Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberi pengarahan kepada jajarannya terkait lonjakan Covid-19..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Covid-19 Naik, Bupati Sleman Minta Rumah Sakit Bersiap Seperti Puncak Varian Delta

Senin, 7 Februari 2022 - 20:17 WIB

Sleman, DIY - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta terus melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Pemkab Sleman saat ini tengah bersiap melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 tersebut.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bahkan meminta rumah sakit bersiap seperti saat menghadapi puncak varian Delta pertengahan tahun 2021 lalu.

"RSUD dan Dinkes agar dapat bersiap mengkonversi tempat tidur RS menjadi tempat tidur Covid-19 ke tingkat yang sama dengan puncak Delta dan melakukan audit terhadap pasien RS," ujarnya Senin (7/2/2022).

Selain bed rumah sakit, Kustini juga meminta sarana dan prasarana pendukungnya juga disiapkan. Diantaranya obat-obatan dan oksigen khusus untuk penanganan Covid-19.

Hal ini penting agar kejadian seperti saat puncak varian Delta kemarin tidak kembali terulang. Saat itu banyak pasien yang kesulitan mendapatkan oksigen di rumah sakit hingga berakibat fatal dan meninggal dunia.

Kustini juga mendorong daya tampung tempat isolasi terpusat (isoter) ditambah. Pasalnya semua pasien positif Covid-19 nantinya sebisa mungkin tidak melakukan isolasi mandiri di rumah tapi di isoter.

"Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah akan tetapi kondisi rumah tersebut tidak memenuhi persyaratan agar dapat dipindahkan ke isoter. Jika yang bersangkutan menolak dapat dijemput dengan dibantu oleh jajaran TNI dan Polri," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral