Seorang pembeli bersiap menyantap ndas manyung makanan khas Pati.
Sumber :
  • tvOne/Abdul Rohim

Nikmatnya Sensasi Pedas Olahan Ndas Manyung Khas Pati

Rabu, 5 Januari 2022 - 14:36 WIB

Pati, Jawa Tengah – Jika anda melintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) Pati–Rembang, kurang lengkap rasanya jika belum menyantap olahan makanan laut yang satu ini. Kuliner tradisional ini adalah ndas atau kepala ikan manyung, yang merupakan makanan khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Salah satu warung yang menyediakan ndas manyung ini berlokasi di pinggir Jalur Pantura Pati-Rembang, Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Warung ini selalu diserbu pembeli yang ingin merasakan nikmatnya ndas manyung. Tak hanya dari Pati dan sekitarnya, para pembeli asal luar kota yang kebetulan melintas turut singgah di warung ini.

Menurut salah seorang pembeli, Yunasih, warga Kecamatan Tayu, Pati, mengatakan jika ingin merasakan sensasi pedas kepala manyung, dirinya selalu datang ke tempat ini. Menurutnya olahan ikan manyung yang paling enak serta pedas khas merica hanya ada di Desa Raci.

"Saya selalu ke Desa Raci yang katanya terkenal dengan kepala manyung. Di sini rasa pedasnya dari merica dan cabe asli sangat terasa sekali. Bumbu rempah rempahnya juga pas tidak kelebihan tidak kekurangan, cocok di lidah pokoknya rasanya," ujar Yunasih, Rabu (5/1/2022).

"Dibanding dengan ikan lainnya, ndas manyung ini ada bedanya tersendiri soalnya ini khan dari ikan laut yang diasap dulu terus baru dimasak dengan kuah santan yang pedas, jadi ada rasa tersendiri," tambahnya.

Fathonah sang pemilik mengatakan warungnya sudah menjual ndas manyun sejak 2008 silam. Olahan ndas manyun sudah menjadi menu sepesial di warungnya dengan harga jual antara Rp30 ribu sampai Rp60 ribu rupiah setiap porsinya.

"Untuk ukuran kecil saya jual dengan harga 30 ribu rupiah, dan untuk ukuran besar seharga 60 ribu rupiah. Dalam sehari bisa terjual sekitar 200 porsi kepala manyung dengan berbagai ukuran," kata Fathonah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral