Menlu Sambut Kedatangan WNI dari Ukraina

Kamis, 3 Maret 2022 - 18:14 WIB

Tangerang, Banten - Warga negara Indonesia yang telah dievakuasi dari Ukraina telah tiba di tanah air melalui bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sebanyak 99 WNI setelah dievakuasi dari Ukraina oleh tim Kementerian Luar Negeri Indonesia yang berkomunikasi dengan berbagai pihak berwajib di Ukraina, Rusia, dan Palang Merah Internasional.

Selain 99 warga negara Indonesia telah dapat dievakuasi, ada juga lima orang warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI ini yang ikut datang ke tanah air.

Proses evakuasi tentu cukup dramatis dan juga berlangsung panjang. Dimana mereka tidak bisa langsung bisa dievakuasi karena pada saat itu membutuhkan waktu untuk pemeriksaan di sekitar 25 pos pemeriksaan. Kemudian juga mereka ini harus melewati daerah perbatasan Ukraina hingga akhirnya tiba di Bucharest, Romania sehingga akhirnya mereka bisa dievakuasi ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa proses evakuasi terdiri dari empat fase. Sebelumnya pada 27 Februari membawa 25 warga negara Indonesia yang terdiri dari 24 perempuan dan juga seorang anak yang masih berusia 12 tahun. Mereka terlebih dahulu tiba di Bucharest dari Odessa, Ukraina. Kemudian 25 warga negara Indonesia tersebut melanjutkan ke fase selanjutnya yakni dibawa ke Romania dan juga Moldova.

99 warga negara Indonesia ini merupakan pekerja dan juga pelajar yang tengah menuntut ilmu di Ukraina. Begitu datang mereka juga harus mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan isolasi. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral