Warga di Bandar Lampung menciptakan alat sederhana ini yang sangat aman, efektif dan efisien, dalam proses penyembelihan hewan kurban.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Inovatif! Warga Ciptakan Alat Perebah Sapi, Proses Penyembelihan Hewan Kurban Lebih Praktis dan Mudah

Kamis, 29 Juni 2023 - 16:13 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Panitia penyembelihan hewan kurban Musala Khairul Makmur di Perumahan Indah Sejahtera 2, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung menggunakan perangkat praktis untuk menyembelih hewan kurban.

Warga setempat menciptakan alat sederhana ini yang sangat aman, efektif dan efisien, dalam proses penyembelihan hewan kurban. Perangkat praktis untuk merebahkan sapi ini dibuat atas inisiatif panitia Idul Adha bersama warga.

Alat yang terbuat dari besi mirip kandang sapi ini terdiri dari rangkaian-rangkaian besi yang dibentuk menyerupai gerobak dengan panjang 2,5 meter dan lebar 1 meter.

Cara kerja alat ini cukup simpel. Sapi yang hendak disembelih dimasukkan ke dalam rangka besi tersebut, selanjutnya tali pada bagian kepala sapi ditempelkan pada besi di bagian samping, begitu juga dengan tubuh dan kedua kaki sapi. Diikat pada rangka besi di sebelah kiri sapi.

Setelah semua anggota tubuh sapi diikat, barulah rangka besi tersebut direbahkan bersama dengan tubuh sapi yang sudah diikat. Setelah disembelih tubuh sapi tinggal dipindahkan ke tempat pengulitan.

"Alat ini dilengkapi dengan roda di bagian samping. Ketika direbahkan, roda tersebut berada di posisi bawah sehingga bisa digunakan untuk memindahkan sapi ke lokasi yang diinginkan," kata Anton Sugiyopranoto, Ketua Panitia Kurban RT11 Sukarame, Kamis (29/6/2023).

Ia menambahkan, alat ini terbukti aman bagi petugas penyembelihan hewan kurban. Saat direbahkan, sapi yang akan disembelih  tidak berontak karena diperlakukan tidak dengan kasar. Tak jarang, saat dijerat sapinya mendadak berontak dan membahayakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral