kasus dbd naik di awal 2022.
Sumber :
  • tim tvone - verros

Waspada! Musim Hujan Kasus DBD Naik, Mayoritas Menyerang Anak-anak

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:41 WIB

Pamekasan, Jawa Timur - Awal tahun 2022, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, mencapai 43 kasus, 3 pasien meninggal dunia

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pamekasan, Hidayat. Data kasus DBD tersebut diambil dari laporan beberapa puskesmas dan rumah sakit di wilayah Pamekasan. 

"Awal Januari 2022 hingga saat ini, di Pamekasan sudah mencatat ada 43 pasien kasus DBD dan tiga orang  meninggal dunia," kata Kabid P2P Dinkes Pamekasan. 

Kasus DBD bisa dikatakan sering terjadi saat memasuki musim penghujan dan sifatnya musiman. 

"Kami Dinkes Pamekasan sebelumnya sudah memberikan sosialisasi dan penyuluhan pendidikan kesehatan kepada masyarakat tentang pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan melakukan 3 M, misalnya menguras dan menutup penampungan air serta mengubur barang - barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk," terangnya. 

Menurut Hidayat, gejala terjangkit DBD terutama terhadap anak-anak biasanya suhu panas badannya lebih dari 38 derajat Celsius, kurangnya nafsu makan dan sering rewel. 

"Jika suhu tubuh anaknya mencapai 38 derajat celcius dan tidak turun meski sudah dikasih obat selama 2 hingga 3 hari, sebaiknya anak tersebut segera dibawa ke tenaga kesehatan baik ke puskesmas atau rumah sakit, agar korban tersebut segera ditangani dengan baik," pungkasnya. (Verros Afif/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral