Dua nasabah bobol kredit di PD BPR Kota Kediri senilai 1 miliar rupiah.
Sumber :
  • tim tvone - yusuf

Dua Orang Sopir di Kediri Membobol Kredit di PD BPR Senilai 1 Miliar Rupiah, Dua Orang Dalam Terlibat

Jumat, 22 Juli 2022 - 18:13 WIB

Kediri, Jawa Timur - Dua nasabah berinisal ES dan CA, membobol kredit di Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Kota Kediri senilai Rp1 miliar. Ironisnya, kedua nasabah ini hanya seorang sopir di perusahaan swasta.

Dalam menjalankan aksinya, ES dan CA memalsukan identitas pribadi dengan mengaku sebagai pemilik perusahaan swasta. Keduanya juga memalsukan surat jaminan dengan nilai lebih besar dari aslinya.

Kasus ini terbongkar setelah ada laporan kredit macet di BPR Kota Kediri ke Kejaksaan Negeri Kota Kediri. Setelah dilakukan penyelidikan, ditemukan banyak kejanggalan dalam proses pengajuan kredit.

Kejaksaan Negeri Kota Kediri akhirnya menetapkan tersangka dalam kasus kredit macet tersebut. Mereka, dua nasabah, ES dan CA serta dua pegawai PD BPR Kota Kediri bagian account officer (AO) berinisial YS dan AM.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Novika Muzairah Rauf mengatakan, keempat tersangka bersama-sama melakukan penyimpangan penyaluran kredit di BPR Kota Kediri tahun 2016. Kasus terbongkar setelah terjadi kredit macet yang merugikan keuangan BPR milik Pemkot Kediri hingga Rp1 miliar.

"Kami yakin ada pihak lain yang terlibat dalam kasus ini. Untuk sementara yang cukup alat bukti ada empat orang tersangka," tegas Novika pada jumpa pers, Jumat (22/7). 

Novika membeberkan modus operandi para tersangka dalam menggarong uang negara, yaitu tersangka CA dan ES mengajukan pinjaman ke BPR melalui AO.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral