Cabai rawit di pasar Kronong Mayangan Kota Probolinggo.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Cabai Rawit Tembus Rp120 Ribu per Kilogram, Omzet Pedagang Turun Drastis di Pasar Kronong Probolinggo

Kamis, 23 Juni 2022 - 06:55 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Harga cabai rawit di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Probolinggo terus merangkak naik. Dalam tiga hari terakhir menembus di harga Rp110-120 ribu per kilogram.

Akibatnya daya beli masyarakat dan omzet penjual menurun drastis. Para ibu rumah tangga serta pedagang kecil mengaku kelimpungan dan resah dengan kenaikan harga cabai yang semakin pedas ini. Kamis (23/6/2022).

Heru salah satu pedagang di pasar Kronong Mayangan mengatakan, harga sejumlah kebutuhan komoditi juga ikut naik hal itu terjadi karena terjadinya cuaca yang tidak menentu serta mendekati datangnya hari raya Idul Adha.

"Harga cabai merah besar juga naik menjadi Rp 55 ribu per/Kg, sementara cabai rawit hijau juga naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram," katanya.

Jika kenaikan harga kebutuhan sayuran tak terkendali, sejumlah pedagang terancam gulung tikar karena omzet penjualannya menurun drastis.

" Ya, pedagang hanya bisa pasrah. Pihak terkait harus segera turun tangan mengendalikan harga-harga di pasaran," ujarnya.

Wati seorang pembeli mengaku, terpaksa mengurangi penggunaan cabai dalam sepekan terakhir. Selain harganya terlalu mahal juga menyesuaikan jumlah uang belanjanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral