ratusan warga berebut tumpeng raksasa di Hari Jadi Kabupaten Trenggalek.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Ratusan Warga Berebut Berkah Tumpeng Raksasa di Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke 829

Jumat, 1 September 2023 - 12:20 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com — Ratusan warga dari berbagai penjuru Kabupaten Trenggalek saling berebut berkah dari tumpeng raksasa pada prosesi peringatan Hari Jadi ke 829 Trenggalek. 

Aksi saling dorong untuk bisa mendapatkan nasi tumpeng dan aneka hasil bumi tak terelakkan, saat panitia mengarak tumpeng raksasa dengan hasil bumi tersebut. Warga percaya jika memakan tumpeng agung tersebut, akan membawa berkah tersendiri.

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar prosesi kirap tumpeng raksasa dan hasil bumi  sebagai puncak Hari Jadi ke 82 Trenggalek. Ribuan warga memadati jalur utama Trenggalek untuk menyaksikan arak-arakan kirab pusaka dan tumpeng raksasa.

Salah satu yang paling ditunggu masyarakat, adalah rebutan tumpeng raksasa yang berisi nasi kuning, ayam lodho, aneka hasil bumi dan sayur-sayuran.

Bahkan untuk tahun ini Pemkab Trenggalek menyiapkan ratusan bibit tanaman buah untuk dibagikan ke masyarakat Trenggalek.

Prosesi kirab dimulai dari puluhan foto para mantan bupati dan wakil bupati yang pernah memimpin Trenggalek dari masa ke masa, serta tujuh pusaka kabupaten. Beberapa pusaka tersebut antara lain tombak koro welang, prasasti kamsyaka, dan sejumlah pusaka lainnya.

Dalam kirab ini juga ikut diarak sebuah tumpeng raksasa. Saat melakukan kirab mengelilingi Kota Trenggalek, Bupati Trenggalek dan para forkopimda membagikan bibit tanaman ke warga sepanjang jalan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral