Bansos Tantangan Mensos | Kabar Siang di Lokasi tvOne

Senin, 4 Januari 2021 - 13:51 WIB

Jakarta - Penyaluran bantuan sosial alias bansos di masa pandemic, masih menyisakan banyak masalah / sepeninggal mantan menteri sosial Juliari Batubara yang ditangkap KPK karena tersandung kasus korupsi.

Tidak hanya dikorupsi, proyek bansos ini juga tak tersistem dengan baik sehingga membuat rugi banyak vendor penyedia barang nya.

Kerugian vendor bermacam-macam, diantaranya banyak paket bansos yang terlantar karena dibatalkan sepihak. fakta ini terkuak setelah sebuah video viral meski dengan narasi kedaluwarsa yang ternyata keliru.

Kini nakhoda kemensos beralih ke tangan Tri Rismaharini yang sudah mulai blusukan bertemu warga yang kurang mampu di ibu kota.

Risma pun mengubah skema bansos menjadi bantuan tunai dengan cara ditransfer. Hal ini dilakukan Mensos Risma agar tepat sasaran dan tak dikorupsi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapai skema baru Mensos Baru Risma, sejumlah pertanyaan pun muncul, apakah skema baru tersebut sudah tepat dengan dilakukan pembayaran Tunai. Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Center for Budjet Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menilai rencana Kemensos mengubah bansos menjadi duit cash akan membuat para pejabat pusat dan para pengusaha tidak bisa memankan dana bansos.

Namun meski skema baru tersebut dapat mencegah dana bansos di korupsi para pejabat dan pihak yang tidak bertanggung jawab, namun ucok khawatir jika korupsi tersebut justru pindah ke pejabat-pejabat yang ada di Daerah.

“Yang saya takutin korupsinya pindah ke daerah, ke desa, di desa itu pendataan-pendataan yang dilakukan oleh pejabat desa dalam menentukan apakah warga tersebut miskin atau tidak. Nah disitulah celah korupsinya, pejabat desa bisa meminta uang kepada warga jika ingin masuk dalam daftar penerima bantuan.” Jelas Khadafi

Selain itu, anggaran dana yang telah disalurkan dari pusat, biasanya dipotong-potong oleh pejabat desa, sebelum disalurkan kepada warga. Lanjut khadafi.

Uchok Sky Khadafi berharap, jika Mensos Risma dan jajaranya tetap menjalankan skema baru dengan mentransfer uang  secara tunai, Uchok menyarakan untuk mencari mekanisme lain, misalnya melalui mekanisme perbankan. Uang cash bansos harus langsung ke masyarakat, bisa melalui perbankan atau kantor pos. (mii)

 

Lihat Juga: Mensos Risma: Bantuan Tunai Jangan Dipakai Beli Rokok, Kami akan Pantau! | tvOne Minute

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral