Koordinator divisi pencegahan, partisipasi dan hubungan masyarakat (Humas) Bawaslu Sumbar Muhamad Khadafi (ANTARA/ HO Bawaslu Sumbar).
Sumber :
  • Antara

Bawaslu: Sumbar Miliki Kampung Pengawasan di 14 Kabupaten dan Kota

Minggu, 11 Juni 2023 - 08:25 WIB

Padang, tvOnenews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat memilikI kampung pengawasan yang tersebar di 14 kabupaten/kota di daerah itu sehingga potensi kecurangan pemilu dapat dioptimalkan pada Pemilu 2024.

"Kehadiran kampung pengawasan ini tentu akan membuka ruang diskusi untuk meningkatkan pengawasan dan pencegahan pelanggaran pemilu," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Bawaslu Sumbar, Muhamad Khadafi di Padang, Sabtu (10/6/2023).

Dalam membangun kesadaran politik bisa melibatkan pengurus partai untuk mengedukasi agar masyarakat cerdas sehingga dapat menekan angka dan bentuk pelanggaran.

Ia mencontohkan soal politik uang, jika masyarakat memahami aturan dan sanksi dari praktik politik uang, maka masyarakat yang memiliki hak pilih bisa terhindar dari persoalan hukum.

"Penerima politik uang yakni masyarakat bisa dapat dikenakan sanksi juga, apalagi partai politik atau peserta Pemilu melakukan tersebut," katanya.

Dirinya berharap Pemilu harus menjadi fokus bersama, karena pesta demokrasi ini akan menentukan dan memilih pemimpin yang diharapkan sesuai dengan yang diinginkan publik.

Makanya, semua unsur harus dilibatkan dengan baik agar sasaran dan target yang diinginkan terhadap Pemilu dapat terlaksana dengan baik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral