LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Polemik Dai Bersertifikat | Kabar Siang tvOne di Lokasi

Jumat, 11 September 2020

Jakarta - Kendati menuai pro kontra dari masyarakat, program sertifikasi dai atau penceramah dari Kementerian Agama ternyata tetap berjalan. Menteri agama Fachrul razi mengatakan pada bulan September ini sertifikasi penceramah sudah akan dimulai.

"Memang kita mula awal bulan ini mulai dari Islam. Tapi dalam bulan ini juga akan dimulai dengan yang Kristen, Katolik, dan semuanya," ujar Fachrul kepada tvOne.

Ia mengaku akan melibatkan organisasi berbasis keagamaan dari masing-masing agama. Seperti Islam, ia berencana melibatkan MUI, badan pengajian ideologi Pancasila, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan juga Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

Fachrul menambahkan sertifikasi ini bersifat sukarela dan bertujuan untuk menambah wawasan penceramah mengenai nasionalisme, Pancasila, dan ketahanan negara.

"Misalnya BNPT, mereka akan bisa memberikan masukan banyak tentang masalah pergolakan destruktif yang berlatar belakang agama di dunia internasional. Kalau pengajian Pancasila jelaslah bidangnya apa. Dia bukan sekedar Pancasila tapi juga menjelaskan Empat Pilar (Kebangsaan). Lemhannas tadi saya katakan tentang ketahanan nasional dilihat dari aspek trigatra, pancagatra, atau keseluruhannya," jelas Menteri Agama ini.

Program pembekalan wawasan kenegaraan ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari dua malam dengan pembiayaan ditanggung penuh oleh Kementerian Agama.

Lebih lanjut Menag tak menampik bahwa program ini bertujuan untuk mengikis paham radikalisme yang disampaikan melalui mimbar-mimbar keagamaan. Namun ia menjelaskan program ini tidak untuk membatasi penceramah dalam berbicara.

"Bukan berarti dengan begitu menyaring siapa yang boleh ngomong siapa yang tidak. Tidak ada larangan," sebutnya.

Terkait kekhawatiran bahwa nantinya rumah ibadah akan terbelah antara yang meminta penceramah dengan sertifikat dengan yang tidak, Menag Fachrul Razi mengatakan hal itu tidak akan terjadi.

Pihaknya juga akan memberi penjelasan ke masyarakat bahwa bukan berarti penceramah yang tidak memiliki sertifikat tidak diperbolehkan memberikan ceramah.

Menanggapi hal tersebut, Haikal Hassan Baras meminta Menteri Agama untuk memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai sertifikasi ini. Ia bahkan menilai sertifikasi seperti ini seharusnya diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia, bukan Pemerintah.

"MUI itu yang mengawasi umat dan wakil daripada umat Islam. Ini ranahnya MUI bukan Departemen Agama. MUI itu yang punya kompetensi di bidang itu," tegasnya.

Terkait adanya tudingan adanya ceramah-ceramah yang dianggap tidak 'Rahmatan lil alamin' atau tidak toleran menurut Haikal biarkanlah umat yang menilai hal tersebut.

"Kan masyarakat melihat mana yang rahmatan lil alamin mana yang selalu membuat keresahan di tengah masyarakat. Kan masyarakat liat, ya laporin. Laporinnya bukan ke MUI lagi, bukan Departemen Agama lagi, kalau isi ceramahnya hate speech (ujaran kebencian), mengandung unsur fitnah, laporin ke polisi," ujar pria yang kerap disapa Babeh ini. (afr)

(Lihat juga: Waketum MUI Menolak Keras Rencana Menag Sertifikasi Ulama)
 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:26

Detik-detik Pria Bacok Temannya Sendiri Gegara Merasa Ditipu

Seorang pemuda di Kabupaten Oku Selatan nekat membacok temannya sendiri. Kejadian pembacokan tersebut terekam oleh kamera CCTV. 
img_title
01:39

Seorang Pendaki Temukan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Slamet

Warga Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal digegerkan dengan penemuan mayat manusia yang menjadi kerangka di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet. 
img_title
04:51

Jubir MK Beberkan Mekanisme Sidang Putusan PHPU

MK akan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta. 
img_title
01:28

Menlu RI Utamakan Diplomasi Terkait Konflik di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, tengah berkomunikasi dengan Menlu Iran untuk meredam eskalasi konflik yang terjadi dengan Israel. 
img_title
03:04

Prabowo Minta Para Pendukungnya Tidak Lakukan Aksi di MK

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memberi peringatan keras kepada para pendukungnya terkait polemik jelang putusan sidang MK soal sengketa Pilpres 2024. 
img_title
07:15

MK Terima 33 Amicus Curiae, Jubir AMIN: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pengajuan permohonan amicus curiae atau sahabat peradilan terkait persoalan perkara PHPU atau sengketa Pilpres 2024 ke MK disebut paling banyak sepanjang sejarah. 
img_title
17:53

Piala Asia U23: Amuk Garuda Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan poin penuh dan cleansheet pertama di Piala Asia U-23 usai mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0. 
img_title
06:13

Kebakaran Toko Bingkai, 7 Orang Tewas di Tempat

Ruko berlantai 3 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/4/2024) malam terbakar hebat. 
img_title
01:31

AHY Pastikan Transisi Kepemimpinan Presiden akan Berjalan Baik

Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menteri ATR/BPN AHY menyatakan, transisi kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto harus dipastikan dengan baik. 
img_title
02:40

Erupsi Gunung Ruang, Basarnas Evakuasi 28 Napi & Petugas Lapas Klas III Tahuna

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, situasi dan kondisi pada Kamis (18/4/2024) pagi Gunung Ruang diguyur hujan lebat dan tertutup awan tebal. 
img_title
01:48

Bahlil: Pertemuan Prabowo & Megawati Masih Mungkin Terjadi

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran yang juga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan, pertemuan Jokowi dan Megawati masih mungkin terjadi. 
img_title
01:02

Relawan Prabowo-Gibran Batalkan Rencana Aksi Damai di MK

Relewan Prabowo Gibran resmi membatalkan acara aksi damai yang akan digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Jumat (18/4/2024) ini. 
img_title
06:15

Misteri Kasus Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Sukoharjo

Polisi masih terus menyelidiki kasus penemuan mayat wanita yang terbungkus plastik di Sukaharjo, Jawa Tengah, belasan orang telah diperiksa sebagai saksi atas tewasnya wanita yang diduga menjadi korban pembunuhan dari teman dekatnya.
img_title
01:27

Purnawirawan TNI-Polri Temui Sekjen PDIP

Hasto Kristianto Sekjen PDIP menggelar pertemuan bersama purnawirawan TNI-Polri di salah satu rumah pemenangan Ganjar-Mahfud.
img_title
01:20

Ratusan Pedagang Adang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Sebanyak 400 pedagang pasar Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten menghadang alat berat yang akan digunakan untuk menggusur bangunan pasar pada Kamis siang.
img_title
02:41

Gunung Ruang Meletus, Puluhan Napi dan Pegawai Lapas Ikut Dievakuasi

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara warga yang bermukim di kaki gunung telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 
img_title
02:17

Relawan Prabowo-Gibran Akan Gelar Aksi Damai di Depan Mahkamah Konstitusi

10.000 pendukung dan relawan Prabowo-Gibran akan menggelar aksi damai di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/4/2024). 
img_title
01:45

Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik, Aiptu Supriyanto dapat Hadiah dari Kapolda Lampung

Atas kejujurannya, Iptu Supriyanto mendapatkan penghargaan dari Kapolda Lampung berupa beasiswa Perwira pendidikan alih golongan atau SAG. 
img_title
09:24

AWAS! Jerat Pelaku Perdagangan Manusia Berkedok Kawin Kontrak

Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap dua orang perempuan berinisial RN (21) dan LR (51) atas dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus kawin kontrak. 
Jangan Lewatkan
Pelaku Pembunuhan Berencana yang Cor Mayat di Bandung Barat Kena Pasal 340, Kapolres Cimahi: Ancaman Hukuman Mati

Pelaku Pembunuhan Berencana yang Cor Mayat di Bandung Barat Kena Pasal 340, Kapolres Cimahi: Ancaman Hukuman Mati

Pelaku pembunuhan berencana Ijal (31) di Bandung Barat, Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono sebut terkena ancaman hukuman mati yang telah melanggar Pasal 340.
Sesungguhnya Kami Telah Jadikan Apa yang Ada di Atas Bumi Sebagai Perhiasan, Tafsir Surat Al Kahfi Ayat 7

Sesungguhnya Kami Telah Jadikan Apa yang Ada di Atas Bumi Sebagai Perhiasan, Tafsir Surat Al Kahfi Ayat 7

Dalam surat Al Kahfi ayat 7, Allah SWT berfirma, bahwa apa yang ada di atas bumi adalah perhiasan. Berikut lafadz, arti dan tafsir dari surat Al Kahfi ayat 7
Serangan Ulat Gagak Muncul di Bandara YIA, Ini Penyebabnya

Serangan Ulat Gagak Muncul di Bandara YIA, Ini Penyebabnya

Serangan ulat gagak bermunculan di kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belakangan terakhir ini.
Cemas Dampak Konflik Iran Vs Israel, Kementerian ESDM Lirik Afrika dan Amerika Latin jadi Opsi Pemasok Minyak Mentah Indonesia, Negara Mana?

Cemas Dampak Konflik Iran Vs Israel, Kementerian ESDM Lirik Afrika dan Amerika Latin jadi Opsi Pemasok Minyak Mentah Indonesia, Negara Mana?

Kementerian ESDM menyampaikan bahwa RI saat ini tengah mempertimbangkan negara-negara di Benua Afrika dan Amerika Latin sebagai alternatif pemasok minyak mentah
Diduga Jadi Korban Nafsu Ketua KPU, Petugas PPLN Lapor ke DKPP

Diduga Jadi Korban Nafsu Ketua KPU, Petugas PPLN Lapor ke DKPP

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari, dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), karena dugaan tindak asusila dengan salah satu Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).
Baru 6 Bulan Diresmikan, Jembatan Sungai Mujur 2 Kembali Putus dan Memakan Korban

Baru 6 Bulan Diresmikan, Jembatan Sungai Mujur 2 Kembali Putus dan Memakan Korban

Akibat dahsyatnya terjangan banjir lahar dingin kali ini, sejumlah infrastruktur, seperti jembatan dilaporkan putus, yakni jembatan konstruksi baja Sungai Mujur
Memanas! Usai Saling Sindir, Kini Hotman Paris Tantang Duel Rocky Gerung di Atas Ring Tinju

Memanas! Usai Saling Sindir, Kini Hotman Paris Tantang Duel Rocky Gerung di Atas Ring Tinju

Sang pengcara kondang Hotman Paris menantang pengamat politik Rocky Gerung untuk duel di atas ring tinju di Indonesia Arena, kompleks GBK, Minggu (21/4/2024).
Jumat di Bulan Syawal, Kesempatan Utang Lunas, Baca Doa Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Jumat di Bulan Syawal, Kesempatan Utang Lunas, Baca Doa Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Jumat adalah hari istimewa, sementara syawal bulan yang memiliki keutamaan. Pada hari jumat di bulan syawal, ada sebuah doa yang berpotensi membuat utang lunas.
Kebobrokan Pengikut Gus Samsudin Diumbar Mantan Santri, Blak-blakan Bilang di Pondok Banyak yang Ngaku-ngaku Ustaz: Ngajinya Masih…

Kebobrokan Pengikut Gus Samsudin Diumbar Mantan Santri, Blak-blakan Bilang di Pondok Banyak yang Ngaku-ngaku Ustaz: Ngajinya Masih…

Kebobrokan Gus Samsudin dibongkar oleh mantan santrinya. Ia menyebut pondok Gus Samsudin tidak mengajarkan agama, bahkan para santri mengaku-ngaku ustaz.
Potret-potret Kondisi Terkini Gunung Ruang, Begini Potensi Tsunami hingga Dampak Letusannya

Potret-potret Kondisi Terkini Gunung Ruang, Begini Potensi Tsunami hingga Dampak Letusannya

Belakangan ini, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulangdang Biaro (Sitaro), Sulawesi Uatara (Sulut) jadi perhatian publik. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
Selengkapnya