LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Habib Rizieq Tersangka Kerumunan Terancam Penjara 6 Tahun

Kamis, 10 Desember 2020

Tokoh Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, dijerat Pasal 160 dan 216 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun dalam kasus kerumunan massa simpatisan pada saat acara pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat, 14 November 2020. "Penyelenggara saudara MRS disangkakan Pasal 160 dan 216 KUHP," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Kamis (10 Desember 2020).

Pasal 160 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) berbunyi 'barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500'.

Sedangkan isi Pasal 216 ayat (1) yakni 'barang siapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, demikian pula yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana; demikian pula barang siapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang-undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak Rp9.000'.

Yusri Yunus mengatakan, selain Rizieq ada lima orang lainnya yang turut ditetapkan sebagai tersangka dengan perannya masing-masing. "Ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka pertama penyelenggara saudara MRS di Pasal 160 dan 216 KUHP, kedua ketua panitia saudara HU, sekretaris panitia saudara A, keempat MS penanggung jawab, kelima SL itu penanggung jawab acara, dan HI kepala seksi acara," kata Yusri.

Selain itu, Yusri juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka bertambah seiring dengan berjalannya proses penyidikan terhadap kasus tersebut. "Enam orang dari saksi menjadi tersangka. Kita masih menunggu yang lain," tambahnya.

Penyidik kepolisian juga telah mengeluarkan surat cekal untuk tokoh Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) agar tidak keluar negeri. Surat cekal ini dikeluarkan setelah Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara pelanggaran protokol kesehatan. "Penyidik juga sudah membuat surat pencekalan yang pertama kepada Muhammad Rizieq Shihab (MRS) kepada Dirjen Imigrasi Kemenkumham dalam waktu 20 hari," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (10 Desember 2020).

Selain MRS, pihak kepolisian juga turut mencekal sebanyak lima orang lainnya yang turut ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara yang sama. "Polda Metro Jaya juga membuat surat pencekalan keluar negeri kepada Haris Ubaidillah, Alwi Alatas, Ahmad Suryadi, Ahmad Sabri Lubis dan Idrus, sudah kita lakukan pencekalan, surat sudah kita kirim pada 7 Desember 2020," kata Argo. (ari/ant)

(Lihat juga Polisi Tetapkan HRS Sebagai Tersangka Kerumunan di Petamburan)

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
12:33

Disomasi Pencipta Lagu ‘Bilang Saja’, Agnez Mo Dituntut Bayar Penalti Rp1,5 Miliar

Komposer Ari Bias melayangkan somasi terbuka terhadap Agnez Mo dan HWG Group atau PT Aneka Bintang Gading.
img_title
02:09

Diduga Ditelantarkan, Anak Disabilitas Ditinggal di Kamar Kos

Seorang anak penyandang disabilitas berusia 10 tahun di Ambon, Maluku diduga ditelantarkan oleh kakak angkatnya.
img_title
01:19

AHY Tinjau Lahan Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Menteri ATR/BPN, AHY meninjau calon lahan relokasi warga pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Pinolosian Bolaang Mondo Selatan, Sulawesi Utara.
img_title
03:36

Lansia Tersesat Ditemukan Lemas di Pegunungan Muria

Seorang pria lanjut usia yang ditemukan lemas di jalur pendakian puncak Tanggulangsi Gunung Muria Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
img_title
03:56

Pasca Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Sawahlunto Sumbar

Pemkot didukung masyarakat dan TNI-Polri sudah bergerak mengevakuasi sampai mengantarkan bantuan pada warga yang menjadi korban terdampak bencana itu.
img_title
07:30

Tes Kejiwaan Akan Dilakukan Terhadap Pelaku Pembunuhan Sadis Istri di Ciamis

Tarsum (41) tega memutilasi tubuh istrinya Yanti (40) pada Jumat (3/5/2024) pagi. Tarsum melakukan aksi sadisnya itu di sekitar rumahnya di Ciamis, Jawa Barat.
img_title
01:07

Mayat Pria Ditemukan Mengapung di Pelabuhan Muara Baru

Mayat pria ditemukan mengambang di sela-sela kapal yang tengah bersandar di dermaga barat Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.
img_title
03:27

Prabowo Subianto Gagas 'Presidential Club'

Presiden Joko Widodo merespons wacana pembentukan Presidential Club seperti yang diungkap oleh juru bicara Prabowo Subianto.
img_title
01:35

Pasukan Gabungan TNI-Polri Berhasil Evakuasi Korban OPM Papua

Pasukan gabungan TNI dan Polri telah berhasil melakukan evakuasi terhadap korban OPM di Papua, seorang remaja bernama Alexsander Parapak, menggunakan helikopter TNI.
img_title
03:20

Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior

Polisi menetapkan seorang mahasiswa senior Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagai tersangka kasus penganiayaan hingga tewas terhadap mahasiswa bernama Putu Satria Ananta Rustika.
img_title
01:47

Merinding! Truk Tangki Tabrak Motor di Bojonegoro, 3 Orang Tewas

Diduga karena pengaruh alkohol sopir truk tangki gas menabrak sekeluarga yang mengendarai sepeda motor di Jalan Raya Bojonegoro Ngawi, Jawa Timur.
img_title
02:02

Diduga Tersinggung Dibully, Seorang Keponakan Tega Bunuh Bibinya

Diduga akibat sakit hati kerap dibully, seorang keponakan tega menganiaya bibi dan sepupunya. Sang bibi pun tewas akibat luka bacok,  sementara korban lainnya dalam kondisi kritis. 
img_title
00:54

Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Melawan saat akan Diringkus Polisi

Tarsum, pria yang tega membunuh dan memutilasi istrinya sendiri di Ciamis, Jawa Barat sempat melawan saat hendak diringkus. 
img_title
07:59

TKW Indramayu Akhirnya Pulang, 22 Tahun Hilang

Masiroh, TKW asal Desa Pranggong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pulang ke kampung halamannya setelah sebelumnya dinyatakan hilang selama 22 tahun di Negara Suriah tempat ia bekerja. 
img_title
06:48

Rencana Pernikahan Beda Agama Rizky dan Mahalini, Ini Respon MUI

Hari bahagia penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. dua sejoli ini kabarnya akan menikah awal bulan Mei di dua tempat berbeda yaitu Bali dan Jakarta. 
img_title
02:28

Rem Blong, Motor 'Terbang' dan Tersangkut di Atap Rumah Warga

Akibat remblong, sebuah sepeda motor yang dikendarai seorang perempuan dan berboncengan bersama temannya terbang hingga tersangkut ke atap sebuah rumah warga. 
img_title
01:48

Polisi Rekonstruksi Kasus Remaja SMP Cabuli dan Bunuh Anak TK

Seorang bocah laki-laki yang masih berusia 6 tahun di Sukabumi, Jawa Barat tewas dibunuh oleh tetangganya sendiri yang masih remaja di sebuah kebun di dekat rumahnya. Pelaku yang juga lelaki sempat mencabuli korban. 
img_title
05:44

BMKG Pastikan Udara Panas Yang Melanda Indonesia Bukan Heatwave

BMKG memastikan suhu panas yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jakarta belakang ini bukan karena fenomena alam heatwave atau gelombang panas. 
img_title
04:18

Bencana Longsor Landa Sawahlunto, Akses Jalan Utama Lumpuh Total

Longsor melanda wilayah Sawahlunto,Sumatera Barat akibat hujan lebat yang turun beberapa hari kemarin yang menyebabkan jalan utama di wilayah tersebut lumpuh total.
Jangan Lewatkan
Tak Bisa Berkata, Babinsa Cisontrol Ciamis Terkejut Saat Bertemu Pelaku Mutilasi Istri: Saya Manusia Biasa, Lihat Begitu Pasti Merasa…

Tak Bisa Berkata, Babinsa Cisontrol Ciamis Terkejut Saat Bertemu Pelaku Mutilasi Istri: Saya Manusia Biasa, Lihat Begitu Pasti Merasa…

Kasus pembunuhan mutilasi, seorang pria menghabisi nyawa istrinya sendiri di Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Ciamis, Jawa Barat. Babinsa Cisontrol mengaku...
Oknum TNI AL Diduga Tembak 2 Warga Makassar, Danlantamal VI Bocorkan Kronologinya

Oknum TNI AL Diduga Tembak 2 Warga Makassar, Danlantamal VI Bocorkan Kronologinya

Mengerikan, kejadian penembakan yang diduga dilakukan oknum TNI AL. Pasalnya, dua warga Makassar menjadi korban, dan satu orang meninggal dunia saat di RS.
Rival Timnas Indonesia Berduka, Monster Gol Malaysia di Piala Asia Disiram Air Keras hingga Alami Luka Serius

Rival Timnas Indonesia Berduka, Monster Gol Malaysia di Piala Asia Disiram Air Keras hingga Alami Luka Serius

Nasib miris dialami penggawa Timnas Malaysia, Faisal Halim yang jadi korban kejahatan hingga disiram air keras saat berlibur di Klang Valley, Minggu (05/05/24).
Siap Menangkan Pilkada 2024, GOLKAR Bakal Roadshow Latih Saksi se-Indonesia

Siap Menangkan Pilkada 2024, GOLKAR Bakal Roadshow Latih Saksi se-Indonesia

Provinsi Bali akan menjadi titik awal pelatihan, disusul oleh Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Kabar Terkini Gunung Ruang, Badan Geologi: Jarak Rekomendasi Turun Jadi 5 KM

Kabar Terkini Gunung Ruang, Badan Geologi: Jarak Rekomendasi Turun Jadi 5 KM

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menurunkan jarak rekomendasi awas Gunung Ruang dari tujuh kilometer kini menjadi lima kilometer,
Kembangkan Potensi Daerah, Ijeck Dorong PMKRI Berwirausaha

Kembangkan Potensi Daerah, Ijeck Dorong PMKRI Berwirausaha

Ijeck mendorong anak muda yang tergabung dalam PMKRI Cabang Pematangsiantar untuk mengembangkan potensi daerah dengan berwirausaha.
Konser Hammersonic 2024, Polisi Kerahkan 290 Personel Pengamanan di Ancol

Konser Hammersonic 2024, Polisi Kerahkan 290 Personel Pengamanan di Ancol

Polisi mengerahkan 290 personel untuk pengamanan konser Hammersonic 2024 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
Cak Imin soal Kepastian Gabung Koalisi Prabowo: Tunggu Tawaran

Cak Imin soal Kepastian Gabung Koalisi Prabowo: Tunggu Tawaran

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih menunggu keputusan apakah nantinya berpeluang masuk dalam koalisi pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029.
Aniaya Sopir Taksi Sampai Begini, Imigrasi Bali Langsung Deportasi WNA Australia

Aniaya Sopir Taksi Sampai Begini, Imigrasi Bali Langsung Deportasi WNA Australia

Memilukan, seorang sopir taksi di Bali dianiaya WNA Australia. Sontak, langsung membuat Kantor Imigrasi Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, mendeportasi WNA
Betapa Pusingnya Pelatih Baru Vietnam gara-gara Timnas Indonesia, Media Vietnam Ikhlas Akui Mereka...

Betapa Pusingnya Pelatih Baru Vietnam gara-gara Timnas Indonesia, Media Vietnam Ikhlas Akui Mereka...

Media Vietnam membahas peluang pertandingan Vietnam vs Timnas Indonesia, pelatih baru Vietnam Kim Sang-sik akan kesulitan menghadapi Timnas Indonesia nanti.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
23:00 - 01:30
Bundesliga Seru
Selengkapnya