TPA RKE Sungai Penuh Jambi.
Sumber :
  • Arizal

Warga Protes Pemkot Sungai Penuh Buang Sampah di Kawasan Hutan Produksi

Minggu, 9 Januari 2022 - 13:29 WIB

Sungai Penuh, Jambi - Persoalan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Renah Kayu Embun (RKE), Kecamatan Kumun Debai tidak hanya ditentang oleh masyarakat. Bahkan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi melalui KPHP Kerinci dan Sungai Penuh juga telah lama mengingatkan Pemkot Sungai Penuh.

Pasalnya, lokasi TPA di RKE tersebut masuk dalam kawasan Hutan Produksi, dan dilarang keras adanya aktivitas pembuangan sampah. Bahkan KPHP sudah menyurati Wali Kota Sungai Penuh, namun hingga kini tak kunjung ada balasan.

Kepala KPHP Kerinci dan Sungai Penuh, Neneng Susanti, mengatakan bahwa lokasi TPA di RKE yang sebagian merupakan kawasan hutan produksi itu tidak cocok sebagai TPA sampah.

"Ya, di sana (TPA RKE,-red) masuk dalam kawasan hutan produksi, tapi juga ada beberapa bagian di RKE bukan termasuk hutan produksi. Sebagai tempat pembuangan sampah, di situ sangat tidak cocok," ungkapnya.

Dikatakannya, terhadap aktivitas pembuangan sampah di RKE tersebut, beberapa waktu lalu pihaknya sudah menyurati Pemkot Sungai Penuh untuk menghentikan aktivitas tersebut.

"Surat pertama tertanggal 5 Oktober 2021, setelah itu kita juga mengirim surat kepada Wali Kota untuk audiensi namun tidak mendapat balasan jadwal audiensi," sebut Neneng. 

Terhadap hal tersebut, lanjut dia, pihak KPHP Unit 1 Kerinci tidak akan tinggal diam. Bahkan akan mendatangi langsung Kantor Wali Kota dalam waktu dekat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral