LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Selain Pfizer, Rusia Sudah Siap Produksi Vaksin Sputnik V | lifestyleOne

Rabu, 11 November 2020

Jakarta, Tvone

Rusia menyebut Vaksin sputnik v buatannya memiliki tingkat efektivitas hingga 92 persen untuk melindungi orang-orang dari COVID-19, berdasarkan hasil uji coba sementara, kata Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF).

"Kami menunjukkan, berdasarkan data, bahwa kami memiliki vaksin yang sangat efektif," kata kepala RDIF Kirill Dmitriev, Rabu.

Hasil awal yang kedua diterbitkan dari percobaan tahap akhir pada manusia dalam upaya global untuk memproduksi vaksin yang dapat menghentikan pandemi yang telah menewaskan lebih dari 1,2 juta orang dan merusak ekonomi dunia.

Rusia mendaftarkan vaksin COVID-19 untuk digunakan publik pada Agustus dan menjadi negara pertama yang melakukannya, meskipun persetujuan itu diberikan sebelum dimulainya uji coba skala besar pada September.

Hasil sementara didasarkan pada data dari 16.000 peserta uji coba pertama yang menerima dua suntikan vaksin dua dosis. RDIF sendiri yang telah mendukung pengembangan vaksin dan memasarkannya secara global.

Analisis sementara dilakukan setelah 20 peserta dalam uji coba mengembangkan COVID-19 dan memeriksa berapa banyak yang menerima vaksin versus plasebo.

Itu secara signifikan lebih rendah daripada 94 infeksi dalam uji coba vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech. Untuk memastikan tingkat keampuhan, Pfizer mengatakan akan melanjutkan uji coba hingga terdapat 164 kasus COVID-19.

Uji coba Rusia akan berlanjut selama enam bulan lagi, kata RDIF dalam sebuah pernyataan, dan data dari uji coba juga akan dipublikasikan di jurnal medis internasional terkemuka setelah tinjauan sejawat.

Uji coba fase III yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya berlangsung di 29 klinik di seluruh Moskow dan akan melibatkan total 40.000 sukarelawan, dengan seperempat diantaranya menerima suntikan plasebo.

Kemungkinan tertular COVID-19 adalah 92 persen lebih rendah di antara orang yang divaksinasi dengan Sputnik V daripada mereka yang menerima plasebo, kata RDIF.

Itu jauh di atas ambang efektivitas 50 persen untuk vaksin COVID-19 yang ditetapkan oleh Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat.

Pengumuman Rusia menyusul hasil yang diunggah pada Senin (9/11) oleh Pfizer dan BioNTech, yang mengklaim vaksin buatan mereka juga memiliki efektivitas lebih dari 90 persen.

Vaksin pfizer dan BioNTech menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA) dan dirancang untuk memicu respons imun tanpa menggunakan patogen, seperti partikel virus yang sebenarnya.

Sementara vaksin Sputnik V dirancang untuk memicu respons dari dua suntikan yang diberikan dengan selang waktu 21 hari masing-masing berdasarkan vektor virus berbeda yang biasanya menyebabkan flu biasa.

Obat itu diberi nama Sputnik V setelah satelit era Soviet yang memicu kompetisi luar angkasa---sebuah isyarat pada proyek kepentingan geopolitik bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rusia juga menguji vaksin yang berbeda, yang diproduksi oleh Vector Institute di Siberia, dan hampir mendaftarkan vaksin ketiga.

"Penelitian telah menunjukkan dan menegaskan bahwa, pertama, vaksin ini aman dan tidak memiliki efek samping yang serius setelah digunakan, dan kedua, semuanya efektif," kata Putin seperti dikutip kantor berita RIA, Selasa (10/11).

RDIF mengatakan tidak ada efek samping serius yang dilaporkan selama uji coba fase III vaksin Sputnik V sejauh ini. JEG
 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
06:42

Dapatkan Manfaat Antioksidan dari 5 Buah-Buahan Ini!

Antioksidan adalah zat alami ataupun buatan manusia yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. 
img_title
02:00

4 Fakta Keringat Manusia yang Mungkin Belum Anda Tahu

Biasanya keringat identik dengan perasaan kotor dan membuat kita tidak nyaman. Padahal, keringat yang dihasilkan tubuh memiliki sejumlah manfaat. Berikut selengkapnya.
img_title
09:13

Tak Hanya Rabies, Ini Sederet Penyakit Hewan yang Bisa Menular ke Manusia

Selain karena kebiasaan makan yang tak sehat, ada beragam penyakit lain yang bisa mudah menjangkiti manusia yang disebabkan oleh penularan hewan, baik hewan liar juga bisa karena kepemilikan hewan peliharaan.
img_title
02:42

Sejarah Minyak Goreng yang Kini Makin Mahal

Hampir semua masakan baik tumisan, gorengan, ataupun kuah-kuah pun identik dengan penggunaan minyak goreng.
img_title
04:36

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Bagian Daging Sapi yang Lezat dan Sehat

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang lezat dan kaya akan gizi. Selain mengandung protein yang tinggi, daging sapi juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
img_title
16:30

Basmi Hipertensi Dengan Belimbing, Apakah Manjur? | Hidup Sehat tvOne

Belimbing atau Averrhoa carambola merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. 
img_title
10:57

Kemangi, Lalapan Sehat Kaya Manfaat

Daun kemangi yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan Lemon basil. 
img_title
15:23

Kalori dan Nutrisi Mie Ayam, Ini yang Terjadi Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Apakah kalian tahu jumlah kalori dan nutrisi pada mie ayam? dan bagaimana jika mie ayam dikonsumsi setiap hari?
img_title
08:04

Benarkah Buah Stroberi Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat?

Strawberry merupakan jenis buah beri yang biasanya berwarna merah atau merah muda, dengan biji-biji kecil di permukaannya. 
img_title
02:31

Mulai Pelupa? Hindari Kepikunan Dengan 4 Tips Berikut

Seringkah Anda mendadak tidak mengingat letak atau posisi benda yang akan dipakai atau mungkin aktivitas yang akan anda lakukan?
img_title
07:31

Jangan Dibiarkan! Ini Akibat dari Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada saluran bronkus, yaitu pipa yang berfungsi sebagai penyalur udara dari bagian tenggorokan menuju ke organ paru-paru.
img_title
07:48

Jangan Panik Dulu, Ini Penyebab Batuk Berdarah Selain TBC

Namun, perlu kita ketahui bahwa pemicu batuk darah bukan hanya gangguan pada paru loh, terdapat sejumlah penyakit atau gangguan lain yang dapat menjadi pemicunya. Berikut selengkapnya.
img_title
06:51

Ramuan Jahe Kunyit untuk Mengatasi Maag

Namun ternyata, selain menjadi penyedap masakan, jahe dan kunyit dipercaya dapat mengatasi maag loh! Berikut selengkapnya.
img_title
08:18

Benarkah Minyak Ikan Omega 3 Bisa Menurunkan Kolesterol?

Minyak ikan merupakan minyak yang diekstraksi dari jaringan lemak ikan. Terutama ikan laut seperti tuna, teri, mackerel yang kaya akan asam lemak omega-3.
img_title
25:37

Berbagai Penyakit Kuku yang Tidak Boleh Disepelekan, Salah Satunya Cantengan!

Cantengan adalah kondisi ketika kuku di bagian tepi tumbuh menancap ke kulit sehingga menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya mengalami radang.
img_title
03:22

Ingin Hidup Tenang? Ini Manfaat Saling Memaafkan Bagi Fisik dan Mental

Di Hari Raya Lebaran ini terdapat sebuah momen indah rutin yang kita lakukan yaitu saling berjabat tangan untuk saling memaafkan. 
img_title
02:53

5 Jenis Sayuran Ini Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda rutin mengkonsumsi brokoli setiap hari peradangan akan berkurang termasuk juga bobot tubuh Anda.
img_title
08:58

Cara Mencegah Retinopati Diabetik pada Pasien Diabetes Melitus

Retinopati diabetik adalah salah satu bentuk komplikasi dari penyakit diabetes melitus. Berikut cara pencegahannya.
img_title
11:13

Jenis-Jenis Hepatitis dan Penularannya

Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain. Hepatitis ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning.  
Jangan Lewatkan
Pratama Arhan Dicibir Soal Gol Bunuh Diri, Ayah Azizah Salsha Bela Mantu Kesayangannya: Ayo Bangkit

Pratama Arhan Dicibir Soal Gol Bunuh Diri, Ayah Azizah Salsha Bela Mantu Kesayangannya: Ayo Bangkit

Nama pesepak bola Pratama Arhan sedang jadi sorotan netizen setelah gol bunuh diri yang dianggap membuat Timnas Indonesia gagal melaju ke final Piala Asia U-23
Keputusan Wasit Laga Timnas Indonesia vs Uzbekistan Banyak Rugikan Skuad Garuda Muda, Eks Wasit FIFA Justru Bilang... 

Keputusan Wasit Laga Timnas Indonesia vs Uzbekistan Banyak Rugikan Skuad Garuda Muda, Eks Wasit FIFA Justru Bilang... 

Laga semifinal Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia vs Uzbekistan masih menjadi perbincangan setelah banyak keputusannya yang rugikan Timnas Indonesia.
Mahfud MD: Agama Sumber Nilai Penyelenggaraan Negara di Indonesia

Mahfud MD: Agama Sumber Nilai Penyelenggaraan Negara di Indonesia

Pakar Hukum Tata Negara yang juga eks Menko Polhukam RI Mahfud MD mengatakan bagi Indonesia relasi agama dan negara sebenarnya sudah selesai secara tuntas.
Ada Setan yang Khusus Menggoda dalam Shalat, Ustaz Adi Hidayat: Khanzab

Ada Setan yang Khusus Menggoda dalam Shalat, Ustaz Adi Hidayat: Khanzab

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan bahwa ada setan bernama khanzab yang mengganggu seorang Muslim dalam mendirikan shalat. Setan itu bernama khanzab
Ratusan Ribu Buruh Turun ke Jalan Peringati May Day 2024, Ini Tuntutan yang Dibawa

Ratusan Ribu Buruh Turun ke Jalan Peringati May Day 2024, Ini Tuntutan yang Dibawa

Sebanyak ratusan ribu butuh di seluruh Indonesia turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei
Tradisi Nyeleneh Suku Kamchatka, Bukan Cuma Makanan yang Disuguhi ke Tamu, tapi Istri Pemilik Rumah, Boleh Ditiduri, Kok Bisa?

Tradisi Nyeleneh Suku Kamchatka, Bukan Cuma Makanan yang Disuguhi ke Tamu, tapi Istri Pemilik Rumah, Boleh Ditiduri, Kok Bisa?

Suku Kamchatka di Rusia memiliki tradisi nyeleneh yaitu memperbolehkan tamu untuk menginap dan berhubungan seks sepuasnya dengan istri pemilik rumah. 
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Raih Juara 3 Piala Asia U-23, Shin Tae-yong Unggul Soal Ini dari Irak

3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Raih Juara 3 Piala Asia U-23, Shin Tae-yong Unggul Soal Ini dari Irak

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Irak U-23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Kamis (2/4/2024). 
Catat! Ini Keringanan Jemaah Haji Lansia yang Sesuai Fiqih

Catat! Ini Keringanan Jemaah Haji Lansia yang Sesuai Fiqih

Dalam fiqih haji, sejumlah keringanan diterapkan agar kaum muslimin yang sudah lanjut usia (lansia) atau ada uzur tetap bisa beribadah dan hajinya tetap sah.
Hari Buruh: Ratusan Ribu Buruh Suarakan Dua Tuntutan Utama, Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM

Hari Buruh: Ratusan Ribu Buruh Suarakan Dua Tuntutan Utama, Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan ratusan ribu buruh yang turun hari ini, Rabu (1/5/2024), menyuarakan dua tuntutan utama.
Hari Buruh, Puan Minta Pengusaha Sejahterakan Pekerja: Misalnya Dikasih Bonus

Hari Buruh, Puan Minta Pengusaha Sejahterakan Pekerja: Misalnya Dikasih Bonus

Ketua DPR RI Puan Maharani turut memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya