Khawatir erupsi Gunung Merapi, warga Sleman mengungsi ke tempat aman.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

193 Warga Sleman Mengungsi Akibat Erupsi Awan Panas Gunung Merapi

Kamis, 10 Maret 2022 - 07:28 WIB

Sleman, DIY - Sebanyak 193 warga Dusun Kalitengah Lor, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi yang berlangsung sejak Rabu (9/3/2022) malam hingga Kamis (10/3/2022) pagi. Mereka mengungsi ke barak pengungsian di kantor kalurahan setempat.

Carik Kalurahan Glagaharjo Joko Purwanto mengatakan, warga yang mengungsi karena erupsi Gunung Merapi mayoritas berasal dari kelompok rentan.

"Terdiri dari lansia, balita, dan ibu hamil juga ada. Karena tadi sempat ada aliran mereka segera evakuasi mandiri tapi juga ada sebagian yang kita evakuasi lewat temen-temen relawan," ujarnya Kamis dinihari.

Dijelaskan Joko, para pengungsi ini hanya sebagian kecil dari warga Dusun Kalitengah Lor. Tidak semua warga mengungsi dan memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

"Kalau di atas (Kalitengah Lor) masih banyak, ini yang di balai desa hanya sebagian kecil, tidak ada separuhnya. Mereka (yang tidak mengungsi) masih ada di rumah, tetap standby lihat situasi perkembangan," terangnya.

Joko sendiri belum bisa memastikan sampai kapan para pengungsi ini akan bertahan. Pihaknya masih akan melihat kondisi terakhir dari aktivitas Gunung Merapi.

"Kita lihat sampai pagi nanti kalau situasi mandali kemungkinan warga yang tadi turun akan kembali ke rumahnya masing-masing," ucap Joko.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral