Derita Tambahan Rakyat, Premium Pertalite Dihapus, Harga Elpiji Naik | EcoFlash

Senin, 27 Desember 2021 - 21:03 WIB

Rencana Pemerintah untuk menghapus BBM jenis Premium dan Pertalite mendapatkan dukungan dari DPR RI. Namun demikian Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno berpendapat langkah Pemerintah menghapuskan bahan bakar minyak jenis Premium dan Pertalite harus dilakukan secara bertahap dengan sosialisasi yang tepat.

Pemerintah juga diminta memberikan insentif bagi BBM beroktan tinggi seperti Pertamax agar selisih harga dengan Premium tidak terpaut jauh dan memberatkan serta menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Rencananya mulai tahun 2022, Pemerintah akan mengganti BBM jenis Premium yang beroktan rendah ke oktan yang lebih tinggi seperti Pertamax yang dinilai lebih ramah lingkungan. Sebelumnya penghapusan BBM beroktan rendah jenis Premium sudah diperlakukan di beberapa daerah di Jawa dan juga Sumatera.

Sementara itu wacana penghapusan BBM jenis Premium dan Pertalite mulai tahun 2022 ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Meski belum ada keputusan resmi dari Kementerian ESDM wacana tersebut mulai membuat konsumen khawatir.

Sejumlah konsumen menilai penghapusan kedua jenis BBM tersebut akan memberatkan masyarakat karena nantinya harus membeli BBM dengan harga yang lebih tinggi. Jika benar rencana tersebut diberlakukan Pemerintah diminta dan harga jual Pertamax agar tidak terlalu mahal. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral