B.P.H. Kusumo Kuntonugroho (dengan nama kecil R.M. Bhismo Srenggoro Kunto Nugroho) dengan dr. Laily Annisa Kusumastuti yang akan melangsungkan pernikahan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

KGPAA Paku Alam X Mantu, Ciptakan Batik Sakral Mengacu Kecerdasan Bathara Indra

Kamis, 4 Januari 2024 - 09:34 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Kadipaten PakualamanYogyakarta dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Dhaup Ageng atau upacara pernikahan agung putra kedua Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X dengan Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam.

Proses pernikahan putra kedua Paku Alam X yaitu B.P.H. Kusumo Kuntonugroho (dengan nama kecil R.M. Bhismo Srenggoro Kunto Nugroho) dengan dr. Laily Annisa Kusumastuti akan berlangsung di Kagungan Dalem Pura Pakualaman Yogyakarta.

GKBRAA Paku Alam menyampaikan, tema Dhaup Ageng putranya mengacu kecerdasan Bathara Indra.

Karakter utama Bathara Indra adalah sifat kecendekiawanannya yaitu gemar belajar dan selalu termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri.

Perwujudan kecerdasan Bathara Indra direpresentasikan dalam sebuah wastra batik dengan motif Indra Widagda. Bersumber dari teks Asthabrata dalam naskah Kuno Sestradisuhul (1847).

Pesan moral dalam motif batik tersebut diharapkan dapat menjadi penuntun kecerdasan pikir dan hati kedua calon mempelai pengantin dalam kehidupan sehari-hari.

Selain kedua calon mempelai pengantin, batik Indra Widagda juga akan dikenakan oleh orang tua calon pengantin, sentono, kerabat hingga abdi dalem.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral