Maraknya Bule Nakal di Bali akan Ditindak Keras bahkan Cabut Visa

Kamis, 16 Maret 2023 - 09:16 WIB

Bali, tvOnenews.com - Menanggapi permohonan usul pencabutan visa on arrival bagi wisatawan asal Rusia dan Ukraina yang diminta oleh Gubernur Bali yakni I Wayan Koster, pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali menyatakan hal tersebut tidak menjamin dapat mengendalikan perilaku nakal wisatawan yang berlibur di Bali.

Pihaknya juga menambahkan telah mendeportasi sejumlah wisatawan asal Rusia dalam 3 bulan terakhir.

Sebelumnya, guna menindak wisatawan asing nakal yang mengunjungi Bali, Gubernur Bali I Wayan Koster mengusulkan pemerintah pusat mencabut visa on arrival bagi wisatawan asal Rusia dan Ukraina. Usulan ekstrim tersebut menuai perhatian internasional.

Menanggapi permohonan Gubernur Bali I Wayan Koster tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM provinsi Bali Anggiat Napitupulu menyatakan keputusan pencabutan visa on arrival merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Dalam hal ini melibatkan sejumlah kementerian diantaranya Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri. Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Maritim dan Investasi.

Sejak Januari hingga Maret, sebanyak 17 warga negara asing asal Rusia telah dideportasi. Sementara itu data Kanwil Kumham Bali mencatat sejak Januari 2023 dari 74.000 wisatawan Rusia yang datang dan pergi dari dan keluar Bali, sebanyak 22.000 orang masih memiliki izin tinggal aktif.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral