Potret atlet downhill Indonesia sedang melaju di lintasan lomba.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Ramdan

Ternyata Punya Sejuta Manfaat, Apa itu Olahraga Downhill?

Minggu, 15 Mei 2022 - 17:20 WIB

Jakarta – Downhill yang dipertandingkan dalam SEA Games Hanoi, Vietnam di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center pada hari Sabtu lalu, Indonesia diwakilkan oleh atlet putri bernama Tiara Andini Prastika dan atlet putra Andy Prayoga. 

Keduanya tercatat sebagai yang tercepat saat seeding run dengan catatan waktu
Andy Prayoga yaitu 3 menit 07,862 detik yang lebih unggul dari wakil Thailand Methasit Boonsane yang menempati urutan kedua dengan 3 menit 08,944 detik

Olahraga ini cukup populer, namun ternyata masih banyak yang asing dengan olahraga downhill sendiri. Oleh karenanya, dalam artikel ini tvonenews.com akan merangkumnya untuk Anda. 

Apa Itu Olahraga Downhill?

Olahraga downhill adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan MTB alias mountain bike. Olahraga ini termasuk dalam kategori ekstrem karena para pesepeda ini harus melewati medan yang curam dan ekstrem, seperti menanjak jalanan bukit atau gunung. 

Di Amerika, tepatnya di era 70-an, Downhill menjadi salah satu olahraga yang cukup populer. Karena popularitasnya inilah, akhirnya pada tahun 1996 downhill diperlombakan dalam ajang bergengsi Olimpiade Atlanta. 

Olahraga dengan menggunakan mountain bike atau sepeda gunung ini juga mulai populer pada Asian Games 2018. Downhill bukanlah olahraga biasa karena pengendara harus berpacu kecepatan melalui medan yang terjal. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
Viral