sate lemur makanan khas Kendal.
Sumber :
  • Istimewa

Sate Sandung Lamur Makanan Khas Kabupaten Kendal yang Menggugah Selera

Selasa, 20 September 2022 - 22:54 WIB

Kendal, Jateng - Sate Sandung Lamur, kuliner olahan daging yang memanjakan lidah dari wilayah pegunungan. Makanan khas Boja ini kaya rasa dan sekali menggigit dapat enaknya.

Mantapnya sate di sini adalah potongan dagingnya yang besar dan gemuk. Dan tak hanya sate daging murni, ada juga sate sandung lamur yang banyak penggemarnya. Sandung  lamur merupakan bagian dari daging sapi yang berlemak. Biasanya diambil dari bagian payudara sapi.

Saat dipanggang, sandang lamur akan berbunyi kronyos-kronyos. Makanya kemudian orang menyebutnya juga dengan sate kronyos.

Saat mentah, sandang lamur ini berwarna putih. Tapi begitu dipanggang berubah menjadi putih kekuningan dan agak meleleh. Minyak lelehan lemak sandang lamur inilah yang rasanya sangat gurih dan banyak digemari pemburu kuliner.

Salah satu warung sate di Boja yang menyediakan sate sandang lamur adalah Warung Sate Sapi Pak Juremidi. Kalau dari arah Semarang atau Boja lokasinya di sebelah kiri jalan menuju arah Bandungan.

Menurut Pak Juremi, ia sudah berjualan sejak 30 tahun yang lalu. Kini ia melayani pembeli dibantu anak-anaknya, karena hampir setiap hari ramai, terutama Sabtu dan Minggu atau hari libur.

"Ya banyak mas, kalau sandung lamur ini pembelinya kebanyakan dari Semarang. Kan mereka lewat mau wisata ke Bandungan lewat jalur sini, lalu mampir makanan sate," kata Pak Juremi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral