Para pemanah tradisional ikuti Jogja Traditional Archery Festival di Lapangan Kenari..
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Ratusan Pemanah dari Berbagai Daerah Ikuti Festival Panahan Tradisional - Jogjakarta

Minggu, 18 Juni 2023 - 12:51 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Ratusan pemanah dari seluruh Indonesia berkumpul mengikuti Festival Panahan Tradisional - Jogjakarta (Jogja- Traditional Archery Festival) yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY dengan dukungan Puro Pakualaman dan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani DIY), Sabtu (17/6) di Lapangan Panahan Kenari Yogyakarta. Selain itu, kegiatan ini sekaligus memperingati Hadeging ke-211 Masehi Kadipaten Pakualaman .

Panahan tradisional termasuk kegiatan olahraga khas Kerajaan Mataram atau dikenal dengan jemparingan gaya Mataram Ngayogyakarta. Busur panahnya pun terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, yakni terbuat dari kayu dan bambu, bukan menggunakan material buatan pabrik.

Salah satu peserta dari Komunitas Taman Sriwedari Surakarta, Eddy Roostopo mengungkapkan rasa bangga dan senang karena masih banyak orang yang ikut melestarikan panahan tradisional ini.

Eddy Roostopo juga merupakan atlet panahan tradisional yang meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu dengan rekor jarak 50 meter pada PON XI tahun 1985 di Jakarta.

"Saya ingin menyebar virus jemparingan di seluruh nusantara sehingga mereka bisa jemparingan. Tidak hanya jemparingan dengan gaya Mataram, silahkan (panahan) dari berbagai daerah bisa diterapkan," katanya.

Menurutnya, panahan tradisional ini juga dibutuhkan oleh siswa-siswi mulai dari Sekolah Dasar (SD).Dengan belajar memanah, anak menjadi fokus.

''Terutama anak-anak dari SD sudah belajar memanah. Panahan tradisional ini membuat anak menjadi  fokus dalam menerima pelajaran di sekolah dan nilai akan bagus. Selain itu, untuk para pekerja pun bisa refreshing di sini sebab dapat menambah ketelitian dalam pekerjaan. Ini sungguh sangat luar biasa jika diikuti," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral