Aksi May Day Serikat Buruh di depan Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Senin (1/5/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Aksi May Day di Jawa Tengah Serikat Buruh Berikan Enam Tuntutan

Senin, 1 Mei 2023 - 21:15 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Serikat buruh menggelar aksi unjuk rasa serentak di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Senin (1/5/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional.

Aksi terpusat digelar di depan Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Tengah. Selain Jawa Tengah, Aksi May Day di tahun 2023 ini juga berlangsung serentak di DKI Jakarta maupun di masing-masing ibukota Provinsi di Indonesia.

Ketua Exco Provinsi Partai Buruh Jateng, Aulia Hakim mengatakan, ada enam tuntutan dalam aksi unjuk rasa yang diikuti oleh para buruh. Tuntutan pertama yakni permintaan dicabutnya UU Omnibus Law Cipta Kerja dan Kesehatan.

“Sejatinya peringatan May Day adalah perjuangan yang saat ini masih kita lakukan khususnya pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja,” ujarnya dalam keterangan yang diterima.

Selanjutnya yakni Pemerintah didesak untuk mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Kemudian pemerintah wajib mewujudkan Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan.

“Kedaulatan Pangan yang kami maksud seperti yang dikembangkan Serikat Petani Indonesia (SPI) sebagai bagian dari Partai Buruh,” jelasnya.

Lalu pemerintah diminta untuk mencabut Undang-Undang terkait Parliamentary Threshold 4 persen.

“Parliamentary threshold dan presidential threshold menurut kami menghidupkan kembali demokrasi terpimpin dan mempertahankan oligarki partai politik. Dalam simulasi bilamana partai politik dalam Pemilu 2024 mendapatkan 30-40 kursi di DPR RI, maka ada kemungkinan tidak lolos parliamentary threshold. Karena meskipun mendapatkan 30 - 40 kursi DPR RI, tetapi bisa saja suara yang didapat di bawah 4% suara sah nasional," terangnya.

Yang terakhir masyarakat wajib memilih Presiden 2024 yang berpihak kepada buruh dan pekerja lainnya. Menurutnya, semua tuntutan ini harus tercapai agar masyarakat sejahtera.

“Kami partai buruh jawa tengah menyampaikan mekanisme pemilihan Capres dari Partai Buruh ada tiga tahap yakni, Rakernas, Konvensi dan rapat Presidium. Hal ini seirama dengan hasil Rapat Kerja Nasional Partai Buruh pada tanggal 14-17 April 2023 di Jakarta. Dimana Rakernas Partai Buruh menjaring empat nama sebagai Calon Presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Najwa Shihab, dan Anies Baswedan,” imbuhnya.(dcz/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral