LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Istri Mencari Nafkah, Seperti Apa Pandangannya dalam Islam? | Rumah Mamah Dedeh

Jumat, 20 November 2020

Jakarta, Klik Disini - Istri mencari nafkah, Seperti Apa Pandangannya dalam Islam? | Rumah mamah dedeh DI zaman emansipasi wanita seperti saat ini, kabanyakan wanita tak mau kalah dengan pria dalam hal karier. Mereka memiliki ambisi punya karier tinggi dan sukses seperti halnya pria.

Keberadaan wanita di dunia kerja saat ini juga sudah hampir setara dengan pria, bahkan kaum Adam kini sudah menganggap wanita sebagai kompetitor yang sepadan dan semakin banyaknya pemimpin wanita. Hingga dalam rumah tangga, wanita bekerja adalah hal biasa.

Mencari nafkah dan bekerja memang tanggung jawab suami. Aturan itu tertuang dalam tiga surah dalam Alquran, di antaranya, “Merupakan kewajiban bapak (orang yang mendapatkan anak) untuk memberikan nafkah kepada istrinya dan memberinya pakaian dengan cara yang wajar ….” (Q.S. Al-Baqarah:233) “Lelaki adalah pemimpin bagi wanita, disebabkan kelebihan yang Allah berikan kepada sebagian manusia (lelaki) di atas sebagian yang lain (wanita) dan disebabkan mereka memberi nafkan dengan hartanya ….” (Q.S. An-Nisa’:34) "Agar orang yang memiliki kekayaan memberikan nafkah kepada (istri yang dicerai) dengan kekayaannya, sementara barang siapa yang rezekinya disempitkan, hendaknya dia memberi nafkah sesuai karunia yang Allah berikan Klik Disini (Q.S. Ath-Thalaq:7) Dari tiga ayat tersebut, maka sudah jelas bahwa kewajiban suami adalah bekerja mencari nafkah. Tak ada satu ayat pun yang menyebutkan bahwa istri harus bekerja. Namun, istri boleh bekerja jika mendapatkan ridha dari suaminya, serta keputusannya tidak menimbulkan masalah dalam rumah tangga. Saksikan live streaming Tvone hanya di Klik Disini

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
06:14

Cara Berdoa Untuk Meminta Jodoh yang Baik

Doa memiliki kekuatan luar biasa dalam kehidupan. Sesuatu yang nampak tidak mungkin di mata manusia akan menjadi mungkin atas kehendak-Nya.
img_title
57:08

Menanamkan Nilai Puasa Pada Anak

Mengajarkan konsep puasa pada anak sejak dini dapat membantu mereka Memahami arti penting dari ibadah ini dan mengapresiasi nilai-nilai keagamaan yang terkandung di dalamnya.  
img_title
18:15

Perintah Allah Kepada Hambanya untuk Berikhtiar

Ikhtiar adalah sebuah usaha sungguh-sungguh seorang hamba untuk memperoleh apa yang dikehendakinya. 
img_title
11:35

Lakukan Ini Agar Dekat Bisa Dekat dengan Al-Qur'an

Bagaimana cara mendekatkan diri kepada Al-Quran? Simak video berikut, untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.
img_title
07:08

Berkeliling Masjid yang Pertama Dibangun oleh Nabi Muhammad

Kota Madinah memiliki banyak keutamaan tempat bersejarah yang sangat layak untuk dikunjungi umat Islam saat melakukan ibadah umrah atau haji. Salah satunya masjid-masjid di sekitar Masjid Nabawi, Madinah. 
img_title
10:15

Kesuksesan Seseorang Itu Karena Ikhtiarnya Atau Takdir?

Dalam ajaran Islam kita sangat tidak boleh menyalahkan takdir, sebagai orang yang beriman kita harus mengevaluasi diri, apa sebenarnya yang salah dalam hidup kita sehingga kesengsaraan bisa datang. 
img_title
05:04

Ternyata Ada Ghibah yang Diperbolehkan

Larangan ghibah juga terlihat jelas pada kalimat "Janganlah sebagian kamu menggunjingkan sebagian yang lain". Lebih lanjut dijelaskan, ghibah ibarat memakan daging saudara sendiri yang telah mati. 
img_title
12:05

Cara Membagi Waktu Antara Bekerja dan Ibadah

Adapun ibadah wajib salah satunya yaitu dalam menjalankan salat 5 waktu. Namun terkadang kita sebagai (umat Muslim) sering sekali lengah, sulit bahkan secara sengaja meninggalkan ibadah salat lantara kegiatan bekerja yang tengah sibuk dan padat. 
img_title
05:02

Bagaimana Jika Telat Bayar Fidyah Sampai Ketemu Ramadan Lagi

Fidyah secara bahasa adalah tebusan. Berdasarkan istilahnya, fidyah adalah denda yang wajib ditunaikan karena meninggalkan kewajiban atau melakukan larangan.
img_title
05:06

Puasa Tapi Meninggalkan Sholat 5 Waktu, Bagaimana Hukumnya?

Meski berpuasa penuh selama sebulan, namun beberapa orang masih meninggalkan salat 5 waktu atau salat fardhu yang wajib dilaksanakan. Apa hukumnya?
img_title
08:11

Hukum Berpuasa Bagi Wanita yang Menyusui

Di bulan Ramadan ini, puasa menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam yang harus dilaksanakan selama satu bulan penuh. Lalu, bagaimana hukum puasa bagi wanita yang sedang menyusui? 
img_title
06:05

Melakukan Kebaikan Sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadan

Menelusuri keutamaan dan hikmah Ramadhan memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang diperoleh ketika seseorang menjalankan ibadah Ramadhan. 
img_title
07:14

Al Quran Sebagai Panduan Hidup Manusia

Al-Qur'an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. 
img_title
07:47

Berkunjung ke Gua Hira, Tempat Wahyu Pertama Turun di Tanah Suci

Gua Hira merupakan gua kecil yang berada di Gunung Jabal Nur. Walau begitu, Gua Hira juga kerap dikenal sebagai Jabal Nur atau Jabal Hira itu sendiri. Berikut penjelasannya.
img_title
13:34

Pengertian dan Ciri-Ciri Sifat Zuhud

Di Antara wujud ketakwaan terhadap Allah adalah sikap zuhud. Zuhud secara substansial dapat diartikan sebagai keadaan jiwa yang tidak didominasi oleh hal-hal yang bersifat duniawi.  
img_title
04:51

Bagaimana Hukum Puasa Jika Lupa Mandi Junub Setelah Masuk Imsak?

Dalam sebuah ceramahnya, KH. Cholil Nafis menjelaskan hukum puasa saat belum sempat mandi junub hingga adzan subuh. 
img_title
14:46

Hukum Mengemis-Ngemis dalam Islam

Dalam ajaran Islam, berbagi, bersedekah atau memberikan sedikit rezeki kita untuk orang lain merupakan bentuk kebaikan, terlebih jika dilakukan saat bulan suci Ramadan. 
img_title
03:06

Eskalator di Masjidil Haram Tengah Viral di Tanah Suci

Sebuah eskalator di dekat Masjidil Haram membuat banyak jemaah umroh penasaran lantaran memperlihatkan keindahan pemandangan terbaik dari Masjidil Haram. 
img_title
09:02

Apakah Tato Bisa Menghalangi Amal Kebaikan yang Dilakukan?

Tato atau cacah adalah suatu gambar, simbol, atau tulisan pada permukaan kulit yang dibuat dengan memasukkan zat warna ke dalamnya. 
Jangan Lewatkan
6 Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Subang Dimakamkan Berdampingan di TPU Parung Bingung

6 Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Subang Dimakamkan Berdampingan di TPU Parung Bingung

Enam jenazah korban kecelakaan maut Subang, dimakamkan berdampingan di TPU Islam Parung Bingung, Pancoran Mas, Minggu (12/05/2024). Di antaranya seorang guru, Suprayogi, Intan Fauziah, Intan Rahmawati, Mahesa Putra, Dimas Aditya, dan Robbiatul.
Sebanyak 80 Jasad Ditemukan di Kuburan Massal Kompleks Al-Shifa Gaza, Sebagian Besar Jenazah Anak-anak!

Sebanyak 80 Jasad Ditemukan di Kuburan Massal Kompleks Al-Shifa Gaza, Sebagian Besar Jenazah Anak-anak!

Sekitar 80 jasad di tiga lokasi kuburan massal ditemukan di halaman Kompleks Medis Al-Shifa di Kota Gaza pada Sabtu (11/5), menambah jumlah temuan jasad sejak pasukan Israel mundur dari kompleks tersebut dua bulan lalu. Berbagai sumber medis di Gaza menjelaskan sejauh ini lebih dari 520 jasad ditemukan di tujuh kuburan massal di rumah sakit di seluruh Jalur Gaza. Temuan itu berlangsung selama beberapa bulan terakhir setelah penarikan pasukan pendudukan Israel dari Kompleks Medis Al-Shifa, Kompleks Medis Nasser, RS Kamal Adwan dan sejumlah tempat lainnya. Menurut sumber, “pemeriksaan visual terhadap jasad-jasad yang digali dari kuburan massal menunjukkan bahwa mayoritas dari mereka adalah pasien yang tidak mendapat perawatan medis”. “Kami menemukan jasad-jasad yang hancur akibat kendaraan tentara Israel yang menabrak tubuh mereka, dan kami menemukan kepala tanpa tubuh di kuburan massal di halaman Kompleks Shifa", katanya . Sebelumnya pada Sabtu pagi otoritas kesehatan setempat mengkonfirmasi jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel sejak 7 Oktober naik menjadi 34.971 orang, dengan tambahan 78.641 korban luka. Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Sementara itu, tim evakuasi dan ambulans masih belum bisa menjangkau banyak korban dan jasad yang terjebak di bawah reruntuhan atau tersebar di jalan-jalan di Gaza lantaran pasukan pendudukan Israel terus menghalangi mobilitas tim pertahanan sipil dan ambulans.
Selain Como, Klub yang Disokong Pengusaha Indonesia Ini Juga Bakal Tampil di Liga Top Eropa Musim Depan

Selain Como, Klub yang Disokong Pengusaha Indonesia Ini Juga Bakal Tampil di Liga Top Eropa Musim Depan

Klub asal Italia, Como, bukanlah satu-satunya klub yang disokong pengusaha Indonesia dan berhasil promosi ke kasta tertinggi liga top Eropa pada musim depan.
Diusung PPP, Melki Mote Juga Bangun Komunikasi dengan Partai Lain

Diusung PPP, Melki Mote Juga Bangun Komunikasi dengan Partai Lain

Bakal Calon Bupati Deiyai Melkianus Mote atau juga biasa dikenal Meki Mote sudah mendapatkan surat tugas dukungan dari DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 
Soal Kecelakaan Mengerikan Bus di Subang, Pengamat: Perlu Cetak Biru Pendidikan 

Soal Kecelakaan Mengerikan Bus di Subang, Pengamat: Perlu Cetak Biru Pendidikan 

Soal kecelakaan mengerikan bus membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana, di Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024), menuai berbagai komentar.
Hasil Piala Asia Putri U-17 2024: Timnas Putri Indonesia U-17 Kalah Lagi dengan Skor Telak

Hasil Piala Asia Putri U-17 2024: Timnas Putri Indonesia U-17 Kalah Lagi dengan Skor Telak

Timnas Putri Indonesia U-17 menutup petualangan di Piala Asia Putri U-17 2024 dengan kekalahan telak lagi ketika menghadapi Korea Utara pada Minggu (12/5/2024).
Cocok Jadi Duet Thom Haye di Timnas Indonesia, Gelandang Maluku Ini Sukses Bawa Klub Eropa Promosi ke Kasta Teratas Musim Depan

Cocok Jadi Duet Thom Haye di Timnas Indonesia, Gelandang Maluku Ini Sukses Bawa Klub Eropa Promosi ke Kasta Teratas Musim Depan

Timnas Indonesia bakal punya duet lini depan mematikan setelah pemain keturunan Maluku, Joey Pelupessy sukses tampil apik hingga bawa klub Belanda promosi.
PDIP Ajukan Gugatan KPU ke PTUN, Dhifla Wiyani: Sulit Dibuktikan

PDIP Ajukan Gugatan KPU ke PTUN, Dhifla Wiyani: Sulit Dibuktikan

PDIP saat ini sedang melakukan gugatan terhadap KPU RI di Pengadilan Tata Usaha Negara di Jakarta. Gugatan PDIP ini adalah gugatan mengenai perbuatan melawan hukum penguasa (onrechtmatige overheidsdaad). KPU RI dianggap, oleh PDIP, telah melakukan perbuatan melawan hukum dalam menjalankan kewenangannya sebagai penyelenggara Pemilu pada tahun 2024.
Soal Pilkada Jawa Timur, Gerindra Mantap Dukung Khofifah Indar Parawansa Maju Pilgub 2024

Soal Pilkada Jawa Timur, Gerindra Mantap Dukung Khofifah Indar Parawansa Maju Pilgub 2024

Partai Gerindra sudah memantapkan mendukung Khofifah Indar Parawansa untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. 
MUI Yakin Polisi Punya Bukti Kuat Jerat Panji Gumilang Tersangka TPPU

MUI Yakin Polisi Punya Bukti Kuat Jerat Panji Gumilang Tersangka TPPU

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan MUI meyakini Bareskrim memiliki bukti kuat untuk menetapkan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang sebagai tersangka penggelapan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
23:00 - 01:30
Bundesliga Seru
Selengkapnya