kasus DBD meningkat, petugas fogging rumah warga.
Sumber :
  • tim tvone - verros

Kasus DBD Capai 29 Orang, Petugas Kesehatan di Pamekasan Lakukan Fogging Rumah Warga

Rabu, 13 Desember 2023 - 14:36 WIB

Pamekasan, tvOnenews.com - Meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Rabu (13/12), petugas dari Puskesmas Sopaah melakukan fogging ke rumah-rumah warga. 

Penyemprotan asap atau fogging secara dini ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus DBD. Saluran air dan tempat-tempat ternak yang disinyalir jadi tempat berkembangnya nyamuk DBD dilakuan fogging. Begitu pula di sejumlah sudut rumah warga, khusus rumah warga yang terjangkit DBD menjadi sasaran utama. 

Kepala Puskesmas Sopaah Pademawu, Bambang Kurniadi mengungkapkan, fogging ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus DBD di wilayah setempat, karena sudah ada dua orang warga dirawat terjangkit Demam Berdarah Dengue.

“Fogging dini kami lakukan untuk menekan lonjakan kasus DBD melihat saat ini masuk musim hujan. Selain itu juga selama bulan Desember 2023 angka DBD di wilayah Puskesemas Sopaah mencapai 29 orang," ungkap Bambang Kurniadi, Kepala Puskesmas Sopaah. 

Menurutnya, fogging tersebut bukan langkah terakhir untuk memberantas demam berdarah, melainkan dengan cara 3M, yaitu menguras, menutup dan mendaur ulang barang yang menjadi sarang bintik nyamuk DBD. 

"Dari beberapa kasus DBD ini tidak ada yang meninggal dunia," terangnya. 

Bambang menghimbau kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sering-sering membersihkan tempat atau barang yang menjadi sarang nyamuk demam beedarah. Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, sejak awal tahun hingga bulan Desember 2023, kasus DBD mencapai 314 orang. (vaf/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral