Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Jumlah Korban Keracunan Makanan di Tasikmalaya Mencapai 197 Orang | tvOne

Sabtu, 10 Oktober 2020
Oleh :

Tasikmalaya, Jawa Barat – Jumlah korban keracunan makanan di Kampung Cilange, Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sudah mencapai 197 orang. Sebagian korban adalah anaka-anak. Sepanjang hari Jumat, 9 Oktober 2020, warga yang keracunan terus berdatangan ke Puskesmas Mangkubumi.

Banyaknya jumlah korban membuat petugas medis kewalahan. Mereka kekurangan tenaga kesehatan untuk merawat pasien. Ruang perawatan pun sudah penuh. Sehingga petugas terpaksa menempatkan sebagian pasien di ruang kelas Sekolah Dasar Puspasari yang terletak di belakang puskesmas.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya meminta bantuan tenaga medis dari puskesmas di kecamatan lain untuk membantu penanganan pasien keracunan di Mangkubumi.

Hingga Jumat petang, jumlah korban mencapai 197 orang, yang tersebar di 12 kampung yang ada di Kelurahan Karikil. 56 orang di antaranya adalah anak-anak, 25 balita, 93 orang dewasa, dan 18 orang lanjut usia.

Kepala Dinkes, Uus Supangat mengungkapkan pada Sabtu (10/10) di Kabar Pagi, bahwa jumlah korban keracunan bertambah. Hingga Jumat malam pukul 23.00 WIB, tercatat 205 orang. 24 orang di antaranya mengalami kondisi yang cukup berat.

“Kondisi terparah ini ada yang dehidrasi berat. Tanda-tanda dehidrasi berat kita rujuk ke Rumah Sakit Dokter Sutarjo, terutama balita dengan dehidrasi berat dan ada yang sampai mengalami kejang, ini perlu mendapatkan penanganan khusus di rumah sakit, sehingga kita rujuk ke Rumah Sakit Dokter Sutarjo yang ada di Tasikmalaya,” kata Uus pada Maria Gerarda.

Namun menurut Uus sudah lebih dari seratus pasien dipulangkan karena mereka mengalami gejala ringan.

“Alhamdulillah ada yang sembuh dipulangkan ke rumah masing-masing sebanyak 125 pasien, mudah-mudahan nanti siang ini yang sudah sembuh kami izinkan pulang bisa terus bertambah, sehingga jumlah yang sakit yang membutuhkan perawatan semakin berkurang,” ujarnya lagi.

Keracunan massal yang terjadi di Mangkubumi diyakini terjadi karena warga menyantap makanan dari acara ulang tahun anak seorang warga.

“Masyarakat mengalami keracunan setelah mengonsumsi masakan, yang kami temukan di lapangan itu dari nasi kuning jamuan suatu acara syukuran yang ada di Mangkubumi tersebut. Setelah menyantap nasi kuning tersebut beberapa saat kemudian yang reaksi cepat itu langsung mengalami keracunan, yang reaksi lambat ada yang sampai malamnya baru mengalami tanda-tanda keracunan,” terang Uus.

Uus membeberkan bahwa korban bukan hanya tamu acara, tetapi juga warga setempat, “ada yang dibagikan kepada warga setempat dan semuanya mengalami tanda-tanda keracunan yang sama sehingga harus mendapatkan perawatan.”

Sementara Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat, bakal menanggung biaya penanganan medis bagi para korban keracunan makanan yang saat ini mendapatkan perawatan secara intensif di Puskesmas Mangkubumi dan rumah sakit di Tasikmalaya.

"Penanganan ini menggunakan dana Jamkesda dari APBD, jadi masyarakat (korban keracunan) jangan dibebani," kata Sekretaris Daerah Pemkot Tasikmalaya, Ivan Dicksan kepada wartawan di Tasikmalaya, Jumat.

Bahkan, korban keracunan itu diperkirakan masih bertambah karena banyak orang yang mengkonsumsi makanan dari hajatan itu, termasuk orang yang menyelenggarakan hajat juga menjadi korban.

"Sama (penyelenggara hajatan) jadi korban juga," katanya. (act)

(Lihat juga: IKAN BUNTAL SI PEMBAWA MAUT, SATU KELUARGA DI BANYUWANGI TEWAS KERACUNAN)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
13:34

BREAKING NEWS! Suasana RS Abdi Waluyo Menanti Jenazah Alm. Tjahjo Kumolo

Segenap keluarga dan rekan-rekan Alm. Tjahjo Kumolo terlihat menghampiri Rumah Sakit Abdi Waluyo untuk mengetahui kondisi terkini terkait pemakaman Tjahjo Kumolo.
img_title
04:07

Mahasiswi yang Serang Polisi Karena Langgar Aturan Diperiksa Polisi

Seorang mahasiswi nekat menganiaya seorang polisi setelah ditegur karena melawan arus. Mahasiswi beringas itu bahkan mencoba merebut senjata polisi.
img_title
01:36

Kapal Nelayan di Pulau Bintan Terbalik, Satu Orang Masih dalam Pencarian

Sebuah kapal nelayan terbalik di perairan Bintan, Kepulauan Riau. 7  nelayan selamat dan 1 orang hilang. Hingga kini proses pencarian masih dilakukan.
img_title
05:34

BREAKING NEWS! Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB.
img_title
06:16

Kronologis Pelajar SMP Tewas Dibunuh Teman di Langkat

Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan siswi SMP di Langkat,  Sumatera Utara. Pelaku berhasil ditangkap di bengkel tempatnya bekerja.
img_title
01:51

Uji Coba Aplikasi My Pertamina Dilakukan Hari Ini, Organda Ciamis Keberatan

Uji coba penerapan aplikasi MyPertamina ditolak oleh Organisasi Angkutan Darat atau Organda di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 
img_title
02:24

BMKG Keluarkan Informasi Ancaman Gempa di Selatan Jakarta

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebutkan, Sesar Baribis di selatan Jakarta aktif dan berpotensi menimbulkan gempa.
img_title
01:28

BEJAT! Seorang Guru Ngaji Ditangkap Akibat Diduga Lakukan Pencabulan pada 10 Anak

Seorang guru ngaji diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Bengkong di sebuah panti asuhan di Kota Batam dengan dugaan melakukan aksi pencabulan terhadap 10 anak.
img_title
02:06

Akhir Hidup Tukang Ojek di Teluk Bintuni Mengenaskan di dalam Perut Buaya

Seorang tukang ojek dimangsa buaya di kawasan Teluk Bintuni,  Papua Barat. Buaya pemangsa tukang ojek itu pun diburu dan dibunuh.
img_title
01:27

Penyelundupan Belasan Ribu Miras di Pontianak Berhasil Digagalkan TNI AL

Bea Cukai gagalkan 3 truk pengangkut 13.000 botol miras yang diselundupkan melalui perbatasan Indonesia - Malaysia di Jagoi Babang, Kalimantan Barat.
img_title
02:11

Diduga Jadi Korban Begal, Sopir Truk Dibuang dengan Kondisi Terikat

Diduga menjadi korban begal, seorang sopir truk yang membawa logistik gula dibuang dan ditemukan warga di sebuah warung kopi kosong di daerah Gunung Sindur.
img_title
02:08

Karena Hal Sepele, Remaja 16 Tahun Bunuh Temannya Sendiri

Hanya karena hal sepele, seorang remaja berusia 16 tahun di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu nekat melukai temannya sendiri di bagian dada hingga tewas.
img_title
02:20

Tampang Pelaku Pembuang Jasad di Kali Pesanggrahan

Pelaku pembuang mayat dalam karung ke Sungai Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan akhirnya terungkap.
img_title
56:54

[FULL] Ganja Untuk Medis, Akankah Bisa Dilegalkan | Dua Sisi

Wacana legalisasi ganja untuk kebutuhan medis menuai beragam reaksi . Mungkinkah ganja dilegalkan untuk kebutuhan medis? Berikut pembahasannya.
img_title
01:06

Kejagung Fokus Terhadap Kerugian Negara Terkait Kasus Korupsi Garuda Indonesia

Kejaksaan Agung terus menyelidiki kasus korupsi yang melibatkan mantan petinggi Garuda Indonesia menyangkut korupsi pesawat ATR dan Bombardier.
img_title
02:10

Wabah PMK Berakibat Pada Penjualan Hewan Ternak 20 Persen

Pedagang hewan kurban di Kebayoran, Jakarta penjualannya menurun 10 hingga 20 persen dari tahun lalu akibat wabah penyakit mulut dan kuku.
img_title
02:03

Menilik Sejarah Penemuan Kacamata

Kacamata adalah alat bantu dalam mengatasi gangguan mata. Bagaimana awal mula kacamata tercipta? Berikut ulasannya.  
img_title
01:34

Jemaah Diminta Tidak Banyak Beraktivitas di Luar Ruangan

Kementerian Agama mengingatkan kepada jemaah haji untuk terus menjaga stamina dengan mengurangi kegiatan ibadah di luar pemondokan. Terlebih menjelang puncak ibadah haji.
img_title
01:37

Kesulitan Melepas Anting, Seorang Remaja Dievakuasi Damkar dengan Gerinda

Remaja dilarikan ke Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tarakan, Kalimantan Utara untuk melepas anting. Hingga petugas terpaksa menggunakan alat gerinda untuk melepasnya.
img_title
01:17

Insiden Tak Terduga Terjadi di Rapat Paripurna DPR

Terjadi insiden saat Rapat Paripurna DPR hari ini. Wakil Ketua Badan Anggaran DPR,  Muhidin Said tiba-tiba jatuh di dekat meja pimpinan rapat.
Jangan Lewatkan
Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Megawati Tidak Hadir di Pemakaman

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Megawati Tidak Hadir di Pemakaman

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak hadir di pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.
HUT Bhayangkara ke-76, Setapak Transformasi Menuju Polri yang Presisi

HUT Bhayangkara ke-76, Setapak Transformasi Menuju Polri yang Presisi

Polri kini berusia 76 tahun, khusus HUT Bhayangkara ke-76, kali ini membahas kinerja Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.
Spurs Resmi Gaet Bintang Brasil, Richarlison, dari Everton

Spurs Resmi Gaet Bintang Brasil, Richarlison, dari Everton

Klub ibukota Inggris, Tottenham Hotspur, mempertajam serangan dengan menambah jumlah penyerang. Richarlison, sayap Brasil, menyeberang ke Spurs dari Everton.
Ngaku Salah dan Menyesal,Tiara Marleen Menangis Setelah Mediasi dengan Haji Faisal, Tiara: Saya Siapkan Mental Apapun Keputusannya

Ngaku Salah dan Menyesal,Tiara Marleen Menangis Setelah Mediasi dengan Haji Faisal, Tiara: Saya Siapkan Mental Apapun Keputusannya

Pedangdut Tiara Marleen baru saja selesai mengadakan mediasi dengan Haji Faisal. Diketahui, Tiara Marleen ditetapkan sebagai tersangka setelah dilaporkan oleh mertua almarhum Vanessa Angel tersebut atas tuduhan pencemaran nama baik.
Menteri Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Menteri Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Upacara pemakaman jenazah Menpan RB, Tjahjo Kumolo dipimpin langsung oleh Menteri Sekretariat Negara Indonesia Pratikno di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jumat
Pemusatan Latihan Persebaya Segera Berakhir, Aji Santoso Masih Soroti Dua Sisi Ini

Pemusatan Latihan Persebaya Segera Berakhir, Aji Santoso Masih Soroti Dua Sisi Ini

Program pemusatan latihan Persebaya di Yogyakarta akan segera berakhir tanggal 5 Juli mendatang. Di sisa waktu empat hari ini, Aji Santoso menyebut pihaknya
Memilukan, Kandang Ternak Diterpa Banjir di Bengkulu, Puluhan Sapi Kurban Dievakuasi 

Memilukan, Kandang Ternak Diterpa Banjir di Bengkulu, Puluhan Sapi Kurban Dievakuasi 

Memilukan kondisi Kota Bengkulu, pasalnya kota tersebut dilanda banjir. Banjir tersebut juga melanda kandang sapi untuk hewan ternak
Jelang Laga Melawan PSS Sleman, Para Pemain Persib Bandung Siap Tampil Maksimal dan Berjuang untuk Tiket Semifinal Piala Presiden

Jelang Laga Melawan PSS Sleman, Para Pemain Persib Bandung Siap Tampil Maksimal dan Berjuang untuk Tiket Semifinal Piala Presiden

Pemain Bertahan Persib Bandung Achmad Jufriyanto mengatakan jika dia dan rekan-rekan timnya siap memperjuangkan tiket menuju semifinal Piala Presiden 2022.
Bukan Hanya Garuda, Kini Ada Gunung dan Lautan di Dada Pemain Timnas

Bukan Hanya Garuda, Kini Ada Gunung dan Lautan di Dada Pemain Timnas

Setelah memperkenalkan seragam kandang berwarna merah, apparel resmi timnas pun meluncurkan kostum tandang. Jersey berwarna putih memampilkan citra nusantara.
HUT Bhayangkara, Koarmada RI Beri Kejutan untuk Polda Metro Jaya

HUT Bhayangkara, Koarmada RI Beri Kejutan untuk Polda Metro Jaya

Pangkoarmada RI berharap kebersamaan TNI-Polri dalam bentuk sinergitas yang selama ini terjalin semakin solid dalam menjalankan tugas negara, sehingga kedaulatan negara dapat semakin terjaga
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
Selengkapnya