Makan yang bergizi, olahraga yang cukup, dan tidur yang berkualitas adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pemulihan penyakit.
Sumber :
  • unsplash.com

Manfaat Medis Tidur Lelap dan 4 Cara Praktis Tidur Lebih Nyenyak

Jumat, 6 Mei 2022 - 16:29 WIB

Makan yang bergizi, olahraga yang cukup, dan tidur yang berkualitas dipercaya menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pemulihan penyakit atau cidera. Banyak hasil penelitian mengungkapkan hal tersebut, terutama pengaruh istirahat terhadap tingkat kesehatan seseorang.

Tidur yang cukup yakni sekitar delapan jam per hari sangatlah vital bagi kesehatan. Tak hanya itu, tidur yang cukup ternyata juga sangat berpengaruh bagi kualitas tidur itu sendiri.

Setiap malamnya, tubuh manusia selalu berada dalam empat hingga enam siklus tidur (sleep cycles). Setiap siklus ini memiliki durasi sekitar 90 menit dan terdiri atas empat fase:

Fase 1 (1-5 menit): Ini adalah periode awal sebelum tertidur saat detak jantung dan pernapasan mulai melambat.

Fase 2 (10-60 menit): Tahap ini disebut tidur ringan dimana detak jantung dan pernapasan kian melambat membuat tubuh semakin rileks.

Fase 3 (20-40 menit): Fase ini disebut tidur lelap atau tidur nyenyak (deep sleep) karena ini memang tahap tidur paling nyenyak pada malam hari. Frekuensi otak melambat dan membuat seseorang sulit terbangun.

Fase 4 (10-60 menit): Disini terjadi fase tidur rapid eye movement (REM) dimana seseorang mengalami fenomena bermimpi. Tidur tahap REM ini dicirikan dengan ttak yang menjadi aktif dan bola mata bergerak-gerak sendiri di bawah bola mata.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
02:00
02:22
02:28
01:11
03:46
Viral