Korban gempa Garut.
Sumber :
  • Istimewa

6 Fakta Mengejutkan Terkait Gempa Garut yang Ternyata Lebih Kuat Dibanding Gempa Cianjur!

Minggu, 4 Desember 2022 - 09:46 WIB

Jakarta – Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat. Gempa Garut ini dapat dirasakan di beberapa tempat, salah satunya Jakarta. (3/12/2022)

Waktu terjadinya gempa ini sekitar pukul 16.49 WIB dan cukup menggemparkan dunia maya. Meski begitu, banyak berita simpang siur yang beredar terkait gempa Garut.

Salah satunya mengenai kekuatan gempa yang awalnya diperkirakan bermagnitudo 6,4 namun kemudian dianulir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi 6,1.

Gempat Garut ini viral di media sosial namun terkait foto-foto mengenai kondisi pasca gempa mayoritas salah. Pasalnya, tidak sedikit warganet yang mengunggah foto-foto gempa Cianjur dan menuliskan gempa Garut dalam rekaman gambar tersebut.


BPBD Kota Sukabumi Monitoring Gempa Garut | tim tvOne/Rizki Gustana

Terkait gempa Garut ada beberapa fakta yang diketahui:

Pusat gempa

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu menyebut pusat gempa berada di barat daya kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

Lokasi tepatnya berada di koordinat 7.49 lintang selatan dan 107.58 bujur timur.

Tidak berpotensi tsunami

Bukan hanya kekuatan gempa, BMKG juga mengamati bahwa ternyata gempa Garut tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Hal ini karena gempa Garut kedalamannya ke bawah sehingga tidak berpotensi menyebabkan gelombang.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral