Rektor UII Yogyakarta, Prof Fathul Wahid mewakili sivitas akademika UII Yogyakarta menyerukan pernyataan sikap Indonesia Darurat Kenegarawanan Jelang Pemilu 2024, Kamis (1/2/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Dipimpin Langsung Rektor, UII Yogyakarta Serukan Indonesia Darurat Kenegarawanan pada Pemilu 2024

Kamis, 1 Februari 2024 - 16:00 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Sivitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang terdiri dari pimpinan perguruan tinggi, yayasan, mahasiswa hingga alumni menyatakan sikap terkait Indonesia Darurat Kenegarawanan jelang Pemilihan Umum 2024.

Hal ini dikarenakan perkembangan politik nasional kian menunjukkan tanpa rasa malu gejala praktik penyalahgunaan kewenangan dan kekuasaan. Kekuasaan digunakan untuk kepentingan politik praktis sekelompok golongan dengan mengerahkan sumber daya negara. Sehingga Demokrasi Indonesia kian tergerus dan mengalami kemunduran.

Kondisi ini kian diperburuk dengan gejala pudarnya sikap kenegarawanan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). 

Indikator utamanya adalah pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden yang didasarkan pada putusan Mahkamah Konstitusi No. 90/PUU-XXI/2023.

Putusan yang proses pengambilannya sarat dengan intervensi politik dan dinyatakan terbukti melanggar etika hingga menyebabkan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Anwar Usman, diberhentikan.

Gejala ini kian jelas ke permukaan saat Presiden Jokowi menyatakan ketidaknetralan institusi kepresidenan dengan membolehkan Presiden berkampanye dan berpihak. 

Perkembangan termutakhir, distribusi bantuan sosial melalui pembagian beras dan bantuan langsung tunai (BLT) oleh Presiden Jokowi juga ditengarai sarat

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral