Banjir rob di Pelabuhan Tanjung Mas.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Kembali Diterjang Banjir Rob Selutut, Aktifitas Pekerja dan Bisnis Terganggu

Selasa, 21 Juni 2022 - 20:15 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Banjir pasang air laut atau rob kembali menerjang kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sejak kemarin hingga Selasa (21/6/2022) malam ini. Meski tak setinggi banjir rob sebulan lalu akibat tanggul jebol, tapi banjir rob di Tanjung Emas kali ini juga sangat mengganggu aktifitas pekerja dan operasional di kawasan pelabuhan.

Pantauan tvOne, luapan air laut hampir setinggi lutut orang dewasa mengenangi area pintu 4 pelabuhan Tanjung Emas. Begitu juga area pemukiman dekat pelabuhan rakyat. Air rob masuk hingga perkampungan dan rumah warga.

Petugas dari SAR Semarang tampak terus berjaga-jaga di sekitar pelabuhan dan pemukiman warga. 

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto mengatakan, personel yang berjaga-jaga di kawasan pelabuhan untuk mengantisipasi jika terjadi banjir bandang dan butuh evakuasi seperti kejadian sebulan lalu. 

"Di dekat mercusuar itu kan ada kapal Basarnas yang bersandar, dan ada person yang selalu berjaga dan terus memantau perkembangan. Sehingga saat dibutuhkan bisa bergerak cepat," jelasnya, Selasa (21/6/2022)

Hingga malam ini, genangan air rob masih menggenangi kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang meski agak surut dibanding Selasa siang. Warga setempat mengatakan, pola rob memang begitu, jika siang air akan naik dan malamnya turun. 

"Kemungkinan besok dan beberapa hari berikutnya akan begitu," kata Jumadi, warga kampung Kemijen yang menjadi langganan rob. (tjs/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral