Adipati Mangkunegara X (kanan) bersama dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming usai melakukan pertemuan di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (31/8/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Sukses Raup Cuan 3 Miliar dari Pameran UMKM, Gibran Gandeng Pura Mangkunegaran Gelar Bulan Batik

Kamis, 31 Agustus 2023 - 12:23 WIB

Solo, tvonenews.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pameran UMKM pada hari UMKM Nasional beberapa waktu lalu berhasil meraup keuntungan Rp3 miliar. Berkaca pada hal itu, kali ini Gibran menggandeng Pura Mangkunegaran Surakarta dan pelaku UMKM Solo untuk menyelenggarakan bulan batik pada Oktober mendatang.

"Di Hari UMKM Nasional kemarin transaksinya mencapai Rp3 miliar selama tiga hari. Apalagi September-Oktober nanti di Mangkunegaran tidak berhenti. Jadi ini bagus sekali," kata Gibran usai bertemu dengan penguasa Mangkunegaran Adipati Mangkunegara X, di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (31/8/2023).

Gibran juga menegaskan bahwa selama ini Pura Mangkunegaran sudah terbukti mampu mengangkat UMKM supaya lebih berkembang.

Sementara itu, Adipati Mangkunegara X mengatakan pihaknya akan melibatkan sejumlah pelaku UMKM di Solo untuk menyelenggarakan bulan batik pada Oktober 2023.

"Kami akan menyelenggarakan di Mangkunegaran. Setelah ini nanti September, Oktober ada bulan batik. Setiap minggu akan ada banyak kegiatan di Mangkunegaran," kata Adipati Mangkunegara X.

Ia mengatakan nantinya beberapa kegiatan yang diselenggarakan mulai dari pameran hingga peragaan busana yang akan dilakukan di Taman Pracima Tuin.

Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan komunitas asal Jakarta untuk mengusung hari batik. "Jadi kami akan buat rangkaian selama satu bulan batik. Nanti akan padat acara," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral