Festival Tambora 2022.
Sumber :
  • via Instagram/Kemenparekraf

Festival Tambora 2022 Kembali Digelar Pada 4-5 Juni

Kamis, 2 Juni 2022 - 14:51 WIB

Lombok, Nusa Tenggara Timur - Pandemi covid-19 sempat membuat event tahunan Festival Tambora ini terhenti. Namun kini, dalam situasi yang sudah semakin membaik, akhirnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia kembali menggelar Festival Tambora 2022.

Seperti yang dilansir dari akun instagram resmi Kemenparekraf, bahwa even tahunan tersebut akan diadakan pada tanggal 4 hingga 5 Juni 2022 di Doro Ncanga, Dompu, Sumbawa.

Mengusung tema "Mewujudkan Destinasi Wisata Pegunungan Kelas Dunia", event rutin yang digelar dalam rangka memperingati momen meletusnya Gunung Tambora itu akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan.

Kegiatan tersebut diantaranya, Educamp Konservasi, Lomba Tari Tradisional, Nobar Film "The Majestic Tambora", Launching Wisata Berkuda "Nente Jara", Atraksi Seni Budaya. Selain itu ada juga kegiatan Talk Show NGOPI (Ngobrol Pintar) Tambora, Tambora Expo Ekonomi Kreatif, hingga Tablik dan Dzikir Akbar "Tambora Berdzikir".

Festival yang digelar setiap bulan April setiap tahunnya ini memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya memberikan pengetahuan dan edukasi mengenai sejarah peristiwa letusan gunung api Tambora, melainkan juga menampilkan beragam kegiatan pentas seni, tradisi dan budaya.

Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yunaidi mengatakan bahwa ia berharap dengan adanya Festival Tambora 2022 ini, nama Gunung Tambora akan semakin terkenal di mata dunia. 

“Festival Tambora adalah sarana untuk lebih mempromosikan wisata di TN Tambora. Terutama pendakian menuju puncak Tambora. Event ini juga menjadi momen agar dunia bisa mengenal Tambora lebih dekat lagi”, ujar Yunaidi, seperti yang dikutip dari tulisan Blog seorang travel writer, Harley Sastha.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral