LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Heboh Prajurit TNI Berganti Kelamin, Aprilia Manganang Merupakan Atlet Voli Putri | AKIP tvOne

Rabu, 10 Maret 2021

Jakarta – Mantan Atlet Tim Nasional Voli Putri, Aprilia Manganang sempat membuat heboh karena tubuhnya yang kekar dan gagah. Manganang yang kini menjadi prajurit TNI, ternyata mengidap Hipospadia. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, status Manganang sekarang berganti menjadi lelaki.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika perkasa mengungkapkan hal ini di Mabes AD, Jakarta, Selasa 9 Maret 2021.

“Sersan Aprilia ini diklaim sebagai seorang wanita atau memiliki akte kelahiran seorang wanita tetapi penampilan fisiknya tidak seperti wanita lainnya. Jadi saya berkonsultasi menawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang menyambut dengan excited, rupanya inilah yang ditunggu-tunggu. Sehingga saya hadirkan tim dari RSPAD lengkap, kita lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan yang kita punya,” kata Andika saat jumpa pers.

Manganang kemudian menjalankan serangkaian pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan itu ternyata dilihat dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita,” tambahnya.

Andika menyebutkan identitas Serda Aprilia Santini Manganang yang baru diketahui berjenis kelamin laki-laki akan diubah identitasnya, salah satunya perubahan nama dan jenis kelamin.

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan," ujar Kasad.

Perubahan nama ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan.

Andika berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama untuk Manganang.

"Dari nama sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya," imbuhnya.

Selain nama, Manganang juga akan mengubah status jenis kelamin, dari perempuan menjadi laki-laki.

"Dengan harapan setelah ini Sersan Manganang bisa menjadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," kata Andika.

Manganang yang masuk ke dalam jajaran TNI AD sejak 2016 sudah menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal.

Namun, kata Andika, dengan kondisi itu, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas untuk Manganang.

"Kemungkinan besar kami akan tempatkan di Perbekalan dan Angkutan, atau bahkan di Kesehatan tergantung pada passion-nya Manganang ini lebih besar di mana," katanya.

Manganang, kata Andika, sejak lahir memang berjenis kelamin pria. Namun, dia mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia, yakni kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

Keluarganya dan tenaga medis yang menanganinya, kata dia, tak begitu paham dengan jenis kelainan ini. Pada saat itu Serda Aprilia Manganang pun dinyatakan sebagai perempuan lantaran alat kelamin yang dimilikinya memang sedikit berbeda.

Pihaknya baru mengetahui kondisi mantan atlet voli putri itu setelah menjalani serangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Angkatan Darat Wolter Monginsidi, Manado dan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada bulan Februari 2021.

Hipospadia adalah suatu kelainan yang dialami oleh bayi laki-laki, yakni letak lubang kencing pada bayi tidak normal.

Pada beberapa kasus ditemukan pula uretra berada di pertemuan antara batang penis dan kantong buah zakar. Kelainan ini terjadi sejak lahir. Berdasarkan catatan medis, kondisi ini bisa menyerang 4 dari 1.000 bayi laki-laki yang lahir.

Kelainan hipospadia ini membuat alat vital Manganang berbentuk tidak sempurna. Akibatnya, Manganang dianggap lahir sebagai seorang perempuan karena alat vitalnya lebih mirip ke perempuan dibanding pria.

Namun, berdasarkan pemeriksaan ketat yang dilakukan di RSPAD, tidak ditemukan organ internal perempuan di tubuh Manganang dan hanya memiliki organ internal laki-laki.

"Hormonal juga begitu, hormon normal, testosteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kami yakin Manganang lebih miliki hormonal kategori normal laki-laki," kata Andika.

Dia juga memastikan bahwa Manganang bukan seorang Transgender.

"Bukan transgender bukan juga interseks, tidak masuk kategori itu semua. Dan tim dokter pun tahu semua definisinya," kata Andika. (act)

Lihat juga: VIRAL! PERUBAHAN GENDER MANTAN ATLET VOLI, SERDA APRILIA MANGANANG

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:52

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kejagung Mencapai 68,4 Persen

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat tingkat kepercayaan publik masih sangat tinggi terhadap Kejaksaan Agung Republik Indonesia. 
img_title
02:38

Erupsi Gunung Ruang Meluas, Sejumlah Penerbangan Alami Penundaan

Pesawat dengan tujuan penerbangan Bandar Udara Sam Ratulangi Sulawesi Utara, Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya dan Soekarno Hatta menunda keberangkatan. 
img_title
27:36

Jokowi-Mega: Lebaran Tanpa Salaman

Pertemuan presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjadi momen paling dinanti pasca Hari Raya Idul Fitri. 
img_title
04:29

Kecewa Dicerai Sepihak oleh Suami, Seorang Istri Nekat Bongkar Rumah |

Kecewa dicerai sepihak oleh suaminya, seorang istri di Madiun nekat membongkar rumah yang telah mereka bangun bersama. 
img_title
01:18

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Calon Presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto mendapatkan ucapan selamat kembali setelah diumumkan KPU yang memenangkan Pilpres 2024. 
img_title
02:19

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 400 Meter

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro,  Sulawesi Utara kembali erupsi. Tinggi kolom letusan mencapai sekitar 400 meter di atas puncak dengan mengarah ke selatan. 
img_title
01:09

Tidak Terima Dilecehkan, Seorang Wanita Siram Air Keras kepada Terduga Pelaku Pelecehan

Tidak terima dilecehkan, seorang ibu muda di Palembang nekat menyiram air keras ke terduga pelaku pelecehan tersebut. 
img_title
03:21

Pasutri di Lumajang Meninggal Dunia karena Tertimbun Material Vulkanis

Banjir lahar hujan Gunung Semeru menewaskan sepasang suami istri warga Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. 
img_title
00:41

Seorang Pria Nekat Jual Sabu Demi Hidupi Sang Kekasih

Seorang pemuda di Padang Sidimpuan, Sumatera Utara nekat jual sabu untuk menghidupi sang kekasih. 
img_title
02:26

Detik-detik Pria Bacok Temannya Sendiri Gegara Merasa Ditipu

Seorang pemuda di Kabupaten Oku Selatan nekat membacok temannya sendiri. Kejadian pembacokan tersebut terekam oleh kamera CCTV. 
img_title
01:39

Seorang Pendaki Temukan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Slamet

Warga Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal digegerkan dengan penemuan mayat manusia yang menjadi kerangka di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet. 
img_title
01:23

Banjir Lahar Dingin Semeru Buat Tanggul Jebol & Jembatan Desa Ambruk

Banjir lahar dingin Gunung Semeru dengan skala besar, menerjang sejumlah DAS ( Daerah Aliran Sungai) di Kabupaten Lumajang, pada Kamis (18/4) malam tadi.
img_title
04:51

Jubir MK Beberkan Mekanisme Sidang Putusan PHPU

MK akan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta. 
img_title
01:28

Menlu RI Utamakan Diplomasi Terkait Konflik di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, tengah berkomunikasi dengan Menlu Iran untuk meredam eskalasi konflik yang terjadi dengan Israel. 
img_title
03:04

Prabowo Minta Para Pendukungnya Tidak Lakukan Aksi di MK

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memberi peringatan keras kepada para pendukungnya terkait polemik jelang putusan sidang MK soal sengketa Pilpres 2024. 
img_title
07:15

MK Terima 33 Amicus Curiae, Jubir AMIN: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pengajuan permohonan amicus curiae atau sahabat peradilan terkait persoalan perkara PHPU atau sengketa Pilpres 2024 ke MK disebut paling banyak sepanjang sejarah. 
img_title
17:53

Piala Asia U23: Amuk Garuda Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan poin penuh dan cleansheet pertama di Piala Asia U-23 usai mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0. 
img_title
06:13

Kebakaran Toko Bingkai, 7 Orang Tewas di Tempat

Ruko berlantai 3 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/4/2024) malam terbakar hebat. 
img_title
01:31

AHY Pastikan Transisi Kepemimpinan Presiden akan Berjalan Baik

Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menteri ATR/BPN AHY menyatakan, transisi kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto harus dipastikan dengan baik. 
Jangan Lewatkan
Kementerian BUMN Nilai Proses Bisnis Pertambangan PT Timah Sangat Strategis

Kementerian BUMN Nilai Proses Bisnis Pertambangan PT Timah Sangat Strategis

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melihat kinerja bisnis pertambangan yang dilakukan perusahaan PT Timah Tbk dianggap strategis, Sabtu (20/4/2024).
Red Sparks vs Indonesia All Star Viral, Indonesia Arena Jadi Trending Topic Jagat Maya

Red Sparks vs Indonesia All Star Viral, Indonesia Arena Jadi Trending Topic Jagat Maya

Pertandingan voli persahabatan antara klub Korea Selatan, Red Sparks vs Indonesia All Star jadi sorotan netizen hingga tagar Indonesia Arena trending topic.
Kronologi Lengkap Oknum Dokter di RS Bunda Jakabaring Lecehkan Istri Pasien, Pelaku Kepergok Lakukan Ini

Kronologi Lengkap Oknum Dokter di RS Bunda Jakabaring Lecehkan Istri Pasien, Pelaku Kepergok Lakukan Ini

Oknum dokter yang diduga lakukan pelecehan seksual terhadap istri psien di Palembang akhirnya dijadikan tersangka. Ini kronologi lengkap pelecehan seksualnya.
Jelang Pilkada, Tokoh Adat Tabi Harapkan Masyarakat Jaga Kamtibmas Papua

Jelang Pilkada, Tokoh Adat Tabi Harapkan Masyarakat Jaga Kamtibmas Papua

Masyarakat Adat Tabi mengharapkan seluruh elemen masyarakat agar dapat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Papua menjelang pilkada serentak 2024.
Laga Penentu Piala Asia U-23, 3 Pemain Yordania Ini Berpotensi Akhiri Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Laga Penentu Piala Asia U-23, 3 Pemain Yordania Ini Berpotensi Akhiri Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Hadapi Yordania di laga terakhir Piala Asia U-23, Timnas Indonesia wajib waspadai 3 bintang tim lawan demi raih kemenangan dan pastikan Shin Tae-yong bertahan.
Fokus Pilkada 2024 untuk 37 Provinsi, PKB Telah Buka Pendaftaran Cakada

Fokus Pilkada 2024 untuk 37 Provinsi, PKB Telah Buka Pendaftaran Cakada

DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berfokus untuk ikut Pilkada 2024. Hal ini membuat pendaftaran calon kepala daerah (cakada) telah dibuka, Sabtu (20/4/2024).
Kalau Imam Shalat Subuh Membaca Doa Qunut, Apakah Makmum Harus Ikut atau Baca Doa Lain? Ustaz Adi Hidayat Tegas Bilang…

Kalau Imam Shalat Subuh Membaca Doa Qunut, Apakah Makmum Harus Ikut atau Baca Doa Lain? Ustaz Adi Hidayat Tegas Bilang…

Doa Qunut Subuh kerap menjadi pembahasan di beberapa kajian, masih banyak orang awam yang merasa kebingungan ketika shalat berjamaah. Ustaz Adi Hidayat bilang..
Belanda Kembali Kucurkan 200 Juta Euro ke Ukraina untuk Pertahanan Udara dan Amunisi

Belanda Kembali Kucurkan 200 Juta Euro ke Ukraina untuk Pertahanan Udara dan Amunisi

Belanda akan menyediakan lebih dari 213 juta dolar AS (Rp3,4 triliun) kepada Ukraina untuk membantu pertahanan udara dan amunisi
Heboh Pendeta Gilbert Dipolisikan karena Dugaan Penistaan Agama, PBNU: Cukup Minta Maaf

Heboh Pendeta Gilbert Dipolisikan karena Dugaan Penistaan Agama, PBNU: Cukup Minta Maaf

Pendeta Gilbert Lumoindong dilaporkan ke Polda Metro Jaya soal menyinggung soal ibadah zakat dan shalat dalam Islam.
Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK, Habib Rizieq Shihab Berikan Pesan Penting Ini untuk Timnas AMIN

Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK, Habib Rizieq Shihab Berikan Pesan Penting Ini untuk Timnas AMIN

Habib Rizieq Shihab berikan pesan untuk Timnas AMIN jelang putusan sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Begini kata mantan Ketua FPI.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
21:00 - 22:00
Indonesia Dalam Peristiwa
22:00 - 23:00
One Pride Mixed Martial Arts
00:00 - 02:00
Bundesliga Seru
Selengkapnya