umumnya menjadikan sayuran ini sebagai bahan dasar untuk sayur lodeh.

Labu siam tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori.

Labu siam adalah salah satu jenis sayur yang sering dimakan masyarakat Indonesia dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol hingga kanker.  

Hal ini dikarenakan dalam labu siam terdapat kandungan antioksidan yang terbukti ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol dan risiko penyakit jantung.  

Tak hanya itu, labu siam juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi dan fosfor. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa labu siam memiliki sifat anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukimia. 

Manfaat labu siam yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Tak hanya tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks.  

Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal.  (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral